Pelatihan Pembuatan Materi Bahasa Inggris Berbasis Flipbook Digital melalui Website Heyzine kepada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris

Dari Hati Gulo, Faeriani Gea, Pujawati Waruwu, Yasminar Amaerita Telaumbanua

Abstract


Abstract:  This training aimed to improve the skills of Nias University English Education students in designing flipbook-based digital teaching materials through the Heyzine website. The method used was hands-on training with a collaborative approach, involving a supervising lecturer and three students as tutors. Ten students participated in this training, starting with account creation, uploading PDF files, customizing the display, and storing and sharing flipbooks online. The training results showed that all participants successfully created interactive flipbooks, with a variety of creative designs appropriate to the context of English learning. Based on observations and questionnaires, nine out of ten students stated that they felt more confident in utilizing digital technology in the learning process. Furthermore, all students considered the training materials very clear, relevant, and helped them understand the practicalities of creating digital teaching media. Despite some technical challenges such as unstable internet connections and inadequate devices, the training generally succeeded in strengthening the digital skills of prospective teachers and encouraging them to be more innovative in utilizing creative learning media in the digital era.

Abstrak: Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nias dalam merancang materi ajar digital berbasis flipbook melalui website Heyzine. Metode yang digunakan adalah pelatihan langsung dengan pendekatan kolaboratif, melibatkan dosen pendamping dan tiga mahasiswa sebagai tutor. Kegiatan ini diikuti oleh sepuluh mahasiswa yang dilatih mulai dari tahap pembuatan akun, pengunggahan file PDF, kustomisasi tampilan, hingga penyimpanan dan pembagian flipbook secara daring. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa seluruh peserta berhasil menyusun flipbook interaktif, dengan variasi desain yang kreatif dan sesuai konteks pembelajaran Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil observasi dan kuesioner, sebanyak sembilan dari sepuluh mahasiswa menyatakan merasa lebih percaya diri dalam memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Selain itu, semua mahasiswa menilai materi pelatihan sangat jelas, relevan, dan membantu mereka memahami pembuatan media ajar digital secara praktis. Meskipun terdapat beberapa kendala teknis seperti koneksi internet yang tidak stabil dan perangkat yang kurang memadai, pelatihan ini secara umum berhasil memperkuat keterampilan digital calon guru dan mendorong mereka untuk lebih inovatif dalam memanfaatkan media pembelajaran kreatif di era digital.            


Keywords


Training; Flipbook; Heyzine; PBING Students; Digital Media.

Full Text:

PDF

References


Angela Klaudia Danu, Handrianus Dwianot Momang, Priska Filomena Iku, & Petrus Sii. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Flipbook Bagi Guru Di SMK Elanus Ruteng Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal SOLMA, 11(3), 644–653. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.9167

Azzahra, A., Putri, A. E., Firmansyah, A., Mirzachaeru, E., & Chalimi, I. R. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Flash Flipbook Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 11 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 5975–5982.

Cahyaningtyas, A. P., & Ismiyanti, Y. (2022). Pelatihan Pembuatan Flipbook Interaktif Bagi Guru-Guru SD Negeri Desa Gentansari dan Twelagiri. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 1112–1119. https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3474

Cahyono, B. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Digital Flipbook Sebagai Media Pembelajaran Di Era Teknologi Digital. Jurnal Dharmabakti Nagri, 1(2), 58–64. https://doi.org/10.58776/jdn.v1i2.26

Derrydamawati, C. C., Handajani, S., Purwidiani, N., & Pangesthi, L. T. (2024). Pengembangan e-Modul Berbasis Heyzine Flipbook pada Materi Peralatan Dapur untuk Siswa Kuliner Fase E. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1723–1730. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2501

Dewi. Zaqia Rahma, & Sunarni, S. (2024). Peran Literasi Digital dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Adaptasi dan Transformasi di Era Digital. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 9–14.

Fauzi Yusa Rahman, Karyadiputra, E., Setiawan, A., & Indah Purnomo, I. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Buku Digital Menggunakan Flipbook Pada SDIT Sullamul ‘Ulum. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 87–93. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.214

Giselawati, Y., & Cunandar, D. (2024). Cendekiawan. 6(2), 101–111. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v6i2.482

Kartikasari, R. D., Sumardi, A., Cahya Kartika, P., & Tanti, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 3, 1–6. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit

Khasanah, F., Isnaini, U., Pujiati, E., Marsono, M., & Inayati, S. (2024). Training and development of flipbook learning resources for Master Bimbel in Malang Regency. Community Empowerment, 9(3), 462–469. https://doi.org/10.31603/ce.10342

Khomaria, I. N., & Puspasari, D. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Model Learning Cycle pada Materi Media Komunikasi Humas Kelas XI OTKP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2492–2503.

Muafiyah, R., Kartono, & Halidjah, S. (2024). Pengembangan E-Modul Menggunakan Heyzine Flipbook pada Tema 8 Subtema 1 di Kelas V. Journal Of Social Science Research, 4(3), 14763–14773.

Nehe, B. (2023). Kemampuan Literasi Digital pada Mahasiswa Calon Guru (Studi Kasus). Seminar Nasional Riset Multidisiplin Dan …, 0(3). https://ejurnal.jejaringppm.org/index.php/snarmudika/article/view/87%0Ahttps://ejurnal.jejaringppm.org/index.php/snarmudika/article/download/87/85

Oktariyani, & Juwita, R. P. (2019). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Local Learning pada Siswa . Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 11(2), 95–101. https://doi.org/10.37640/jip.v11i2.93

Pahmi, S., Suciani, A., Yulianti, R., Putri, C. S., & Sagita, T. (2021). Pendampingan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Di Desa Gegerbitung. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 55–59. https://doi.org/10.31334/jks.v4i1.1635

Pembelajaran, M. (2024). Jurnal pengabdian [. 3(1), 21–30.

Purba, A. M. (2021). Whatsapp Grup Sebagai Media Komunikasi Kuliah on Line Dengan E-Learning Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 2(2), 87–100. https://doi.org/10.53695/js.v2i2.520

Qadriani, N., Ulya, A., Nugraha, S., Koso, H., Bilu, L., Kendari, T. A., Tridharma, B., & Kendari, A. (2024). Flipbook untuk Menguatkan Literasi Digital dan Keterampilan Desain Bahan Ajar Interaktif bagi Guru-Guru Sman 8 Konawe Selatan. 13(3), 2843–2852.

Sari, D. P. (2024). KETERAMPILAN MENGAJAR GURU ABAD 21. 2(2), 231–240.

Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di . Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819–2826. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012

Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542




DOI: https://doi.org/10.31764/am.v4i4.31373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

    

   

EDITORIAL OFFICE :