Inovasi Pembelajaran PPKn Berbasis Teknologi dalam Kurikulum Merdeka: Solusi Menghadapi Tantangan Abad 21 di SD/MI

Moch. Farich Alfani, Putri Sekar Sari

Abstract


Purpose – Penelitian ini bertujuan menganalisis inovasi pembelajaran PPKn berbasis teknologi dalam Kurikulum Merdeka sebagai solusi dalam menghadapi tantangan Abad 21. Fokus penelitian ini diarahkan pada identifikasi strategi pembelajaran digital yang mendukung penguatan keterampilan Abad 21 khususnya yaitu 4C (critical thinking, creativity, collaboration, and communication).

Design/methods/approach – Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui proses wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan siswa, serta observasi terhadap proses pembelajaran PPKn yang dilaksanakan. Seluruh data yang tekumpul di analisis menggunakan model interaktif Milles, Huberman, dan Saldana yang meliputi proses pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Findings – Hasil penelitian menunjukkan inovasi strategi pembelajaran berbasis teknologi menjadi solusi yang tepat dalam penguatan abad 21 yaitu keterampilan 4C siswa. Penggunaan media digital interaktif, video pembelajaran, dan pendekatan project-based learning terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, serta kerja sama antar siswa. Meskipun demikian, keterbatasan perangkat teknologi di sekolah dan keterampilan guru dalam mengintegrasikan aplikasi digital masih menjadi kendala bagi sekolah.

Research implications/limitations – Penelitian ini terbatas pada satu sekolah sehingga hasilnya belum dapat digeneralisasi untuk konteks yang lebih luas. Selain itu, keberhasilan inovasi pembelajaran berbasis teknologi sangat dipengaruhi oleh kesiapan infrastruktur dan literasi digital guru dan siswa, sehingga diperlukan penguatan kapasitas dan dukungan sarana untuk optimalisasi penerapannya.

Originality/value – Temuan penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi guru dan sekolah dalam mengembangkan pembelajaran PPKn berbasis teknologi yang mendukung keterampilan 4C sesuai tuntutan abad 21 dan kurikulum merdeka.


Keywords


Independent Curriculum; Learning Effectivity; Learning Strategy; PPKn, SD/MI; Technology;

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV. Jejak.

Arni, Y., Safitri, Y., Trisna, F., & Manurung, E. S. (2024). The Effect of Interactive Learning Media on Improving Students’ Critical Thinking Skills. ALACRITY : Journal Of Education, 4(1), 167–186.

Bintang Rizky, V., Rahayu, R., & Prastowo, A. (2023). Pemanfaatan Aplikasi YouTube Berbasis Model Simulasi untuk Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. AT-THULLAB : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(2).

Bungawati, B. (2022). Peluang dan Tantangan Kurikulum Merdeka Belajar Menuju Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan, 31(3), 381–388. https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2847

Elindasari, D. A., Woro Sri Hastuti, Setiawan Edi Wibowo, & Suyitno. (2024). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi bagi Mahasiswa PGSD dalam Pembelajaran PPKN Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 60–68. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.62994

Genisa, T., Husna, V. A., Adrias, A., & Syam, S. S. (2025). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Meningkatkan Minat Belajar PPKn Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(2), 218–227.

Hikmah Mulia. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran PPKN: Studi Literatur. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 3(1), 56–65. https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i1.1408

Ilham, M., & Pratama, M. P. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Pengembangan Media Pembelajaran BerbasisTeknologi di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UKI Toraja, 4(1), 97–105.

Iswandi, Karnati, N., & Andry B, A. (2023). Studi Kasus Desain & Metode Robert K. Yin. CV. Adanu Abimata.

Jamil, S., & Murniati, A. (2025). Integrasi Keterampilan Abad 21 4C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Communication) dalam Pembelajaran Fikih di Mas Tahfidz Rokan Hulu. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(6), 10677–10685. https://jicnusantara.com/index.php/jicn

Kelas, G. (2025). Wawancara.

Kusumawati, I., & Mardianti, D. (2025). Media Pembelajaran dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Academy of Education Journal, 16(2), 252–263.

Maimunah, M., & Jannah, N. (2025). Meningkatkan Keterampilan Abad 21 dengan Model Project Based Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 5. Edification Journal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 167–186.

Mardiana, W., Alivi, J. S., Krisdiana, A., & Susanti, I. (2025). Cultivating Students’ Critical Thinking and Collaboration: Literacy Practice in Digital Storytelling Project. EBONY: Journal of English Language Teaching, Linguistics, and Literature, 5(2), 289–302. https://doi.org/10.37304/ebony.v5i2.21842

Masodi, Astuti, D., & Wulandari, A. (2025). Pembelajaran PPKn di Era Digital untuk Membentuk Karakter dan Jiwa Kewarganegaraan Siswa SDN 2 Pringsewu Timur. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 2(2), 1353–1359. https://jicnusantara.com/index.php/jicn

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebooks. SAGE Publications.

Muhammad, F. A., Sudiyanto, & Ardianto, D. T. (2024). Moving Image Learning Integrated Problem-Based Interactive Media to Improve Students’ Critical Thinking. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 57(3), 493–506. https://doi.org/10.23887/jpp.v57i3.79405

Nasution, I. R., Siregar, A. S., Leonita, T. A., & Lubis, H. T. (2025). Strategi Guru dalam Mengatasi Tantangan Pembelajaran PPKn di Era Digital MAN 1 Medan. Toga Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 108–115. https://doi.org/10.56211/toga.v1i3.972

Nurhayati, I., Pramono, K. S. E., & Farida, A. (2024). Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication And Collaboration) dalam Pembelajaran IPS untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Jurnal Basicedu, 8(1), 36–43. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6842

Pan, A. J., Lai, C. F., & Kuo, H. C. (2023). Investigating the Impact of a Possibility-Thinking Integrated Project-Based Learning History Course on high School Students’ Creativity, Learning Motivation, and History Knowledge. In Thinking Skills and Creativity (Vol. 47, Issue July). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101214

Pasri, E. (2025). Institutional Design : Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 10(6).

Pebriani, A. R., Diniyati, A. I., Faudya, M., Aufa, N., & Mardiant, A. (2025). Enhancing Accounting Education Through the Kurikulum Merdeka: Opportunities and Challenges. Journal of Curriculum Development, 4(1), 85.

Shabur, A., Amadi, M., & Anwar, N. (2024). Pembentukan Identitas Bangsa melalui Pendidikan: Analisis Filsafat Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 14902–14912. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/14502/11111/26831

Siswa Kelas V. (2025). Wawancara.

Tirtoni, F., Wulandari, F., & Efendi, N. (2023). Pengembangan Media Smart Board Hybride Learning Version 2.0 Berbasis Primary Education Level Interactive Class untuk Meningkatkan Kemampuan Communication and Collaboration Menghadapi Era Merdeka Belajar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(3), 395–400. https://doi.org/10.22460/collase.v6i3.17533

Toleuzhan, A., Sarzhanova, G., Romanenko, S., Uteubayeva, E., & Karbozova, G. (2023). The Educational Use of YouTube Videos in Communication Fluency Development in English: Digital Learning and Oral Skills in Secondary Education. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 11(1), 198–221. https://doi.org/10.46328/ijemst.2983

Tumbel, M. E. (2024). Application of Project-Based Learning to Improve the 4C Abilities (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, and Communication) of Children Aged 5-6 Years. International Journal of Information Technology and Education, 3(2), 8–14. https://doi.org/10.62711/ijite.v3i2.173

Yulianto, D., Umami, M. R., Anwar, S., Juniawan, E. A., & Junaedi, Y. (2024). The Influence of Project-Based Mathematics Learning on 21st Century Skills (4C’s) Considering Students’ Learning Styles and Teachers’ Instructional Methods. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 13(2), 153. https://doi.org/10.30821/axiom.v13i2.19787

Yunita, S., Milala, E. B., Siregar, M., Gaol, R. L., Panjaitan, R., Dosen, P., & Indonesia, M. (2025). Analisis Kritis Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kurikulum Indonesia. Indonesian Journal of Learning Studies (IJLS), 3(1), 69–78.

Zain, R. F., & Andriany, L. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Digital dalam Meningkatkan Kompetensi Abad 21 pada Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 13 Medan. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(2), 1234–1242. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i2.2558




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v10i2.35822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ibtidaiy Stats

Published by: Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI incollaboration with Perkumpulan Dosen PGMI Indonesiap-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy.[email protected]| Contact: +62 82341630271

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE