Peningkatan Karakter Islami Anak Melalui Buku Digital Pintar

Jehan Ridho Izharsyah, Ananda Mahardika, Syafruddin Syafruddin, Ayasha Sofya Az-zahra

Abstract


Abstract: The kids come from low-income families and have less education overall. Additionally, some students have physical restrictions that make it challenging for class supervisors and teachers to adjust to their personalities. The purpose of this service is to support and strengthen instructors' teaching strategies and children's Islamic character.The approach uses the smart digital book "Get to Know Me Then Your Character is Formed" to help 20 pupils in the class learn the Hijaiyah letters, engage in worship, and share anecdotes about the Prophet Muhammad SAW. Buzz groups and conventional techniques are employed as pretest and posttest measuring tools. The results showed that after participating in the activities, the children's comprehension significantly improved. The pretest and posttest categories, along with the mapping results, made this conclusion evident. The conventional approach (X) had a pretest score of 140.5 and a posttest score of 152.5. Conversely, the Buzz Group approach (Y) scored 125.75 on the pretest and 153.5 on the posttest. Thus, it can be concluded that students and teachers, particularly those who are engaged in learning through imagery and visuals, gave the exercises a lot of thought.

Abstrak: TK Islam Nirmala memiliki permasalahan dalam pengembangan dan pemahaman karakter islami diantaranya kemampuan kognitif dan adaptif terhadap teman dan guru. Beberapa siswa memiliki latarbelakang kehidupan hingga pendidikan kolektif ekonomi keluarga yang cukup rendah. Apalagi beberapa siswa juga memiliki keterbatasan fisik sehingga beberapa guru dan pamong kelas sedikit mengalami kesulitan dalam adaptasi karakter.Tujuan pengabdian ini untuk membantu memperbaiki dan meningkatkan karakter islami anak dan metode pembelajaran guru. Metode yang dilakukan dengan pendampingan dan sosialisasi pemahaman huruf hijaiyah, praktik ibadah dan story talling kisah nabi Muhammad SAW Melalui buku digital pintar “Kenali Aku Maka Terbentuklah Karakter Kamu” dengan alat ukur pretest dan postest menggunakan teknik konvensional dan Buzz Group pada 20 siswa/siswi di kelas. Hasil yang didapatkan bahwasannya pemahaman anak setelah mengikuti kegiatan mengalami beberapa peningkatan. Hal ini dilihat dari hasil mapping dan kategori pretest dan postest. Pada metode Konvensional (X) skor pretest mendapatkan skor 140,5 dan postest mendapatkan 152,5. Sedangkan metode Buzz Group (Y) pada prestest mendapatkan skor 125,75 sedangkan postest 153,5. Maka dapat dikatakan bahwa kegiatan yang dilakukan mendapatkan perhatian khusus dari para siswa dan tenaga pendidik terutama minat belajar dengan visualisasi dan gambar.


Keywords


Huruf Hijaiyah; Konvensional dan Buzz Grup; Multimedia Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Amrullah, & Al-khowarizmi. (2022). Implementation Of Linear Congruent Method in Online Exam Applications For SMK Students. Jurnal Infokum, 10(5), 376–383.

Andriyani dkk. (2020). Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Kepribadian Islami Santri Pesantren Sabilunnajat Ciamis. AS-SYIFA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, 1(1), 1–6.

Cahyono Imam dkk. (2022). Manajemen Strategi Kerjasama dalam Pendidikan. JMPIS (Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial), 4(1), 483–488.

Dodi Nofri. (2016). Pentingnya Guru Untuk Mempelajari Psikologi Pendidikan. Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ), 1(1), 59–63.

Haryadi dan Cludia. (2021). Pentingnya Psikologi Pendidikan Bagi Guru. AoEJ: Academy of Education Journal, 12(2), 275–284.

Izharsyah, J. R. … Panjaitanµ. (2024). Penggunaan E-Buydol dalam Penguatan UMKM Dodol Pasar Bengkel Serdang Bedagai Berbasis E-CBT. Jurnal SOLMA, 13(03), 255–2065. https://doi.org/https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16417

Kurniati, A. … Hamzah, F. A. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kelompok Buzz Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 111–118.

Manurung, Y. H., & Siregar, F. S. (2018). Developing Students’ Critical Thinking On Speaking Through Socratic Questioning Methode. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE 2018), 263, 212–216.

Nucifera Prima dkk. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Digital bagi Guru di SMPN 1 Rantau Selamat Aceh Timur. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 217–225. https://doi.org/doi:10.29408/ab.v3i2.6277

Nur Ainiyah. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38.

Nurhayati, & , Sariah, Nurhasanah Bakhtiar, Syafi’ah, Ilmiyati, Z. (2021). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Sejak Dini Di Tk Aisyiah Bustanul Athfal V Pekanbaru. KREASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 24–30.

Sakti dan Yani. (2022). Potensi Pendidikan dan Teknologi Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Desa Ulumahuam. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 20–30.

Sari Yusni. (2013). Peningkatan Kerjasama di Sekolah Dasar. Bahana Manajemen Pendidikan, 1(1), 307–312.

Senjaya. Santoso & Pahlevi. (2023). Smart Village “Let’s Open a Window on the World by Reading Books.” DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 888–893.

Setyosari Punaji. (2014). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30.

Sofwan Hadikusuma. (2019). Pembentukan Karakter Islami Melalui Kegiatan Kewirausahaan Sekolah. El-Tarbawi (Jurnal Pendidikan Islam), XII(2), 153–169.

Suarmawan. Meitriana & Haris. (2019). Faktor-Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 528–539.

Subianto Jito. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354.

Syah Irman. (2022). Konsep Efektifitas Perencanaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pengajaran Pada Guru. AJIE (Al-Gazali Journal of Islamic Education), 1(1), 1–13.

Werdiningsih Wilis. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Melaksanakan Pembelajaran Daring. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 113–124.

Zebua Mushdalifah. (2017). Dukungan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Manajemen Pembelajaran Siswa Di Kelas Studi Pada SMA Negeri 3 Medan. EducanduM : Manajemen Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan, X(2), 46–59.




DOI: https://doi.org/10.31764/am.v4i4.33165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

    

   

EDITORIAL OFFICE :