Penanaman Sikap Nasionalisme Melalui Pelatihan Upacara Bendera Bagi Siswa

Mahsup Mahsup, Ainun Jariah, Susi Susanti, Muhammad As’ad, Hizratun Aini, Ismunandar Ismunandar, Khaerul Anam, Raden Sudarwo, Sintayana Muhardini, Monika Handayani

Abstract


Abstrac: The purpose of the service activity is to describe the cultivation of nationalism through the Flag Ceremony training. The method of service activities with stages consists of socialization, implementation of activities and evaluation. The results of the service activities that the flag ceremony has gone well and had a positive impact on students. They not only acquire technical skills in the implementation of ceremonies, but also foster a sense of love and pride for the homeland, which they hope will continue to carry in their daily lives.

Abtrak: Tujuan kegiatan pengabdian untuk mendeskripsikan mengenai penanaman sikap nasionalisme melalui pelatihan Upacara Bendera. Metode kegiatan pengabdian dengan tahapan terdiri dari sosialisasi, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian bahwa upacara bendera telah berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi siswa. Mereka tidak hanya memperoleh keterampilan teknis dalam pelaksanaan upacara, tetapi juga menumbuhkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap tanah air, yang diharapkan akan terus mereka bawa dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Sikap Nasionalisme; Pelatihan: Upacara Bendera

Full Text:

PDF

References


Adzani, Nasywa Kamila, and Nur Luthfi Rizqa Herianingtyas. 2023. “Upaya Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Dan Disiplin Siswa Mi/Sd Melalui Ekstrakurikuler Pramuka.” Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan 2(2): 147–59.

Agustin, Rosiana Niken, Sri Utaminingsih, and Lovika Ardana Riswari. 2024. “Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas Vi Melalui Kultur Sekolah.” Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan 30(1): 1.

Aji, Anas Waskito. 2020. “Implementasi Layanan Konseling Individu Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo.” : 1–91. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12488.

Dacholfany, Muhammad Ihsan et al. 2023. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Secara Online Bagi Mahasiswa Untuk Penyusunan Daftar Pustaka Karya Ilmiah.” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(2): 3784–90.

Esteem, Self, and Self Esteem. 2016. “Siswa Sebelum Mengikuti Kegiatan Kepramukaan Di MTs Al- Azhar Sampung ? 3) Apa Kontribusi Kegiatan Kepramukaan Dalam Meningkatkan.” : 1–117.

Fadilla, Mafaza Ainun. 2020. “Penanaman Karakter Displin Peserta Didik Melalui Program Biah Islamiyah Di SDIT Mutiara Hati Purwokerto.” Skripsi: 1–88.

Hasanah, Sitti Uswatun. 2019. “Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra Dalam Rangka Pembinaan Karakter Semangat Kebangsaan Siswa.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 3(2): 211.

Hidayat, Rahmat. 2021. “Pengaruh Motivasi, Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja.” Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen 5(1): 16–23.

Muh Ibnu Sholeh. 2023. “Pengakuan Dan Reward Dalam Manajemen SDM Untuk Meningkatkan Motivasi Guru.” COMPETITIVE: Journal of Education 2(4): 212–34.

Munawir, Wahyuni Salsabila, and Iffa Balqist Julieta Sudibyo. 2020. “Analisis Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Studi Literatur Terkini: Pemahaman Mendalam Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal Basicedu 5(5): 3(2), 524–32. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971.

Nugroho, Moh Alfan. 2022. “Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup Sebagai Upaya Penanaman Kesadaran Lingkungan Pada Kelas Iv Min 1 Jombang.” Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1(2): 16–31.

Rivanda, Sonyalita bintang. 2022. “Penerapan Konseling Kelompok Untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Pada Remaja.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD) 2(1): 1–8.

Sari, Meiliza, and Muhammad Haris. 2023. “Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Dan Etika Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar.” Islamic Education Journal 1(1): 54–71. https://ejournal.stai-alkifayahriau.ac.id/index.php/almujahadah/article/view/230/48.

Soetadji, Jl Kolonel, and Tanjung Selor. 2024. “Perubahan Budaya Kerja Pegawai Negeri Sipil Setelah Adanya Pandemi Covid 19 Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara Institut Pemerintahan Dalam Negeri , Jalan Raya Jatinangor-Sumedang Km . 20 . Ja.” 50(1): 100–117.

Warsono, Sri. 2016. “Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Belajar Siswa.” Manajer Pendidikan 10(5): 469–76.




DOI: https://doi.org/10.31764/am.v4i3.26447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

    

   

EDITORIAL OFFICE :