Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa SD Negeri 1 Perbutulan Dengan Bantuan Media Tali (Target Literasi)
Abstract
Abstract: This activity aims to increase the reading interest of students in phase B (grades 3 and 4) with the help of TALI (Target Literacy) media. TALI (Target Literacy) media is used to focus on students in that class who are generally not yet proficient in reading skills. The implementation of this activity begins with observation activities carried out by class teachers to find data on students who are not yet proficient in reading skills. Then continued with the preparation of teaching media. Continued with the implementation of activities. And closed with a reflection on the implementation of activities. In this community service, it resulted in an increase in enthusiasm and interest of students in reading activities as evidenced by the implementation of interview activities with each student who joined this activity.
Abstrak: Kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan minat baca peserta didik yang terdapat pada fase B (kelas 3 dan kelas 4) dengan bantuan media TALI (Target Literasi). Media TALI (Target Literasi) digunakan untuk memfokuskan kepada peserta didik pada kelas tersebut yang umumnya belum mahir dalam keterampilan membaca. Pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan kegiatan observasi yang dilakukan kepada guru kelas untuk menemukan data peserta didik yang belum mahir dalam keterampilan membaca. Kemudian dilanjutkan dengan penyusunan media ajar. Dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan. Dan ditutup dengan adanya refleksi pelaksanaan kegiatan. Dalam pengabdian ini dihasilkan bahwa adanya peningkatan antusias dan minat peserta didik terhadap kegiatan membaca yang dibuktikan dengan pelaksanaan kegiatan wawancara pada masing-masing peserta didik yang tergabung dalam kegiatan ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh implementasi gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Gugus Kuta Utara. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74-83. DOI : https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i2.2869
Badan Pusat Statistik. (2024). Tingkat Kegemaran Membaca Masyarakat dan Unsur Penyusunnya Menurut Provinsi, 2024. BPS.
Bagasta, A. R., Rahmawati, D., Wahyuni, I. P., & Prayitno, B. A. (2018). Profil kemampuan literasi sains peserta didik di salah satu SMA Negeri Kota Sragen. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(2), 121-129. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1551.
Borji, V., et al. (2025). Digital distractions in education: a systematic review of research on distractions and learning. Educational Technology Research and Development (Springer).
IEA. (2023). PIRLS 2021 International Results in Reading. International Association for the Evaluation of Educational Achievement.
Janati, F., et al., (2021). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar di masa pandemi Covid-19 melalui literasi digital. Prosiding SEMAI : Seminar Nasional PGMI, 1(2021), 622-237. IAIN Pekalongan. diakses dari laman : https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/semai/article/view/426
National Literacy Trust. (2025). Reading – Children and Young People’s Reading in 2025 (key findings). NLT.
Naurah, N. (2023). Studi PISA 2022: Skor Literasi Membaca Indonesia Catatkan Rekor Terendah Sejak Tahun 2000. Diakses pada 20 Maret 2025 dari https://goodstats.id/article/studi-pisa-2022-skor-literasi-membaca-indonesia-catatkan-rekor-terendah-sejak-tahun-2000-Ekt0x
Nuraeni, Y., Serawati, S., Solihats, S. A., Kamilla, F. R., Karomah, L., & Junari, S. S. (2025). Peran media pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan minat baca siswa SD. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 2(1), 34–39.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Vol. I & II) – Country Notes: Indonesia. OECD Publishing.
Perpustakaan Nasional RI. (2024). IPLM 2024 Catat Rekor Tinggi, Literasi Nasional Semakin Meningkat. Perpusnas.
Rahayu, A., Wahib, A., & Besari, A. (2023). Peningkatan minat baca siswa sekolah dasar melalui pojok baca. Open Community Service Journal, 2(2), 122-130. DOI : https://doi.org/10.33292/ocsj.v2i2.41
Ruslan & Wibayanti. (2019). Pentingnya meningkatkan minat baca siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 767–775. diakses dari laman : https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2633
Sholeh, M., Murtono, M., & Masfuah, S. (2021). Efektivitas pembelajaran google classroom dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 134-140. DOI : https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.889
Subardin, Muhammad, et al. (2023). Pojok baca sebagai inisiasi sentra edukasi menumbuhkan minat baca. Jurnal Pemberdayaan Umat, 2(1), 1–14. DOI : https://doi.org/10.35912/jpu.v2i1.1320
UNESCO. (2024). Literacy: what you need to know. UNESCO.
DOI: https://doi.org/10.31764/am.v4i4.31357
Refbacks
- There are currently no refbacks.
EDITORIAL OFFICE :