Analisis Peran Guru Dalam Mengembangkan Karakter Mandiri Anak Usia Dini
Abstract
Pada usia dini, pendidikan karakter adalah hasil pengembangan kepribadian anak. Di tahap ini, anak-anak mulai membentuk nilai-nilai dan sikap yang akan mempengaruhi perilaku mereka di masa depan. Guru berperan sebagai pendidik dan teladan yang tidak hanya bertugas mengajar akademis, tetapi juga membimbing siswa dalam pengembangan karakter positif. Artikel ini membahas berbagai cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengintegrasikan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran, termasuk penggunaan metode pembelajaran yang interaktif, serta menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Dengan mengambil contoh berita terkini mengenai inisiatif pendidikan karakter yang diimplementasikan di sekolah-sekolah, artikel ini juga menganalisis tantangan yang dihadapi guru dan solusi yang dapat diterapkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library research) dengan pendekatan kualitatif. Melalui pembahasan ini, diharapkan dapat memberikan wawasan tentang pentingnya peran guru dalam membentuk generasi yang berkarakter baik.
Kata Kunci:
Pendidikan karakter Anak usia dini, Peran guru, Metode pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amiruddin, A. (2022). Internalisasi Nilai-nilai Keislaman dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 15(1), 45-60.
Ardayani, K. D., & Suarjana, I. M. (2021). Big Book Learning Media Improves the Moral Behavior of Early Childhood. Indonesian Values and Character Education Journal, 4(2), 60-65.
Carsiwan, “Trends in Character Education for Elementary, Middle and High School Students in Indonesia: Systematic Literature Review.” Indonesian Journal of Educational Research and Review, (2024). 7(2), 240-252. https://doi.org/10.23887/ijerr.v7i2.80764
Emilia, R., Saudah, S., & Hidayati, S. (2022). Kolaborasi Orang Tua dan Guru Membangun Kemandirian Anak Usia Dini. Nanaeke: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 5(1), 51-62. https://doi.org/10.24252/nananeke.v5i1.27174
Hasanah, A. (2024). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Sinergi Guru dan Orang Tua di Era Digital. Jurnal Pendidikan Karakter, [Volumen dan isu perlu dilengkapi].
Kurnianto, A., Febrianti, G. V., & Krismanti, K. (2024). Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini di TK Pertiwi XXV Karangmojo. Jurnal Literasiologi, 12(4). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v12i4.838.
Lestari, I., & Puspitasari, D. (2022). Penguatan Karakter Mandiri dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 56-67.
Mustofa, M., & Rahmasari, D. (2022). Keteladanan Guru dalam Pembentukan Karakter Mandiri Siswa Sekolah Dasar.
Puspitasari, D., & Mulyono, D. (2023). Perancangan Program Karakter Anak Usia Dini di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(2), 88-102.
Saputri, I., Rafifah, S. I., & Chanifudin, C. (2023). Pentingnya Kolaborasi Orang Tua, Sekolah, dan Masyarakat dalam Mendukung Pendidikan Karakter Anak. HEMAT, 1(2). https://doi.org/10.57235/hemat.v1i2.2828
Saudarini, S., Hidayati, S., & Emilia, R. (2022). Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini. Nanaeke: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 5(1), 51-62.
Sugiyono. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19.
Widyastuti, N., & Sudibyo, T. (2021). Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai Disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 11(2), 78-89.
Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter. (2025). Vol. 9 No. 1/2. Brawijaya University.
DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v10i2.35805
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtidaiy Stats
Published by: Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI incollaboration with Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.
Email: ibtidaiy.[email protected]| Contact: +62 82341630271
CURRENT INDEXING
EDITORIAL OFFICE


