Problematika Guru Kelas V Dalam Penerapan Pembelajaran IPA Terintegrasi Dengan Nilai-Nilai Keislaman Di Madrasah Ibtidaiyah

Muhammad Nasir, Eko Budi Minarno, Ahmad Sholeh

Abstract


Abstract:  This study aims to analyze the problems faced by fifth-grade teachers in integrating Islamic values into the teaching of Natural Science (IPA) in Madrasah Ibtidaiyah (MI). The integration of science between Islam and IPA is an important aspect, as stated in KMA No. 450 of 2024. Through this decision, learning in Islamic education institutions not only focuses on the cognitive development of students but also on the formation of students' attitudes and religious character. However, in practice, there are still problems faced by teachers in implementing IPA learning that is integrated with Islamic values. This study employs a descriptive qualitative approach. The subjects of this study are two fifth-grade teachers (V-A and V-B) at MI Roudlotul Uqul. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. The data is analyzed through reduction, presentation of data, and drawing conclusions. Data triangulation is conducted to ensure the validity of the data. The results of this study found that the problems faced by teachers are divided into two factors. The internal factors stemming from the teachers themselves include a lack of understanding of the concept of integration, limited integrative pedagogical competence, and the motivation and teaching habits of the teachers. Meanwhile, the external factors include a lack of facilities and infrastructure, curriculum policies, as well as support from the environment and academic culture in schools
Abstrak: Kajian Ini bertujuan untuk menganalisis problematika yang dihadapi guru kelas V dalam mengintegrasikan nilai-nilai keislaman pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Adanya integrasi keilmuan antara Islam dan IPA menjadi bagian penting, sebagaimana yang tercantum dalam KMA No.450 Tahun 2024.  Melalui keputusan tersebut, Pembelajaran pada satuan Pendidikan Islam tidak hanya berfokus pada perkembangan aspek kognitif siswa, namun juga pada pembentukan sikap dan karakter religius siswa. Namun, pada prakteknya masih terdapat problematika yang dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran IPA yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dari kajian ini yaitu dua orang guru kelas V (V-A dan V-B) di MI Roudlotul Uqul. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi data dilakukan untuk memastikan keabsahan data. Hasil dari kajian ini menemukan bahwa problematika guru terbagi menjadi dua faktor. Faktor internal yang berasal dari personal guru meliputi kurangnya pemahaman guru terhadap konsep integrasi, terbatasnya kompetensi pedagogik integratif, dan motivasi serta kebiasaan mengajar guru. Sedangkan dari faktor eksternalnya meliputi kurangnya sarana dan prasarana, Kebijakan Kurikulum, serta dukungan lingkungan dan budaya akademik di sekolah.

Keywords


Problematika Guru; Pembelajaran IPA; Integrasi; Nilai-Nilai Keislaman

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. (2012). Islamic Studies di Perguran Tinggi, Pendekatan Integratif-Interkoneksi. Pustaka Belajar.

Adawiyah, R., & Kartika, I. (2021). Pengembangan Ensiklopedia IPA Berbasis Integrasi-Interkoneksi Islam-Sains Sebagai Sumber Belajar Mandiri Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah. EDUSAINS, 13(1), 34–44. https://doi.org/10.15408/es.v13i1.12970

Alwi, R., & Pratiwi, I. O. (2024). Rumpun Ilmu Pengetahuan Alam dalam Perspektif Islam dan Barat ( Upaya Mengikis Dikotomi Ilmu). CERDAS - Jurnal Pendidikan, 3(1), 31–44. https://doi.org/10.58794/cerdas.v3i1.938

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (B. Wijayama (ed.); Cetakan 1). Cahaya Ghani Recovery.

Dewi, N. A. K. (2023). Integrasi Sains dan Alquran dalam Pembelajaran IPA pada Pokok Bahsan Bumi dan Tata Surya. Attractive : Innovative Education Journal, 5(2), 1–9.

Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Integrasi Pembelajaran Sains dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 9–13. http://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/ProsidingUniks/article/view/1894

Harahap, F. D. susanty, Arbi, & Yusrianto, E. (2025). Integrasi Sains dan Islam Dalam Pendidikan Islam: Model, Tantangan, dan Implementasi di Madrasah dan Pesantren. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 25(1), 1–12.

Hasan, M. F., Suleman, M. A., Robiah, S., Ramadhan, T., Agustina, A., Fedora, F., Amal, I., Khoirini’mah, S. M., Nirmala, S. U., Hardiyana, M. R., Demusti, O., Karimah, V. H., Ningsi, A., Idayanti, Z., & Pradana, D. R. (2024). Integrasi Nilai Islam pada Mata Pelajaran di Sekolah Dasar (M. F. Hasan (ed.)). DeePublish. https://deepublishstore.com

Khairullah. (2025). Komparasi Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Filsafat, 2(Mi).

KMA No. 450 Tahun 2024 - Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madarsah, Pub. L. No. 450 (2024).

Mirna Astuti, M. A., & Sedya Santosa. (2024). Integrasi Ilmu Islam dalam Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 138–145. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v7i2.2483

Nasir, M. F. A. (2024). Integrasi Nilai Islami dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pengajaran IPA Sains di Madrasah Ibidaiyyah. Al-Mubtadi: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 71–91. https://doi.org/10.58988/almubtadi.v1i2.287

Nasution, S. (2025). Literature Review terhadap Strategi Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Jurnal Teologi Islam, 1(2), 94–102. https://doi.org/https://doi.org/10.63822/md622956

Nur, D. M. F. (2024). Integrasi Sains dan Al Quran dalam Pembelajaran IPA bagi siswa Sekolah Dasar. ICES: International Conference on Education and Sharia, 1, 716–722.

Nurlaela, A. (2025). Pembelajaran IPA Berbasis Al-Quran (Studi Kasus di MAN 3 Jakarta Pusat). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 19(1), 229. https://doi.org/10.35931/aq.v19i1.4307

Putri, S. E., Zenien, S. S., & Amirullah. (2022). Penguatan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Integrasi Nilai Nilai Islam dalam Mata Pelajaran IPA Materi Keseimbangan Ekosistem Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 12(2), 81–87. https://doi.org/10.23887/jppii.v12i2.56560

Ramadhani, A. I., Vebrianto, R., & Anwar, A. (2020). Upaya Implementasi Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Instructional Development Journal, 3(3), 188. https://doi.org/10.24014/idj.v3i3.11727

Ramiati, E., & Ummah, V. R. (2024). Integrasi Nilai Akhlak Mulia dalam Pembelajaran IPA Kelas VI Islamiyah Sepanjang Glenmore. Al-Ashr : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 20–33. https://doi.org/10.56013/alashr.v9i1.2921

Robiah, S., Suryanti, S., & Ferazona, S. (2022). Pelatihan Pemantapan Penguasaan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai-Nilai Al-Qur’an Pada Guru-Guru SD Kab. Indragiri Hulu. Buletin Pembangunan Berkelanjutan, 5(3). https://doi.org/10.25299/bpb.2021.8696

Rosita, D., Prabowo, F., & Istiningsih. (2025). Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 284–298. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26734

Sakila, R., Lubis, N. F., Saftina, S., Mutiara, M., & Asriani, D. (2023). Pentingnya Peranan IPA dalam Kehidupan Sehari-HarI. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 119–123. https://doi.org/10.37081/adam.v2i1.1380

Siregar, P. (2014). Integrasi Ilmu-Ilmu Keislaman dalam Perspektif M. Amin Abdullah. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 38(2). https://doi.org/10.30821/miqot.v38i2.66

Solichin, M. M., Alim, W. S., Sofiana, E., & Maulidi, F. hamim. (2021). Integrasi Ajaran Islam Dengan Ilmu Pengetahuan (M. Afandi (ed.)).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Edisi 2; C). Alfabeta.

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347

Syahrial, A., Suryani, L., & Efendi, E. (2022). Pengembangan Materi Ajar Manusia dan Lingkungan Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman di Kelas V MI Al-Falah DDI Angkona. Refleksi, 11(2), 63–70. https://p3i.my.id/index.php/refleksi

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20, Pub. L. No. 20, 4 147 (2003).




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v10i2.35736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ibtidaiy Stats

Published by: Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI incollaboration with Perkumpulan Dosen PGMI Indonesiap-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy.[email protected]| Contact: +62 82341630271

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE