Ketimpangan Sosial Ekonomi dan Akses Pendidikan: Studi Kasus Masyarakat Marginal
Abstract
Abstract: Social and economic inequality is a major factor influencing access to education, particularly among marginalized communities. This study aims to analyze the relationship between socioeconomic status and educational access among urban poor populations. A quantitative research approach was employed using a survey of 120 respondents from slum areas. The data were analyzed using simple linear regression to examine the influence of household income, parental education level, and asset ownership on children's school participation. The results indicate a significant relationship between economic inequality and limited access to education, where families with lower economic capacity face barriers in funding education, transportation access, and adequate learning facilities. These findings highlight the need for policy interventions targeting vulnerable groups through educational subsidies, affirmative scholarships, and local economic empowerment programs. The study recommends integrating education and socio-economic policies as a strategy to reduce social disparities and ensure inclusive educational access.
Abstrak: Ketimpangan sosial dan ekonomi merupakan faktor utama yang memengaruhi akses masyarakat terhadap pendidikan, khususnya di kalangan komunitas marginal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara status sosial ekonomi dengan akses pendidikan pada kelompok masyarakat miskin perkotaan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei terhadap 120 responden yang berasal dari kawasan permukiman kumuh. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana untuk menguji pengaruh pendapatan rumah tangga, tingkat pendidikan orang tua, dan kepemilikan aset terhadap partisipasi sekolah anak. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara ketimpangan ekonomi dengan rendahnya akses pendidikan, di mana keluarga dengan kondisi ekonomi lemah mengalami hambatan dalam pembiayaan pendidikan, akses transportasi, dan ketersediaan fasilitas belajar yang memadai. Temuan ini menunjukkan pentingnya intervensi kebijakan yang menyasar kelompok rentan melalui subsidi pendidikan, beasiswa afirmatif, dan program pemberdayaan ekonomi lokal. Penelitian ini merekomendasikan integrasi antara kebijakan pendidikan dan sosial ekonomi sebagai strategi untuk mengurangi kesenjangan sosial dan menjamin akses pendidikan yang inklusif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akses, P., Pendidikan, K., Daerah, B., Penulis, T., Ruslan, A., Hudnah, A., Oktarina, H., Fatima, M., Angkur, M., Yusup, M., Laelasari, R., Santy, Y., Suwandi, S., & Nuraeni, L. (n.d.). KESENJANGAN PENDIDIKAN.
Hermawan, W., Fitrawaty, ., Maipita, I., Rahman, H., & Priyono, A. F. (2020). Determinants of Educational Access in Indonesia. 92–98. https://doi.org/10.5220/0009494900920098
Madiawati, P. N., & Fitri, J. Z. (2021). Religious : Jurnal Studi Agama-Agama dan Lintas Budaya The Influence of the Role of Halal Tourist Destinations on Interest in Visiting. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 5(1), 111–122. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/rjsalb.v5i1.11615
Regulasi, P., Perbankan, H., Sistem, D., Konvensional, O. B., Bank, D., Studi, S. :, Terhadap, K., Terhadap, K., Syariah, P.-P., Devinka, (, Pramesti, A., Siswajanthy, F., Bahar, S., Permana, Y., Kurnia, T., Bhakti, D., & Pramesti, D. A. (n.d.). Perbandingan Regulasi Hukum Perbankan Dalam Sistem Operasional Bank Konvensional dan Bank Syariah: Studi Kasus Terhadap Kepatuhan Terhadap Prinsip-Prinsip Syariah. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/justitia
Suhandi, A. (2023). Strategi Fundraising Dan Program Pemberdayaan Masyarakat Untuk Meningkatkan Ekonomi Mustahik Pada Lembaga Filantropi Baznas Kabupaten Kuningan. AB-JOIEC: Al-Bahjah Journal of Islamic Economics, 1(1), 44–55. https://doi.org/10.61553/abjoiec.v1i1.22
Refbacks
- There are currently no refbacks.