Peran Pemerintahan Desa Dinoyo Mojokerto Dalam Mewujudkan Birokrasi Yang Profesional Dan Bersih

Hikmah Muhaimin, Arif Rochman, Faisal Mubarok, Risky Abi Setiawan

Abstract


Abstrak: Fungsi utama aparatur pemerintah adalah melayani masyarakat dan kepentingan umum. Melayani sebagai pelayan untuk kepentingan umum mesin pemerintah dan bukan untuk mencari keuntungan atau mendahulukan kepentingan pribadi atau golongan. Aparatur pemerintah menjadi saluran dan jembatan pelayanan dalam mewujudkan kepentingan umum dengan penuh dedikasi dan loyalitas. Dalam menunaikan tugas dan tanggung jawabnya, aparatur pemerintah harus tanggap terhadap segala perubahan yang terjadi di masyarakat setiap saat. Inti dari etika pemerintahan adalah penggunaan kekuasaan. Etos pemerintahan harus menjadi salah satu keterlibatan masyarakat yang mendalam dan tanggap terhadap semua keinginan masyarakat. Dalam hal ini, penguasa harus mampu mendorong partisipasi yang sebenarnya sulit karena keinginan individu yang berbeda-beda. Dalam memperkuat partisipasi pemerintah yang fleksibel. Karena yang penting bukan mereka yang memerintah, tapi mereka yang diperintah. Peran etika manajemen sangat penting dalam mewujudkan birokrasi yang profesional dan bersih. Pejabat yang beretika harus mampu menghadirkan suasana dan budaya kerja yang profesional dan kredibel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana etika pemerintahan diterapkan di Desa Dinoy Kabupaten Mojokerto untuk mewujudkan birokrasi yang profesional dan bersih. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini. 


Full Text:

PDF

References


Gordon, Thomas, 1986, Kepemimpinan Yang Efektif, Rajawali Perss, Jakarta

Kansil, C.S.T, 1990, Sistem Pemerintahan Indonesia, Radar Jaya Offset , Jakarta.

Syaffie, Kencana Ibnu, 1994, Etika Pemerintahan, Rineka Cipta, Jakarta.

Siagian, Sondang, 1999, Manejemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara Jakarta.1994, Organisasi, Kepemimpinan dan Perilaku, Bumi Aksara, Jakarta.

"Reformasi Birokrasi pada Pemerintahan Desa: Studi Kasus di Desa Dinoyo, Kabupaten Mojokerto" oleh Aisyah Rizki Maulida (2019) - Simposium Nasional Akuntansi Keuangan Publik.

"Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kualitas Birokrasi Desa: Studi Kasus di Desa Dinoyo, Kabupaten Mojokerto" oleh Ahmad Rifai (2018) - Konferensi Nasional Sistem Informasi.

Naqiah, A., & Zitri, I. (2023). Collective Action Kelompok Sadar Wisata Desa Malaka Dalam Percepatan Pariwisata Guna Peningkatan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik), 3(1), 1-14.

Astuti, P., Ashari, W. K., Ouktafia, F., Wahyudi, D., Jailani, M. A., & Zitri, I. (2023). Strategi Peningkatan Daya Tarik Di Destinasi Tanjung Bias Desa Senteluk Kecamatan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Paradigma (Jp), 12(2).

Rahman, A. F. B., & Zitri, I. (2023). Collaborative Governance Dalam Perkembangan Pariwisata Di Kawasan Senggigi Kabupaten Lombok Barat. Nusantara Hasana Journal, 3(2), 144-159.

"Partisipasi Masyarakat dalam Pengambilan Keputusan Pemerintah Desa: Analisis Peranannya terhadap Birokrasi yang Profesional dan Bersih di Desa Dinoyo, Kabupaten Mojokerto" oleh Rina Nurul Azizah (2017) - Jurnal Penelitian Administrasi Publik Vol. 9 No. 1.

prof. Dr. Sugiyono. (2017). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ikatan

Weber, M. (1947). BIROKRASI PEMERINTAH (S. Hikmah Muhaimin (ed.)).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing Site

Jl. KH. Ahmad Dahlan No.1, Pagesangan, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.