Pendampingan Terhadap Dampak Bahaya Bullying di Dunia Pendidikan

Islahudin Islahudin, Pemas Supriadi, Ira Tophani, Desi Safitriani, Nurafriani Nurafriani, Ainun Jariyah

Abstract


Abstract:  Bullying is an act that is deliberately carried out by the perpetrator to harm the victim, not a form of negligence but a truly deliberate act. This service activity has a partner, namely SMPN 4 Keruak. The objectives of this service are 1) to provide socialisation for SMPN 4 Keruak students about the impact of bullying; 2) to provide assistance for SMPN 4 Keruak students to avoid bullying activities. The method used consists of 4 steps, namely 1) Preparation stage, 2) Implementation stage, 3) Implementation stage, and 4) Monitoring and evaluation. Based on the results of the socialisation and implementation of community service, it can be concluded that 1) Participation in the socialisation was very high, with more than 80% of students and teachers at SMPN 4 Keruak attending the sessions; 2) After the mentoring activities, evaluation through questionnaires showed an increase to 85% of students and teachers who understood the risks of bullying, both in terms of victims and perpetrators so that bullying activities could be minimised optimally.

Abstrak: Bullying adalah suatu tindakan yang sengaja dilakukan oleh pelaku untuk menyakiti korban, bukan suatu bentuk kelalaian namun tindakan yang betul-betul disengaja. Kegiatan pengabdian ini memiliki mitra yaitu SMPN 4 Keruak. Tujuan pengabdian ini yaitu 1) memberikan sosialisasi bagi siswa SMPN 4 Keruak tentang dampak bullying; 2) memberikan pendampingan bagi siswa SMPN 4 Keruak agar terhindar dari kegiatan bullying. Metode yang digunakan terdiri dari 4 langkah yaitu 1) Tahap persiapan, 2) Tahap pelaksanaan, 3) Tahap implementasi, dan 4) Monitoring dan evaluasi. Berdasarkan hasil sosialisasi dan implementasi pengabdian kepada masyarakat tersebut dapat disimpulkan yaitu 1) Partisipasi dalam sosialisasi sangat tinggi, dengan lebih dari 80% siswa dan guru di SMPN 4 Keruak hadir dalam sesi-sesi yang diselenggarakan; 2) Setelah kegiatan pendampingan, evaluasi melalui kuesioner menunjukkan peningkatan menjadi 85% siswa dan guru yang mengerti risiko bullying, baik dari sisi korban maupun pelaku sehingga kegiatan bullying dapat diminamilisir secara optimal.


Keywords


Mentoring; Impact; Harm; Bullying

Full Text:

PDF

References


Ema Noviana, lilik Pranata, A. I. F. (2020). Potrait Of Senior High School Students ’ Knowledge Level On. 3(2).

Fatkhurrozi, M., & Anwar, S. (2019). Pergaulan Bebas di Kalangan Mahasiswa dalam Tinjauan Kriminologi dan Hukum Student Free Sex in the Perspective of Criminology and Law Pendahuluan ( Introduction ). 5, 135–158.

Firmansyah, F. A. (2022). Peran Guru Dalam Penanganan Dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Al-Husna, 2(3), 205. https://doi.org/10.18592/jah.v2i3.5590

Hafri Khaidir Anwar, Martunis, F. (2019). No Title. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Pergaulan Bebas Pada Remaja Di Kota Banda Aceh, 4(2), 9–18.

Haryanto, I., Prasetyo, H., & Hukum, F. (2019). Pendampingan School Bullying Sebagai Upaya Preventif Terjadinya Tindak Pidana Kekerasan Di Sma Islam Al Azhar 1 Jakarta. Keberlanjutan Program Pemberdayaan Masyarakat Era Revolusi Industri 4.0, 259–263.

Hidayati, N. (2012). Bullying pada Anak : Analisis dan Alternatif Solusi. 14(01), 41–48.

Islahudin, I. (2019). Pemanfaatan Laboratorium Virtual Berbasis Software Electronics Workbench (Ewb) Untuk Menunjang Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Mata Kuliah Elektronika Dasar I. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(2), 96. https://doi.org/10.31764/orbita.v5i2.1394

Islahudin, I., Prayogi, S., & Haifaturrahmah, H. (2020). PKM Pendampingan Pengembangan Alat Peraga Mekanika Aplikatif Bagi Guru IPA. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3211

Islahudin, I., Sabaryati, J., Zulkarnain, Z., Khaerani, S., Pathoni, H., & Idris, K. (2019). Pelatihan Merangkai Komponen Rangkaian Listrik Dengan Metode “Debu” (Demonstrasi, Bahas, Dan Unjuk Kerja) Bagi Guru Fisika Di Desa Aik Dareq, Kecamatan Batukliang, Lombok Tengah Tahun 2019. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i2.884

Islahudin, Khaerani, S., & Zulkarnain. (2018). Pemanfaatan laboratorium virtual berbasis. 4(2), 47–51.

Kurniawan, Y., Rahmawati, P., Giarto, R. B., Teknologi, S., Manufaktur, R., Mesin, J. T., Balikpapan, P. N., Studi, P., Berat, A., Mesin, J. T., Balikpapan, P. N., Studi, P., Sipil, T., Sipil, J. T., & Balikpapan, P. N. (2024). Peran Guru Dalam Mencegah Dan Mengatasi Praktek Bullying Di Lingkungan Sekolah Menengah Pertama. 2(3), 207–212.

Lestari, L., Nurfatihah, F., & Putri, R. A. (2024). E-ISSN : 2828-7053 Penyuluhan Hukum Terkait Bahaya Bullying Dan Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga Di Perumahan Graha Namarina Prodi Ilmu Pemerintahan , Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau Kepulauan Banyaknya kasus kekerasan yang t. 3(1), 76–81.

Nadirah, S. (2017). Peranan Pendidikan Dalam Menghindari Pergaulan Bebas Anak Usia Remaja Sitti Nadirah. 9(No.2), 309–351.

Ndiung, S., Ansi, R., Eleonora Puruina, W., & Jehadin, V. (2023). Edukasi pencegahan penggunaan leksikon perundungan berbasis kearifan lokal budaya Manggarai. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(1), 99–111. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.19436

Prahardika, A. N. (2014). Upaya Meningkatkan Pemahaman Bahaya Bullying Melalui Bimbingan Klasikal pada Siswa. 3(1), 51–57.

Qamaria, R. S., Pertiwi, F. H., Mulyani, L. N., Sari, N. N., Harriroh, A., Haq, I. N., Nasihatin, S. S., Erlangga, S. A., Anisahab, A., & Jannah, M. (2023). Upaya Menciptakan Lingkungan Sekolah Ramah Anak Melalui Kampanye Stop Bullying. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 33–46. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.265

Santoso, A., Studi, P., & Administrasi, I. (2018). No Title. Pendidikan Anti Bullying, 1(2), 49–57.

Soleman, F. (2021). Meminimalisir Bahaya Bullying Melalui Bimbingan Klasikal pada Siswa VIII SMP Negeri 7 Telaga Biru. 07(September), 1407–1416.

Titi Prihartini, Sartini Nuryato, T. A. (2002). Hubungan Antara Komunikasi Efektif. Hubungan Antara Komunikasi Efektif Tentang Seksualitas Dalam Keluarga Denngan Sikap Remaja Awal Terhadap Pergaulan Bebas Antar Lawan Jenis, No, 2, 124–137.

Wahidiyani, O. C., Rulyansyah, A., & Akhwani, A. (2024). Peran Guru dalam Pendampingan Peserta Didik untuk Mewujudkan Sekolah Bebas Bullying di SD. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 1044–1053. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.852




DOI: https://doi.org/10.31764/am.v4i3.28239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

    

   

EDITORIAL OFFICE :