Transformasi Nilai Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah dalam Pengembangan Pendidikan dan Sosial Keumatan

Firda Gusmiarsih, Sahman Z., Sofiatun Sofiatun, Irgi Farezy, Ririn Salsabilla

Abstract


Abstract: This study aims to analyze the transformation of values in the Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah (MKCH) within the development of education and socio-religious community empowerment. As Muhammadiyah’s ideological framework, the MKCH encompasses principles of monotheism (tauhid), ethics, worship, and social engagement (mu’amalah duniawiyah), designed under the spirit of tajdîd (Islamic renewal) and ijtihad (independent reasoning). This research employs a qualitative approach using library research methods by reviewing scholarly literature, official documents, and digital publications from 2015 to 2025. The findings indicate that MKCH values have been progressively internalized in Muhammadiyah’s education system and community programs, including global campus initiatives, health services, and social and environmental advocacy. MKCH plays a significant role in preserving the religious identity of the movement while promoting adaptive social innovations in response to global challenges. This study highlights the strategic relevance of MKCH as an ideological guide for character formation, institutional development, and Muhammadiyah’s broader contribution to civilizational progress.


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi nilai-nilai Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah (MKCH) dalam pengembangan pendidikan dan sosial keumatan. MKCH sebagai rumusan ideologis Muhammadiyah memuat prinsip tauhid, akhlak, ibadah, dan mu’amalah duniawiyah yang dirancang dalam semangat tajdîd dan ijtihad. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode library research, yaitu telaah pustaka terhadap literatur ilmiah, dokumen resmi, dan publikasi elektronik dari tahun 2015 hingga 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai MKCH telah diinternalisasikan secara progresif dalam sistem pendidikan Muhammadiyah dan program sosial keumatan, termasuk melalui internasionalisasi kampus, pelayanan kesehatan, serta advokasi sosial dan lingkungan. MKCH juga memainkan peran penting dalam menjaga identitas religius sambil mendorong inovasi sosial yang adaptif terhadap tantangan global. Kajian ini menegaskan pentingnya MKCH sebagai kerangka ideologis yang relevan dalam membentuk karakter, memperkuat tata kelola kelembagaan, dan mengembangkan kontribusi Muhammadiyah terhadap pembangunan umat dan bangsa.


Keywords


MKCH, Muhammadiyah, Islamic Modernism, Islamic Education, Tajdîd, Community Empowerment, Value Transformation, Library Research.

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim Sani, M. I. (2021). IBTIDA’IY : Jurnal Prodi PGMI Globalisasi Pemikiran Keagamaan Muhammadiyah Info Artikel Abstrak. Ibtida’iy, 6(1), 54–59. http://journal.ummat.ac.id/index.php/ibtidaiy

Alifuddin, M. (2021). Muhammadiyah Sebagai Gerakan Pendidikan: Sejarah Eksistensi Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Sulawesi Tenggara. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 14(1), 53. https://doi.org/10.31332/atdbwv14i1.2197

Bustam, M. (2021). Peran Lembaga Swadaya Masyarakat dalam Penetapan Taman Nasional Lore Lindu: Studi Yayasan Tanah Merdeka dalam Memperjuangkan Hak Masyarakat Katu. Journal of Social Development Studies, 2(1), 52–66. https://doi.org/10.22146/jsds.1358

Palguna, I. G. B. W., Palguna, I. G. B. W., This person is not on ResearchGate, or hasn’t claimed this research yet., Nugraha, S. L., Satria, A. K., & Rimarsya, A. A. (n.d.). No TitlePeran Muhammadiyah Dalam Mencetak Generasi Unggul Melalui Pendidikan.

Pramiswari, A. A. A. I., Erviantono, T., & Novi, N. W. R. (2023). Kesetaraan Gender dan Kebijakan Pelayanan Kesehatan Masyarakat. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 7(2), 172–183. https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i2.66694

Syahputra, A., & Meulaboh, S. T. D. (n.d.). No Title Relevansi Era Revolusi Industri 4.0 Dan Era Masyarakat 5.0 Dengan Tiga Pilar Pendidikan Islam Di Indonesia.

Abdul Halim Sani, M. I. (2021). IBTIDA’IY : Jurnal Prodi PGMI Globalisasi Pemikiran Keagamaan Muhammadiyah Info Artikel Abstrak. Ibtida’iy, 6(1), 54–59. http://journal.ummat.ac.id/index.php/ibtidaiy

Alifuddin, M. (2021). Muhammadiyah Sebagai Gerakan Pendidikan: Sejarah Eksistensi Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Sulawesi Tenggara. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 14(1), 53. https://doi.org/10.31332/atdbwv14i1.2197

Bustam, M. (2021). Peran Lembaga Swadaya Masyarakat dalam Penetapan Taman Nasional Lore Lindu: Studi Yayasan Tanah Merdeka dalam Memperjuangkan Hak Masyarakat Katu. Journal of Social Development Studies, 2(1), 52–66. https://doi.org/10.22146/jsds.1358

Palguna, I. G. B. W., Palguna, I. G. B. W., This person is not on ResearchGate, or hasn’t claimed this research yet., Nugraha, S. L., Satria, A. K., & Rimarsya, A. A. (n.d.). No TitlePeran Muhammadiyah Dalam Mencetak Generasi Unggul Melalui Pendidikan.

Pramiswari, A. A. A. I., Erviantono, T., & Novi, N. W. R. (2023). Kesetaraan Gender dan Kebijakan Pelayanan Kesehatan Masyarakat. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 7(2), 172–183. https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i2.66694

Syahputra, A., & Meulaboh, S. T. D. (n.d.). No Title Relevansi Era Revolusi Industri 4.0 Dan Era Masyarakat 5.0 Dengan Tiga Pilar Pendidikan Islam Di Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.