MEGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN SAMI`AH BASARIAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Husnan, Nasarudin Husnan, Nasarudin

Abstract


Abstrak: Media pembelajaran merupakan entitas yang tak dapat dipisahkan dari sitem pembelajaran.Pembelajaran yang aktif dan komunikatif dapat tercipta, salah satuntnya oleh media pembelajaran. Media audiu lingual (sami`ah basariyah) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mendengar, berbicara, membaca dan menulis para pembelajar. Seorang pendidik harus mampu berinovasi bahkan sekurang-kurangnya mengmbangkan media yang telah ada untuk dimanfaatkan. Program Microsoft powerpoint adalah program yang dapat dimanfaatkan oleh guru karena program ini cukup sederhana dan dapat dioprasikan oleh setiap orang. Demikian pula dengan macromedia flash dimana media ini dapat memberikan suasana belajar yang lebih hidup karena macromedia flash dapat menampilkan animasi dan film tiga dimensi.
 

Abstract:Learning media is an inseparable entity from the learning system. Active and communicative learning can be created, one of which is by learning media. Media audiu lingual (sami'ah basariyah) aims to improve the ability to hear, speak, read and write learners. An educator must be able to innovate even at least develop existing media to be utilized. Microsoft powerpoint programs are programs that can be utilized by teachers because they are quite simple and can beoprasikan by everyone. Similarly, macromedia flash where this media can provide a more lively learning atmosphere because macromedia flash can display animations and three-dimensional movies.

Keywords


Media, Intraktif sami`yah basariyah, Macromedia flash

Full Text:

PDF

References


Agus Pribadi, Benny dan Dewi Padmo Putri, Ragam Media dalam Pembelajaran, cet. V ,Jakarta:PAU-PPAI, 2015.

Ahamad Salim, Muhammad, Wasail Al-ta`limiyah Fit a`lim Al-lugah Al-arabiyah Lugah Ajnabiyah, Jakarta: LIPIA, 2010

Aqib, Zainal dan Elham Rohmanto, Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas sekolah, cet II, Bandung:Yarma Widiya, 2018

Djalle, Zaharuddin G dan Bambang P. Reksowardojo, 3D Studio Max Plug-Ins, Bandung:Informatika, 2016

Madcome, Macromedia flash MX 2004, Yogyakarta, 2014

Mahmudah, Umi dan Abdul Wahab Rasyidi, Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Malang:UIN- Malang Press, 2018

Lee, Kwuang-wu. 2000,English Teachers` Barriers to the USE of Computer-assisted Language Learning. The Internet TESL Journal. Vol. VI, No. 12, Desember 2000. http:/www.aitech.ac/jp/~iteslj/

Prastati, Triani dan Prasetya Irawan, Media Sederhana, Jakarta:PAU-PPAI, Universitas Terbuka, 2011 Dawam, Ainurrofiq, 2003, “EMOH” Sekolah: Menolak “Komersialisasi Pendidikan” dan “Kanibalisme Intelektual” menuju Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Inspeal Ahimsakarya Press.

Mappanyompa. (2019). Problematika Pengkaderan Di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Mataram Dalam Perspektif Norma Pengkaderan Muhammadiyah, Media Keadilan: Jurnal Ilmu Hukum, 10 (1), 82-98

Widodo, Cara Membuat Animasi dengan Macromedia flash, Yogyakarta:Cakrawala, 2019




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v5i2.3690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE