Pengembangan E-Modul Berbasis Sets (Science, Environment, Technology, and Society) Berbantuan Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran IPA

Hajar Sahana Putri, Sri Wahyuni, Rusdianto Rusdianto

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada pembelajaran IPA. Upaya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis yaitu dengan mengembangkan bahan ajar E-Modul. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas penggunaan E-Modul berbasis SETS (Science, Environment, Technology, dan Society) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain pengembangan ADDIE oleh Branch yang tahapannya meliputi analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Perancangan E-Modul memanfaatkan software Flip PDF Professional untuk memperbaiki tampilan E-Modul menjadi lebih menarik dan bervariasi. Hasil kajian pengembangan ini meliputi hasil validitas, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan E-Modul berbasis SETS. Validitas E-Modul memperoleh persentase 82% pada kriteria sangat valid, kepraktisan pembelajaran memperoleh persentase 91,62% pada kategori sangat praktis, hasil N-Gain pada efektivitas tes memperoleh skor 0,77 pada kategori tinggi, serta efektivitas respon siswa mendapat persentase 81,67% pada kategori respon sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data pada validitas, kepraktisan, dan efektivitas E-Modul berbasis SETS membuktikkan bahwa E-Modul yang dikembangkan tergolong valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuann berpikirr kritis siswa SMP pada pembelajaran IPA.

Abstract: This research is motivated by the low critical thinking skills of junior high school students in science learning. Efforts to improve critical thinking skills are by developing E-Module teaching materials. The purpose of this study was to describe the validity, practicality, and effectiveness of using SETS (Science, Environment, Technology, and Society)-based E-Modules in improving junior high school students critical thinking skills in science learning. This type of research is development research by ADDIE development design by Branch whose stages include analyze, design, develop, implement, and evaluate. The design of the E-Module utilizes Flip PDF Professional software to improve the appearance of the E-Module to make it more attractive and varied. The results of this development study include the results of the validity, practicality, and effectiveness of using the SETS-based E-Module. The validity of the E-Module gets a percentage of 82% in the very valid criteria, the practicality of learning gets a percentage of 91.62% in the very practical category, and the N-Gainnresults on the effectiveness of the test get a score. 0.77 in the high category, and the effectiveness of student responses got a percentage of 81.67% in the very good response category. The SETS-based E-Module proves that the E-Module developed is valid, practical, and effective for improving the critical thinking skills of high school students in science learning.


Keywords


E-Module; SETS; Flip Pdf Professional; Critical thinking skills.

Full Text:

PDF

References


Anisa, A. (2017). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran IPA berbasis potensi lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 1. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.8607

Aryawan, R., Gde Wawan Sudatha, I., Wayan Ilia Yuda Sukmana, A. I., & Teknologi Pendidikan, J. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS DI SMP Negeri 1 Singaraja. In Jurnal EDUTECH Universitas Pedidikan Ganesha (Vol. 6, Issue 2).

Cahyo Winoto, Y., Prasetyo, T., Kristen Satya Wacana, U., & Tengah, J. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar (Vol. 4, Issue 2). https://jbasic.org/index.php/basicedu

Dewi Saputri, S., & Andi Syuhada, F. (2022). Pengembangan E-Modul Terintegrasi Pendidikan Karakter Berbasis Sets Pada Materi Sistem Koloid Development Of Integrated E-Modules Of Character Education Based On Sets On Coloid System Materials. Jurnal Zarah, 10(2), 101–113.

Dian Masruhah, G., Wahyuni, S., Ipa, P., & Jember, U. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. SAP (Susunan Artikel Pendidikan, 7(1).

Hamidah, N., Haryani, S., & Wardani, D. S. (2018). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. In Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia (Vol. 12, Issue 2).

Hasanah, H., Wirawati, S. M., & Sari, F. A. (2020). Indonesian Journal of Learning Education and Counseling Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis STEM Pada Materi Bangun Ruang Artikel info. Jln. Wates Telu, 3(1), 91–100. https://doi.org/10.31960/ijolec

Ibrahim, E., & Yusuf, M. (2019). Implementasi Modul Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model React Berbasis Kontekstual Pada Konsep Usaha Dan Energi. Jambura Physics Journal, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.34312/jpj.v1i1.2281

Juniati, N., Muhlis, M., & Jamaluddin, J. (2022). Validitas E-Modul IPA Berbasis 3D Pageflip Professional Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 521–527. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.550

Khulda Filjinan, S. (2022). Pengembangan E-Komik Interaktif Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA. 5(2), 125–129. https://doi.org/10.31764

Kurniawati, T. D., Akhdinirwanto, R. W., & Fatmaryanti, S. D. (2021). Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi 3D PageFlip Professional Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 2(1), 32–41. https://doi.org/10.37729/jips.v2i1.685

Lestari, F., & Andriani, D. G. (2019). Validasi modul berbasis literasi pada mata kuliah statistika matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 36. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12854

Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577–585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401

Puspitasari, R., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Hots Berbantuan Flipbook Marker Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 247–254. https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.247-254

Rismayanti, T. A., Anriani, N., Sukirwan, , & Matematika, J. P. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. 06(01), 859–873.

Riwu, R., Wayan Budiyasa, I., Gusti Ayu Rai Jurusan, I., Pendidkan Biologi FPMIPA, P., & PGRI Bali, I. (2018). Penerapan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa. VII(2), 162–169. https://doi.org/10.5281/zenodo.2548090

Rosmalinda, N., Syahbana, A., & Nopriyanti, T. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Tipe Pisa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 483–496. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/transformasi

Studi, J., & Khairiyah, U. (2019). Ummu Khairiyah, Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika Materi KPK dan FPB Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika Materi KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV di SD/MI Lamongan. In Kependidikan dan Keislaman (Vol. 5, Issue 2).

Waruwu, R., Anas, N., & Rohani, R. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 10(2), 1054. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v10i2.6295

Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 1. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463

Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019). Green Chemistry Based Interactive Multimedia on Acid-Base Concept. Journal of Physics: Conference Series, 1364(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1364/1/012006

Zulhelmi. (2021). Pemanfaatan Kvisoft Flipbook Maker dalam Rangka Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. 5(2). https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i2.13080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hajar Sahana Putri, Sri Wahyuni, Rusdianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: