Strategi Komunikasi Dakwah Melalui Forum Silaturrahim (FOSIL): Membangun Solidaritas BKM di Kecamatan Medan Denai

Abdul Fikri Ginting, Muhammad Habibi Siregar

Abstract


Penelitian ini membahas implementasi strategi komunikasi dakwah melalui Forum Silaturrahim sebagai upaya untuk meningkatkan solidaritas Badan Kemakmuran Masjid (BKM) di Kecamatan Medan Denai. Strategi dakwah sebagai kerangka konseptual utama diartikan sebagai pendekatan sistematis dalam perencanaan, pengorganisasian, dan implementasi langkah-langkah strategi mencapai tujuan organisasi. Metode penelitian ini melibatkan wawancara dengan ketua FOSIL dan pengurus FOSIL dari bagian kordinator wakaf dan pengumpulan data mencakup persepsi pengurus BKM terkait tentang bagaimana peluang dan tantangan yang dihadapi pengurus BKM terhadap forum silaturrahim. Dari hasil temuan menunjukkan bahwa Implementasi manajemen strategi melalui Forum Silaturrahim Efektif dalam meningkatkan koordinasi dan komunikasi di antara anggota BKM di Kecamatan Medan Denai. Temuan ini memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana Strategi komunikasi dakwah dapat diterapkan dalam konteks keagamaan dan sosial di tingkat lokal. Implikasi temuan ini tidak hanya berkembang pada tingkat teoretis saja tetapi juga dapat memberikan panduan praktis bagi BKM dalam merancang dan menjalankan Forum Silaturrahim yang mendukung tujuan bersama dan Memperkuat Solidaritas di Kecamatan Medan Denai.

 

 

Abstract:    This research discusses the implementation of da'wah communication strategies through the Silaturrahim Forum as an effort to increase the solidarity of the Mosque Prosperity Agency (BKM) in Medan Denai District. Da'wah strategy as the main conceptual framework is defined as a systematic approach in planning, organizing, and implementing strategic steps to achieve organizational goals. This research method involves interviews with the chairman of FOSSIL and FOSSIL administrators from the waqf coordinator section and data collection includes the perceptions of related BKM administrators about the opportunities and challenges faced by BKM administrators in the silaturrahim forum. The findings show that the implementation of strategic management through the Silaturrahim Forum is effective in improving coordination and communication among BKM members in Medan Denai District. These findings provide an in-depth understanding of how da'wah communication strategies can be applied in religious and social contexts at the local level. The implications of these findings are not only developing at the theoretical level but can also provide practical guidance for BKM in designing and running the Silaturrahim Forum that supports common goals and Strengthening Solidarity in Medan Denai District.

Keywords


komunikasi; dakwah; managemen; strategi; strategy dakwah; FOSIL

References


Abdurrahman, Q., & Badruzaman, D. (2023). Tantangan dan Peluang Dakwah Islam di Era Digital. Komunikasia: Journal of Islamic Communication and Broadcasting, 3(2), 152–162.

Arifin, B. (2018). Strategi Komunikasi Dakwah Da’i Hidayatullah dalam Membina Masyarakat Pedesaan. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 159–178.

Baidowi, A., & Salehudin, M. (2021). Strategi Dakwah di Era New Normal. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(1), 58–74.

Butary, B. Al, & Ghuffar, M. (2023). Sosialisasi Pembinaan Ekonomi Keumatan dan Kesejahteraan Pada Forum Silaturrahim (FOSIL) BKM Masjid Indonesia Kec. Medan Tembung. Bhakti Nagori: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 149–155.

Dianah, S., & Sholeh, S. M. (2022). Analisis Strategi Dakwah Pengurus Masjid Al-Firdaus dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 2(2), 71–78.

Efendi, E., Barus, S., & Siregar, A. (2023). Manajemen Produksi Dakwah Menggunakan Media Radio FM Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3377–3387.

Haidi, A. (2020). (2020). Peran Masjid dalam Dakwah Menurut Pandangan Mohammad Natsir. Jurnal Bina Ummat: Membina Dan Membentengi Ummat, 2(2), 45–58.

Husna, N. (2021). Metode Dakwah Islam dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Selasar KPI: Referensi Media Komunikasi Dan Dakwah, 1(1), 97–105.

Khuzaemah, S., & Zaini, A. (2022). Strategi Dakwah Takmir Masjid Raya Al-Falah Sragen dalam Membina Generasi Muda. Meyarsa: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Dakwah, 3(1), 52–61.

Marfu’ah, U. (2018). Strategi Komunikasi Dakwah Berbasis Multikultural. Islamic Communication Journal, 2(2), 147–161.

Pimay, A., & Savitri, F. M. (2021). Dinamika Dakwah Islam di Era Modern. Jurnal Ilmu Dakwah, 41(1), 43–55.

Ridwanullah, A. I., & Herdiana, D. (2018). Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 12(1), 82–98.

Said, S. A., & Pratama, F. A. (2020). Metode Dakwah Pada Komunitas Marginal. Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 16(2), 265.

Silalahi, A. D., Sri Wardany, Cita Ayni Putri Silalahi, Mohd. Idris Dalimunthe, Riska Ananda Putri, Vivi Nadila, & U. K. N. (2023). Literasi Keuangan Organisasi Nirlaba Pada Forum Silaturahmi Badan Kemakmuran Masjid. Pelita Masyarakat, 4(2), 227–239.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31764/jail.v7i2.22577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Abdul Fikri Ginting, Muhammad Habibi Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram.

Alamat Redaksi:
Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan – Mataram
Telpon 085730002007 | email: [email protected]

 

INDEXED BY: