Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII C pada Mata Pelajaran PPKn Menggunakan Model Project Based Learning

Wanda Wijaya, Urwatil Wusqo, Zedi Muttaqin, Sumiati Sumiati, Zohriah Zohriah, Rohana Rohana

Abstract


Abstrak: Pembelajaran berbasis proyek menekankan kegiatan pembelajaran dengan menjadikan proyek atau kegiatan sebagai media dalam belajar. Melalui kegiatan pembelajaran bebasis proyek siswa dituntun mampu melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Adapun tujuan implementasi model pembelajaran project based learning yaitu meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII C semester ganjil yakni pada materi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan tindakan. Sasaran dalam penelitian ditujukan pada subjek penelitian siswa kelas VIII C sebanyak 40 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi (lembar pedoman observasi) dan dokumentasi (foto/video). Analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning yang telah diterapkan berhasil membuat peningkatan terhadap kreativitas belajar siswa selama proses pembelajaran.

Abstract: Project-based learning emphasizes learning activities by making projects or activities as media in learning. Through project-based learning activities students are guided to be able to explore, assess, interpret, synthesize, and information to produce various forms of learning outcomes. The purpose of implementing the project based learning learning model is to increase student learning creativity in the Civics class VIII C subject in the odd semester, namely on the material of the laws and regulations that apply in Indonesia. The method used in this study is a qualitative method with a descriptive and action approach. The target in the research was aimed at the research subjects of class VIII C students as many as 40 students. Methods of data collection using observation (observation guide sheets) and documentation (photos/videos). Data analysis used descriptive data analysis. The results of the study can be concluded that the application of the project based learning learning model that has been implemented has succeeded in making an increase in student learning creativity during the learning process.

 


Keywords


Creativity; Learning; Project Based Learning.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299.

Rusadi, B. E., Widiyanto, R., & Lubis, R. R. (2019). Analisis Learning and Inovation Skills Mahasiswa PAI Melalui Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Keterampilan Abad 21. Conciencia, 19(2), 112-131.

Febrianti, D., Salam, M., & Usmanto, H. (2021). Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas XI TBSM di SMK Negeri 4 Kerinci pada Mata Pelajaran PPKN Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiry. Civic Education Perspective Journal, 1(1), 88-103.

Hakim, N. (2015). Penerapan Project-Based Learning Dipadu Group Investigetion Untuk Meningkatkan Motivasi, dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang. Jurnal Biodik, 1(1).

Hariz Abizar, S. M. (2017). Buku Master Lesson Study. Indonesia: Diva Press.

Lubis, F. A. (2018). Upaya meningkatkan kreativitas siswa melalui model project based learning. PeTeKa, 1(3), 192-201.

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi pengembangan kreativitas anak usia dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294-302.

Sanjaya, W. (2016). Media Komunikasi Pembelajaran. Indonesia: Pranada Media.

Septarina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perumusan Dasar Negara Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Mata Pelajaran PPKn Di Kelas VII. A SMP Negeri PAUH. Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL), 2(1), 30-38.

Wahyuni, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran P Roject Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 LANGSA. Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL), 2(2), 64-69.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i2.14640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wanda Wijaya, Urwatil Wusqo, Zedi Muttaqin, Sumiati, Zohriah, Rohana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: