Muhammadiyah dan Dinamika Pengembangan Agama: Studi atas Strategi Dakwah, Pendidikan, dan Sosial Keagamaan
Abstract
Abstract: This study analyzes the strategy of Muhammadiyah in the development of religion through the application of a holistic AIK curriculum and social empowerment-based da’wah methods. This curriculum innovation is effective in enhancing the quality of learning and shaping graduates who are religious, professional, and adaptable to changes in the times. Furthermore, the internationalization of Muhammadiyah education, reflected in the establishment of campuses in Malaysia, demonstrates the role of Islam as a cultural and civilizational force that is inclusive in international diplomacy. Using a library research approach, this study examines literature related to the role of Muhammadiyah in da’wah, education, and socio-religious matters. The analysis is conducted using a descriptive-qualitative content analysis method, identifying key themes such as da’wah strategies, educational models, and socio-religious contributions. The results show that Muhammadiyah has successfully integrated theological and methodological principles in its da’wah strategy and community development, with an inclusive approach that combines religious values, professionalism, and the digitalization of da’wah. This success has positioned Muhammadiyah as a key actor in education, da’wah, and social transformation of Islam at both national and international levels.
Abstrak: Penelitian ini menganalisis strategi Muhammadiyah dalam pengembangan agama melalui penerapan kurikulum AIK yang holistik dan metode dakwah berbasis pemberdayaan sosial. Inovasi kurikulum ini efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta membentuk lulusan yang religius, profesional, dan adaptif terhadap perubahan zaman. Selain itu, internasionalisasi pendidikan Muhammadiyah, yang tercermin dari pendirian kampus di Malaysia, menunjukkan peran Islam sebagai kekuatan budaya dan peradaban yang inklusif dalam diplomasi antarbangsa. Melalui pendekatan library research, penelitian ini mengkaji literatur terkait peran Muhammadiyah dalam dakwah, pendidikan, dan sosial-keagamaan. Analisis dilakukan dengan metode content analysis deskriptif-kualitatif, mengidentifikasi tema-tema utama seperti strategi dakwah, model pendidikan, dan kontribusi sosial-keagamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Muhammadiyah berhasil mengintegrasikan prinsip teologis dan metodologis dalam strategi dakwah dan pembangunan masyaarakat, dengan pendekatan inklusif yang menggabungkan nilai religiusitas, profesionalisme, dan digitalisasi dakwah. Keberhasilan ini menjadikan Muhammadiyah sebagai aktor utama dalam pendidikan, dakwah, dan transformasi sosial keislaman di tingkat nasional dan internasional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditya, R. Q., & Suranto. (2024). The Role of Educational Transformation in the Digital Era in Improving Student Quality. Al Qalam, 18(3). doi:10.35931/aq.v18i3.3301. Akses: [jurnal.stiq amuntai.ac.id] pdfs.semanticscholar.org
Akbar, A. et al. (2021). Muhammadiyah dalam Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Al‑Urwatul Wutsqa. https://doi.org/10.XXXX/alurwatul.v...
Aly, A. (2023). Model Pengembangan Sekolah Muhammadiyah Berkualitas melalui Transformasi Kurikulum AIK. Profetika: Jurnal Studi Islam. https://doi.org/10.23917/profetika.v20i1.8947
Aly, A. (2023). Model Pengembangan Sekolah Muhammadiyah Berkualitas melalui Transformasi Kurikulum AIK. Profetika: Jurnal Studi Islam. https://doi.org/10.23917/profetika.v20i1.8947
Aly, A. (2023). Transformasi Kurikulum AIK... Profetika: Jurnal Studi Islam. https://doi.org/10.23917/profetika.v20i1.8947
Bahri, S., dkk. (2024). Tantangan dan Strategi Muhammadiyah dalam Menghadapi… AL ADALAH. doi:10.xxx/jurnal.xyz. Akses: [ejurnalqarnain.stisnq.ac.id] ejurnalqarnain.stisnq.ac.id
Damayanti, E. et al. (2021). Meneropong Pendidikan Islam di Muhammadiyah. Al Asma. https://doi.org/10.24252/asma.v3i2.23826
Nugroho, D. A. (2023). Upaya Internasionalisasi Muhammadiyah melalui Sektor Pendidikan di Malaysia 2015–2021. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 6(1), 85–98. https://doi.org/10.37329/ganaya.v6i1.2020
Nugroho, D. A. (2023). Upaya Internasionalisasi... Ganaya, 6(1). https://doi.org/10.37329/ganaya.v6i1.2020
Nurul Rifqah, dkk. (2024). Dakwah digital oleh Muhammadiyah…. Akses: [ejournal.uin suka.ac.id] ejournal.uin-suka.ac.id
Sarianti, B. (2023). Strategi kaderisasi Muhammadiyah…. (Sumber penelitian) pendis.kemenag.go.id+3ejurnalqarnain.stisnq.ac.id+3repository.iainpare.ac.id+3
Sugianto, E. (2022). Potret Pengembangan Pendidikan Agama Islam bagi Kaum Dhuafa di Muhammadiyah. Misykat al‑Anwar, 5(1). https://doi.org/10.24853/ma.5.1.16‑52
Sugianto, E. (2022). Potret Pengembangan Pendidikan Agama Islam bagi Kaum Dhuafa di Muhammadiyah. Misykat al‑Anwar, 5(1). https://doi.org/10.24853/ma.5.1.16‑52
Sugianto, E. (2022). Potret Pengembangan Pendidikan Agama Islam bagi Kaum Dhuafa... Misykat al‑Anwar, 5(1). https://doi.org/10.24853/ma.5.1.16‑52
Suyatno, S. (2024). Paradigma pendidikan tauhidik di era Society 5.0. Akses: [researchgate.net] researchgate.net
Refbacks
- There are currently no refbacks.