Penerapan Tata Tertib Sekolah Sebagai Strategi Pembentukan Karakter Siswa Pasca Pandemi Covid-19

Uswatun Khasanah, Nanang Bustanul Fauzi, Distri Adi Setiawan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masalah dan distorsi di kalangan siswa selama pendidikan pasca pandemi covid-19. Pendidikan secara daring menjadikan siswa mengalami degradasi pada nilai-nilai karakter seperti karakter relegius, disiplin, dan tanggung jawab. Hal tersebut terbukti dengan banyak pelanggaran yang ditemui oleh peneliti selama observasi lapangan. Penelitian yang termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif ini memiliki tujuan untuk: (1) mengetahui konsep tata tertib sebagai strategi pembentukan karakter siswa pasca pandemi Covid-19 di SMAN 1 Batu, (2) mengetahui hambatan dan upaya yang dilakukan dalam menerapakan tata tertib sebagai strategi pembentukan karakter siswa, dan (3) mengetahui keterlaksanaan penerapan tata tertib sebagai strategi pembentuka karakter siswa. Sesuai dengan jenis penelitianya, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tata tertib SMAN 1 Batu memiliki konsep keterikan peraturan yang melahirkan tiga kelompok fokus dalam pelaksaanya yang meliputi pelanggaran, sanksi point, dan pembinaan yaitu kelompok kelakuan, kelompok kerapian, dan kelompok kerajinan. Penerapan tata tertib berhasil membentuk karakter siswa pasca pandemi Covid-19 dibuktikan dengan perubahan tingkah laku, kesadaran, dan menurunnya presentasi pelanggaran.

Abstract: This research is motivated by the many problems and distortions among students during post-covid-19 pandemic education. Online education makes students experience degradation of character values such as religious character, discipline, and responsibility. This is proven by the many violations encountered by researchers during field observations. This research, which is included in this descriptive qualitative research, has the objectives of: (1) knowing the concept of discipline as a strategy for building student character after the Covid-19 pandemic at SMAN 1 Batu, (2) knowing the obstacles and efforts made in implementing discipline as a strategy for forming student character, and (3) knowing the implementation of the implementation of the rules as a strategy for building student character. In accordance with the type of research, data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. Data analysis uses the Miles and Huberman analysis model, namely through data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions (verification). The results of this study indicate that the discipline of SMAN 1 Batu has the concept of regulatory involvement which gave birth to three focus groups in its implementation which include violations, point sanctions, and coaching namely behavior groups, neatness groups, and craft groups. The implementation of the rules has succeeded in shaping the character of students after the Covid-19 pandemic as evidenced by changes in behavior, awareness, and a decrease in the presentation of violations.


Keywords


Pendidikan pasca pandemi covid-19; Tata tertib sekolah; Pembentukan karakter siswa.

Full Text:

PDF

References


Agustini. 2015. Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar: Jurnal Pendidikan Karakter, No V, No. 2, hal. 219-228

Agustina Tyas., & Betles Natlini. 2020. Implementasi Program Pendidikan Karakter Di SD Kanisius Gendongan Salatiga. Jurnal Riset Pendidikan Dasar No. 3 (1), hal. 77-86

Anwar, Desi. 2020 Apa yang Kita Pikirkan Ketika Kita Sendirian. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Asmaun Sahlan dan Prasetyo Teguh, Angga. 2012. Desain Pembelajaran BerbasisKarakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, hal. 134

Irwansa. 2015. Analisis Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah pada Siswa di SMK Negeri 1 Makassar: Tomalebbi, 2 (1)

Kemendikbudristek. 2022. Dikresi Pelaksanaan Keputusan Bersama 4 Menteri: Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19

Kurniawan, Wisnu Aditya. 2018. Budaya Tertib Siswa Di Sekolah (Penguatan Pendidikan Karakter Siswa). Sukabumi: CV Jejak

Mantiri Jeane & A. R. Dilapanga. 2021. Perilaku Organisasi. Sleman: CV Budi Utama

Subagia, I Nyoman. 2021. Pendidikan Karakter: Pola, Peran, Implikasi dalam Pembinaan Remaja Hindu. Bali: NILACAKRA

Suradi. 2017. Pembentukan Karakter Siswa melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah. Riset dan Konseptual 2 (4): 522-533

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabe

Suyanto, Totok. 2014. Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Disiplin Siswa di SMP Negeri 28 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2 (2): 243-357

Utami, S. W. 2019. Penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan siswa. Jurnal Pendidikan, IV(1), 63- 66.

Yosafat, Massie, dkk. 2021. Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pendiidkan Karakter Siswa: Satya Widya, Vol 37, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i2.12383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Uswatun Khasanah, Nanang Bustanul Fauzi, Distri Adi Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: