Strategi Branding Komunitas Bederma Pada Yayasan Baitul Maal PLN Unit Induk Wilayah NTB

Nanoe Rolin Prasetyo

Abstract


Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi komunitas bederma, optimalisasi komunikasi para penderma dan melihat strategi komunikasi yang dilakukan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui Yayasan Baitul Maal PLN Unit Induk Wilayah NTB. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yang menggabungkan teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis interaktif melalui empat tahap, di antaranya proses pengumpulan data, proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk validitas data yang digunakan yakni melalui uji kredibilitas data dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Yayasan Baitul Maal PLN Unit Induk Wilayah NTB berupaya mengoptimalkan peran strategis dengan melakukan komunikasi interaktif dan edukatif, melalui tiga teknik yaitu sosialisasi, koordinasi dan optimalisasi penyaluran.

Abstract:
This study aims to establish the presence of the charity communities, increase donor communication, and examine the communication tactics used by Baitul Maal PLN Foundation of NTB Regional Main Unit, to enhance community welfare. Triangulation is a method of data collection that combines data collection methods with already-existing data sources. The four stages of the interactive data analysis technique are the data collecting process, the data reduction process, the data presentation process, and the conclusion-drawing process. Interview, observation, and documenting procedures are used in the data collection process for the reliability of the data used, specifically through source triangulation and engineering triangulation data credibility checks. The findings of this research demonstrate that Baitul Maal PLN Foundation of NTB Regional Main Unit, aims to maximize its strategic role by conducting interactive and educational communication, through three techniques, namely socialization, coordination and optimization of distribution.


Keywords


kemiskinan; eksistensi; berderma; poverty; branding; exitence; charity; PLN;

Full Text:

PDF

References


Ahmad Iskandar. (2012). Benchmarking Kemiskinan. IPB Press.

Ali Sakti. (2007). Analisis Teoritis Islam Jawaban Atas Kekacauan Ekonomi Modern. Paradigma dan AQSA Publishing.

Andi Agung Prihatna. (2005). Filantropi dan Keadilan Sosial di Indonesia, dalam Chaider S. Bamualim dan Irfan Abubakar (ed), Revitalisasi Filantropi Islam: Studi Kasus Lembaga Zakat dan Wakaf di Indonesia. UIN Syahid Hidayatullah.

Donni Juni Priansa, dan A. G. (2013). Manajemen Perkantoran Efektif, Efisien, dan Profesional. Alfabeta.

Fahrurrozi Dahlan. (2014). Paradigma Dakwah Sosiologis untuk Keberagaman Islam Indonesia. LEPPIM) IAIN Mataram.

Irfan Abu Bakar, dan C. S. B. (2006). Filantropi Islam dan Keadilan Sosial Studi tentang Potensi, Tradisi dan Pemanfaatan Filantropi Islam di Indonesia. Ford Foundation dan CSRC.

James O. Midgley. (1995). Social Development. Publication.

John M. Echols dan Hassan Shadily. (1995). Kamus Inggris Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.

Kementrian Agama Republik Indonesia. (2017). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Kemenag RI.

M. Dawam Raharjo. (n.d.). Filantropi Islam dan Keadilan Sosial; Mengurai Kebingungan Epistemologis, dalam Idris Thaha (ed).

M. Quraish Shihab. (2016). Kumpulan 101 Kultum Tentang Islam. Lentera Hati.

Mahmudi. (2015). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Moh. Pabundu Tika. (2014). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Bumi Aksara.

Mohammad Daud Ali, H. D. A. (1995). Lembaga-Lembaga Islam di Indonesia. PT. Graha Grafindo.

Nasional, P. K. S. B. A. Z. (2018). Manajemen Risiko Pengelolaan Zakat. Badan Amil Zakat Nasional Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah bekerjasama dengan Bank Indonesia.

Nitisemito, A. S. (2001). Manajemen Personalia. Ghalia.

Nurul Wulandari Putri. (2016). Manajemen Strategik Pengelolaan Program Madrasah Ekonomi Mandiri di Dompet Dhuafa Yogyakarta Bagi Pemberdayaan Masyarakat. Universitas Islam Indonesia.

Pirac. (2002). Investing in Our Selves: Giving and Fund Raising In Indonesia. Asian Development Bank.

QS. Al Isra (17) : 26. (2017). Al-Qur’an dan Terjemahannya: Kementerian Agama Republik Indonesia.

QS. Ali Imran (3): 180. (2017). Al-Qur’an dan Terjemahannya: Kementerian Agama Republik Indonesia.

QS. An-Nisa’ (4) : 29. (2017). Al-Qur’an dan Terjemahannya: Kementerian Agama Republik Indonesia.

QS. At-Taubah (11) : 60. (2017). Al-Qur’an dan Terjemahannya: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Steers, M. R. (1985). Efektivitas Organisasi. Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.31764/jail.v6i2.14262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nanoe Rolin Prasetyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram.

Alamat Redaksi:
Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan – Mataram
Telpon 085730002007 | email: [email protected]

 

INDEXED BY: