EVALUASI IMPLEMENTASI PEMANFAATAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBELAJARAN DARING
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pemanfaatan bahan ajar PPKn dalam pembelajaran daring guru-guru peserta PPG dan guru pamong Program PPG Angkatan 1 PPKn Universitas Muhammadiyah Mataram. Adanya pandemic ini memberikan dampak kepada proses dan model pembelajaran kepada siswa. Perubahan proses pembelajaran dari luring ke model daring dan juga blanded learning, berpengaruh kepada model pembelajaran dan implementasi penggunaan bahan ajar. Di dalam kondisi pandemic sekarang ini menuntut guru untuk merubah mindeset dalam model pembelajarannya termasuk dalam pemanfaatan bahan ajar dalam pembelajaran daring yang semula terbiasa memberikan materi dalam bentuk buku teks, modul dan power point kepada siswa untuk dipelajari. Oleh karena itu, penelitian ini menjadi urgen, dan saat yang tepat untuk mengevaluasi implementasi pemanfaatan bahan ajar selama masa pandemic dalam pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi , menggunakan model CIPP (Contexs, Input, Proses, Product). Berdasarkan analisis data guru merubah RPP menjadi RPP blanded learning, Materi tidak hanya berbasis buku teks, tetapi sudah memanfaatkan produck teknologi seperti dari IG ,Youtube, Oke Zone, Google dan lain-lain. Dalam pembelajaran dilaksanakan secara blanded learning dan hasil pembelajarannya bisa diakses siswa melalui google classroom ataupun web sekolah. Kemampuan guru dalam persiapan dan implementasi bahan ajar dalam pembelajaran daring sudah baik. Hal yang masih diperlukan adalah pengayaan dalam materi dan sumber belajarnya.
Abstract: The purpose of this study was to determine the implementation of the use of PPKn teaching materials in online learning of PPG participating teachers and PPG Program pamong teachers Batch 1 PPKn University of Muhammadiyah Mataram. The existence of this pandemic has an impact on the learning process and model for students. The change in the learning process from offline to online models and also blanded learning, affects the learning model and the implementation of the use of teaching materials. In the current pandemic conditions, teachers are required to change their mindeset in their learning model, including in the use of teaching materials in online learning who were originally accustomed to providing material in the form of textbooks, modules and power points to students to learn. Therefore, this research is urgent, and the right time to evaluate the implementation of the use of teaching materials during the pandemic in online learning. This research is an evaluation study, using the CIPP model (Contexs, Inputs, Processes, Products). Based on the analysis of teacher data, changing rpp to rpp blanded learning, the material is not only textbook-based, but has utilized technology products such as from IG, Youtube, Oke Zone, Google and others. Learning is carried out in blanded learning and the learning results can be accessed by students through google classroom or the school web. The ability of teachers in the preparation and implementation of teaching materials in online learning is good. What is still needed is enrichment in the material and learning resources.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprionika, D., Rejeki, S., Hafsah, H., Sakban, A., & Saddam, S. (2022). The Behavior of Mataram City Residents in Facing Covid-19. Seminar Nasional Paedagoria, 2, 24–29.
Chairiyah, C., Nadziroh, N., & Pratomo, W. (2021). Implementasi Model Blended Learning Dalam Pembelajaran Ppkn Di Sdn Bonorowo Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Cerdas Proklamator, 9(1), 1–8.
Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. Prospects, 49(1–2). https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3
Hernawan, A. H., Permasih, H., & Dewi, L. (2012). Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat UPI.
Japar, M., & Fadhillah, D. N. (2019). Media dan teknologi pembelajaran ppkn. Jakad Media Publishing.
Lola, W. U. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Ppkn Melalui Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMPN 1 Aikmel Kabupaten Lombok Timur. Universitas Mataram.
Mahardika, M. N., Trisiana, A., Widyastuti, A., Juhaena, J. S., & Kirani, R. M. A. (2020). Strategi pemerintah dan kepatuhan masyarakat dalam mengatasi wabah Covid-19 berbasis semangat gotong royong. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 39–50.
Rejeki, S., Rahman, N., Sakban, A., & Herianto, A. (2020). Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran Vol. 2 No. 1 Tahun 2020. 2(1), 81–87.
SABARA, A. S., Alfiandra, A., & Waluyati, S. A. (2021). Penerapan Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran PPKn Di UPT SMA Negeri 1 Lahat. Sriwijaya University.
Saddam, S., Isnaini, I., Mandala, H., & Haifaturrahmah, H. (2021). The role of educational media in preventing hoax news of COVID-19 pandemic among students Mataram city. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 159–172.
Sadjati, I. M. (2012). Pengembangan bahan ajar.
Safitri, A. S. (2020). Pendidikan daring dimasa Covid-19. 21(1), 1–9.
Sakillah, K., & Hemafitria, H. R. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Model Blended Learning Pada Mata Pelajaran Ppkn Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Putra Khatulistiwa Pontianak.
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140.
Syudirman, S., & Saddam, S. (2021). Pendampingan Belajar Dari Rumah Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 914–922.
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i4.13077
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: