Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Domino pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VII D

Wanda Wijaya, Musmulliadi Musmulliadi, Sri Rejeki, Sri Mahoni, Salimah Zinur Aini, NS Nana

Abstract


Abstrak: Meningkatkankan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn pada kelas VII D mampu memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning berbantuan media kartu domino di kelas VII D. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan lesson study dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII D. Prosedur penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri 3 tahapan yaitu: (1) Plan; (2) Do; dan (3) See. Variabel penelitian ini adalah model Problem Based Learning (PBL), motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil angket pembelajaran siklus 1, tingkat motivasi belajar siswa mengalami kenaikan dengan kriteria tinggi 55,5%, kriteria sedang 18,5%, dan kriteria rendah 25%. Kemudian, pada pelaksanaan pembelajaran siklus 2, peningkatan kreativitas belajar siswa juga mengalami kenaikan yang baik dengan tingkat motivasi belajar siswa kriteria tinggi 88%, kriteria sedang 7,4%, dan kriteria rendah 3,7%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan kartu domino mampu meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn.

Abstract: This study aims to increase students' learning motivation by using a problem-based learning model assisted by domino card media in class VII D. This type of research is lesson study action research with descriptive methods. The subjects of this study were all students of class VII D. The research procedure was carried out in two cycles, each cycle consisting of 3 stages: (1) Plan; (2) Do; and (3) See. The variable of this research is the Problem Based Learning (PBL) model, student learning motivation. Based on the results of the learning questionnaire cycle 1, the level of student learning motivation has increased with high criteria of 55.5%, medium criteria of 18.5%, and low criteria of 25%. . Then, in the implementation of learning cycle 2, an increase in student learning creativity also experienced a good increase with a high criterion level of student learning motivation of 88%, medium criteria of 7.4%, and low criteria of 3.7%. This shows that the application of the problem-based learning model assisted by domino cards is able to increase student motivation in Civics subjects.

 


Keywords


Motivasi Belajar; Problem Based Learning; Media Kartu Domino.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


A Raniah, D., Efendi, R., Liliawati, W., Fisika, P., Pendidikan, F., & Pengetahuan, I. (2018). Profil keterampilan abad 21 pada pembelajaran project based learning (PjBL) materi gelombang bunyi. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (SINAFI) (pp. 19-24).

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi pustaka.

Yasmini, I. G. K. (2021). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar IPA. Journal of Education Action Research, 5(2), 159-164.

Wijayanti, R. (2016). Peningkatan Prestasi Belajar PKn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Basic Education, 5(34), 3-227.

Wijaya, W., Wusqo, U., Muttaqin, Z., Sumiati, S., Zohriah, Z., & Rohana, R. (2023). Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII C pada Mata Pelajaran PPKn Menggunakan Model Project Based Learning. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(2), 111-116.

Ahyar, A., Sihkabuden, S., & Soepriyanto, Y. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn). Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 5(2), 74-80.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi pembelajaran: Teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Cholifah, T. N. (2020). Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Pengembangan Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD, 6(02), 179-194.

Herawati, E. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Kartu Domino Matematika pada Materi Pangkat Tak Sebenarnya dan Bentuk Akar Kelas IX SMP Negeri Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 66-87.

nggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i3.16864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wanda Wijaya, Musmulliadi, Sri Rejeki, Sri Mahoni, Salimah Zinnur Aini, NS Nana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: