Pemberdayaan Womenpreneur Pucang: Modal Sosial dan Personal Branding untuk Kepercayaan Bisnis sebagai Implementasi SDG’s 5
Abstract
Abstract: The mentoring program for womenpreneurs in the Aisyiyah Branch Leadership (PRA) Pucang aims to increase business confidence through strengthening social capital and personal branding as a form of implementation of Sustainable Development Goal (SDG's) 5 regarding gender equality. The approach used is Participatory Action Research (PAR) and Community Organizer (CO), with activities in the form of business management training, digital marketing, and simple financial recording assistance. The results showed an increase in participants' understanding in utilizing digital technology, building business networks, and creating a positive business image. Despite challenges such as low digital literacy, the program succeeded in motivating participants to be more professional in managing their businesses and adapting to market dynamics. The impact of the program not only supports the growth of individual businesses but also contributes to the economic strengthening of families and local communities. With this holistic approach, PRA Pucang has succeeded in creating a relevant and sustainable model of women's empowerment.
Abstrak: Program pendampingan bagi womenpreneur di Pimpinan Ranting Aisyiyah (PRA) Pucang bertujuan meningkatkan kepercayaan bisnis melalui penguatan modal sosial dan personal branding sebagai bentuk implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) 5 mengenai kesetaraan gender. Pendekatan yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dan Community Organizer (CO), dengan kegiatan berupa pelatihan manajemen usaha, pemasaran digital, serta pendampingan pencatatan keuangan sederhana. Hasil pendampingan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta dalam memanfaatkan teknologi digital, membangun jejaring bisnis, serta menciptakan citra usaha yang positif. Meski terdapat tantangan seperti rendahnya literasi digital, program ini berhasil memotivasi peserta untuk lebih profesional dalam mengelola usaha dan beradaptasi dengan dinamika pasar. Dampak program tidak hanya mendukung pertumbuhan usaha individu tetapi juga berkontribusi pada penguatan ekonomi keluarga dan komunitas lokal. Dengan pendekatan holistik ini, PRA Pucang berhasil menciptakan model pemberdayaan perempuan yang relevan dan berkelanjutan.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif.
Aini, D. N., Wahyuningtyas, N., & Kurniawan, B. (2021). Modal sosial pemberdayaan perempuan UMKM Batik Tulis Pinang Desa Capang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(12), 1344–1353.
Arifin, M., Zainuddin, A., Wahyono, D., Satria, R. C., & Rafi, M. R. (2021). Pendampingan Business Trust Pada Womenpreneur Melalui Pemanfaatan Modal Sosial dan Personal Branding di Kelurahan Wonocolo Taman Sidoarjo. Jurnal Soeropati, 3(2), 161–169.
Chodijah, M., Khaerani, I. F. S. R., & Fadhilah, R. (2018). Penyuluhan Bahaya Narkoba Berbasis Partisipatory Action Research. Jurnal Syifa Al-Qulub 2, 2, 58–67.
Desri, S., Lorenzha, M., & Maharani, R. (2023). Analisis Womenpreneur Leadership Dalam Menjalankan Organisasi. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 521–530.
Dwiastuti, I., Raharyo, A., Farid, M., & Baskoro, R. (2022). Komitmen Indonesia Dalam Implementasi SDGs Nomor 5 Untuk Menjamin Keamanan Manusia Khususnya Perempuan (2015-2021). Verity - Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 14(27), 1–17.
Efrida, S., & Diniati, A. (2020). Pemanfaatan Fitur Media Sosial Instagram Dalam Membangun Personal Branding Miss International 2017. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 57–71.
Hanindharputri, M. A. (2019). Peranan Personal Branding Pada Media Sosial Untuk Wirausaha Perempuan. Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 2, 10–19.
Hardana, A., Nasution, J., & Damisa, A. (2022). Pelatihan Manajemen Usaha Dalam Meningkatkan Usaha UMKM Kuliner. Medani Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(01).
Haridison, A. (2019). Modal Sosial Dalam Pembangunan. Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Pemerintahan, 2(2), 35–43.
Haryanti. (2024, March 2). Resmi Berdiri, Ranting Baru Aisyiyah di PCA Sidoarjo. PWMU.CO.
Hasoloan, A. (2018). Peranan Etika Bisnis Dalam Perusahaan Bisnis. Jurnal Warta.
Kalogiannidis, S. (2021). Business Trust and Communication as Predictors of Business Growth. Wseas Transactions on Business and Economics , 18, 1512–1522.
Maharani, I. F., Hidayat, D., & Dianita, I. A. (2021). Penerapan Digital Marketing Pada Konteks Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Womenpreneur Maima Indonesia. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 7(2), 699–709.
Nirwana, N. Q. S., & Biduri, S. (2021). Implementasi Digital Marketing Pada UMKM Di Era Revolusi Industri 4.0 (Study Pada UMKM Di Kabupaten Sidoarjo. BALANCE: Economics, Business, Management, and Accounting Journal, 17(1), 29–35.
Pebrianggara, A., Biduri, S., & Prapanca, D. (2021). Pendampingan UMKM Roti Desa Simoketawang Menuju Enterpreneur Digital. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 05(01), 13–16.
Prapanca, D., Sriyono, & Biduri, S. (2022). Kinerja UMKM Melalui Penguatan Kelembagaan dan Digital Marketing Saat Pandemi Covig-19. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 06(02), 9–18.
Rahayu, R. S. (2018). Studi Literatur: Peranan Bahasa Inggris Untuk Tujuan Bisnis Dan Pemasaran. Jurnal Pemasaran Kompetitif Manajemen Pemasaran, 1(4), 149–158.
Rohmah, S. (2019). Kewirausahaan Sosial Berbasis Pemberdayaan Perempuan. Lembaran Masyarakat: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 5(02), 241. https://doi.org/10.32678/lbrmasy.v6i2.4248
Sulistyorini, U. T. (2018). Pemberdayaan Kewirausahaan Wanita Melalui Modal Sosial. Admisi & Bisnis, 18(2), 143–154.
DOI: https://doi.org/10.31764/am.v4i3.30788
Refbacks
- There are currently no refbacks.
EDITORIAL OFFICE :