Upaya Menumbuhkan Minat Wirausaha Kaum Muda Melalui Pelatihan Peningkatan Nilai Tambah Produk Olahan Ubi Kayu di OMK (Orang Muda Katolik)

Efandri Agustian, Merlyn Kurniawati, Lia Nurfadhilah, Marisi Marisi, Midian Immanuel Sihombing

Abstract


Abstract:  This community service activity focuses on fostering youth entrepreneurship interest through training in increasing the added value of processed cassava products. Where cassava is a local resource in Umakatahan Village, Malaka Regency. The activity was attended by 3 lecturers, 2 speakers supported by 2 students. The training participants were 35 people, consisting of the Management and members of OMK (Orang Muda Katolik) of Umakatahan Village, Malaka Regency. Two speakers in this activity are experts in the field of Entrepreneurship and marketing, especially Digital Marketing. This community service activity has been able to increase the interest and knowledge of the young generation of Umakatahan Village. This program has succeeded in motivating young people to be more professional in managing agricultural products and adapting to market needs.

Abstrak: Tujuan Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menitikberatkan pada pembinaan minat berwirausaha pemuda melalui pelatihan peningkatan nilai tambah produk olahan singkong. Dimana singkong merupakan sumber daya lokal di Desa Umakatahan Kabupaten Malaka. Kegiatan ini diikuti oleh 3 orang dosen, 2 orang pemateri dengan dukungan 2 orang mahasiswa. Peserta pelatihan berjumlah 35 orang yang terdiri dari Pengurus dan anggota OMK (Orang Muda Katolik) Desa Umakatahan Kabupaten Malaka. Dua orang pemateri dalam kegiatan ini merupakan pakar dalam bidang Kewirausahaan dan pemasaran khususnya Digital Marketing. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah mampu meningkatkan minat dan pengetahuan generasi muda Desa Umakatahan. Program ini berhasil memotivasi generasi muda untuk lebih profesional dalam mengelola hasil pertanian dan beradaptasi dengan kebutuhan pasar.


Keywords


Entrepreneurship; Youth; Increasing Product Added Value; Cassava

Full Text:

PDF

References


Efandri A, Indah M dan Adria W. 2022. Pilihan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm Kota Jambi. JUPADAI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (1), 50-58

Efandri A dan Indah M. 2022. Pentingnya Literasi Keuangan (Financial Literacy) Bagi Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga Ditengah Pandemi Covid-19. Journal of Sustainable Business Hub 3 (3), 26-32

Efandri A, Adria WL dan Indah M. 2023. Peningkatan Eksistensi Business Performance UMKM Kota Jambi Dengan Model Entrepreneurial Marketing Strategy. TIN: Terapan Informatika Nusantara 4 (7), 438-445

E Agustian, AW Lastari, I Mutiara

Andrew, D J. 2008. Leadership. Kedua. Jakarta: Prenada Media.

Maguni, Wahyudin. 2014. “Konsep Pendidikan Kewirausahaan Di Masyarakat Dalam Membangun Ekonomi.” Jurnal Ilmiah Al Adl. 7 (Januari 2014): 1.

Marisi, Efandri A dan Eunike MG. 2025. Pengaruh Rantai Pasok Melalui Strategi Kemitraan Terhadap Kinerja Produksi Kedai Kopi Di Kota Bandung. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business 5 (2), 5245-5254

Masan, C Fanggidae, R Kurniawati, M Bunga, M. 2023. “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Angkasa Baru Kota Kupang.” GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial.

Pless, N M. 2012. “Social Entrepreneurship in Theory and Practice-An Introduction.” Journal of Business Ethics 111(3):317–320. https://doi.org/10.1007/s10551-%0A012-1533-x.

Pratama, S, and A Efandri. 2022. “Produksi Dan Pemasaran Produk Herbal Kelompok Tani Teman Abadi Di Mudung Laut Kota Jambi.” Prosiding Seminar Nasional Unimus.

Sasongko, A. 2023. “Kewirausahaan Sosial Guna Mewujudkan Pemberdayaan Perempuan Purna Pekerja Migran Indonesia Ditinjau Dari Perspektif Islam (Studi Kasus Pada Koperasi Wanita Sumber Rejeki Pojok Ngantru Tulungagung).” SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah 2 (1): 74–92.

Setiawan, Deden, and Sukanti. 2016. “Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha.” Jurnal Pro Fita Universitas Negeri Yogyakarta, no. 7.

Statistik, Badan Pusat. 2024. “Jumlah Penduduk Usia 15 Tahun Ke Atas Menurut Golongan Umur.”

Tungga, A, R Fanggidae, M Kurniawati, and P Amtiran. 2023. “Analisis Digital Marketing Dan Kreatif Iklan.” GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial.

Wio, E, C Foenay, M Kurniawati, and R Fanggidae. 2024. “Analisis Strategi Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Dealer Mobil Suzuki Surya Batara Mahkota Kupang.” GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial.




DOI: https://doi.org/10.31764/am.v4i4.31745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

    

   

EDITORIAL OFFICE :