Penerapan Ice Breaking “Draw My Mind“ untuk Mengatasi Rasa Bosan Siswa dalam Pembelajaran Sekolah Dasar di Kabupaten Jombang: Sebuah Studi Kasus

Salsabila Indah Kurniawati, Ahmad Sudi Pratikno

Abstract


Abstrak: Hambatan dalam pembelajaran dalam diri siswa ada berbagai jenis, salah satunya adalah rasa bosan. Hambatan ini dapat diatasi dengan adanya inovasi pembelajaran. Salah satu cara untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan adalah dengan penggunaan ice breaking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan ice breaking “draw my mind” dalam mengatasi rasa bosan siswa dalam pembelajaran. Teknik sampling yang digunakan yakni purposive sampling dengan melibatkan 24 siswa kelas IV SDN Kedunglumpang 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ice breaking “draw my mind” berguna untuk mengatasi rasa bosan siswa dalam pembelajaran. Siswa merasa antusias untuk mengikuti ice breaking tersebut dibuktikan dengan reaksi siswa saat melaksanakan ice breaking dan ketika mengikuti pembelajaran. Selain itu, penggunaan ice breaking ini dapat memberikan preferensi bagi guru untuk menghilangkan rasa jenuh siswa ketika pembelajaran berlangsung di jam-jam siang.

Abstract: There are different types of barriers to learning that students may face, one of which is boredom. This obstacle can be overcome through learning innovation. One way to make learning more engaging is to use icebreakers. This study aims to assess the effectiveness of the "draw my mind" icebreaker in addressing students' boredom with learning. The study employed purposive sampling and involved 24 fourth-grade students from Kedunglumpang 1 Elementary School in Jombang. It utilized a descriptive qualitative method with a case study approach, and data was collected through interviews and observation. The results showed that the "draw my mind" icebreaker was effective in combating students' boredom with learning. Students displayed enthusiasm during the icebreaker activity and throughout the lesson. Additionally, the use of icebreakers can offer teachers options to alleviate students' boredom during daytime learning sessions. as evidenced by the students' reactions when carrying out the ice breaking and when taking part in the lesson. Apart from that, the use of icebreakers can provide preferences for teachers to relieve students' boredom when learning takes place during the daytime hours.


Keywords


Ice breaking; Draw my mind; Bored.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Algivari, A., & Mustika, D. (2022). Teknik Ice Breaking pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(4), 433-439. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.53917

Aulia, P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Berbantuan Ice Breaking Games terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/14678/

Devi, D. A. P. P. S., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2022). Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI di SMK Wira Harapan. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 240-247. https://doi.org/10.5281/zenodo.7032283

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Pare-prae: CV. Kaaffah Learning Center.

Hapsari, I. I., & Fatimah, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Guru di SDN 2 Setu Kulon. Prosiding dan Web Seminar (Webinar), 187-194. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/pro/article/vie

w/2236

Harianja, M. M., & Sapri. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1324-1330. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2298

Hoerudin, C. W. (2023). Penerapan Media Flash Card pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. Jurnal Primary Edu (JPE), 1(2), 235-245. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.

php/primary/article/view/403

Husnu, U. (2020). Analisis Kreativitas Kegiatan Menggambar pada Anak Usia Dini. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidik, 01(2), 384–401. https://doi.org/10.33853/jm2pi

.v1i2

KBBI. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia V. Online. https://kbbi.kemdikbud.go.id

Khoerunisa, T., & Amirudin. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiiq Kedawung Cirebon. EduBase: Journal of Basic Education, 1(1), 64-70. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i1.47

Khoiruman, M. A. (2021). Analisis Hambatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Kajian Linguistik, 9(2011), 51–62. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php

/kaling/article/download/38949/35384/83134

Krisanti, R. Y., Suprihatien, & Suryarini, D. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Tangan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menyimak Dongeng pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 24–35. DOI/URL?

Mahmudah, U., & Fikroh, F. H. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Matematika secara Daring. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 1(2021), 281–296. Retrieved from https://proceeding.uingusdur.

ac.id/index.php/santika/article/view/371

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2), 333-352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Puspita, Y. (2023). Implementasi Ice Breaking untuk Menciptakan Kesiapan Belajar dan Pembelajaran yang Menyenangkan pada Anak Usia Dini. Journal on Education, 05(04), 11758–11766. https://jonedu.org/

index.php/joe/article/view/2133

Rangkuti, D. A., Sari, S. P., Saragih, M., & Nasution, I. S. (2023). Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Pembelajaran dalam Menarik Minat dan Efektivitas Siswa di Sanggar Bimbingan Belajar Muhammadiyah Kampung Bharu Malaysia. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 6253-6261. https://doi.org/10.31004/

innovative.v3i6.6845

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. JURNAL BASICEDU, 6(6), 10073-10078. https://doi.org/10.31004/

basicedu.v6i6.3029

Syahfitri, R. A., Azmil, S., & Lubis, S. P. (2022). Kejenuhan Belajar: Dampak dan Pencegahan. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 163-170. https://jurnal.ishlahiyah.ac.id/index.php/jgt/article/view/95




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i2.23521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Salsabila Indah Kurniawati, Ahmad Sudi Pratikno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: