PENERAPAN MODEL TPSR RESPONSIBILITY PADA PEMBELAJARAN PJOK KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENCIPTAKAN RASA TANGGUNG JAWAB SISWA SD

Muhammad Faisal, Agus Prima Aspa, Rusmanto Rusmanto, Ali Mandan, Muhammad Imam Rahmatullah

Abstract


Abstrak: Dengan menggunakan kurikulum mandiri dan menerapkan model Teaching Personal and Social Responsibility (TPSR), penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab siswa sekolah dasar dalam pembelajaran PJOK. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas yang dimulai dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN 187 Pekanbaru yang berjumlah 126 siswa yang terbagi dalam empat kelas. Melibatkan 32 siswa dari kelas VB, digunakan Metode nonprobability purposive sampling merupakan teknik pemilihan sampel berdasarkan karakteristik yang dianggap relevan dengan tujuan penelitian, tanpa menggunakan prosedur acak. Data dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif, yang merupakan teknik statistik untuk merangkum dan menggambarkan data menggunakan tabel, grafik, serta ukuran statistik seperti rata-rata dan deviasi standar untuk memahami karakteristik dataset secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti menyesuaikan kebutuhan penelitian pada tahap prasiklus. Hasil siklus I sebesar 79,48 persen, dan hasil siklus II meningkat menjadi 85,99 persen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model TPSR dalam pembelajaran PJOK kurikulum mandiri mampu membentuk rasa tanggung jawab siswa sekolah dasar dalam pembelajaran PJOK.

Abstract: By using an independent curriculum and applying the Teaching Personal and Social Responsibility (TPSR) model, this study aims to increase the responsibility of elementary school students in learning PJOK. This type of research is a class action that starts from pre-cycle, cycle I, and cycle II. The research population was grade V students of SDN 187 Pekanbaru totaling 126 students divided into four classes. Involving 32 students from class VB, the nonprobability purposive sampling method was used, which is a sample selection technique based on characteristics that are considered relevant to the research objectives, without using random procedures. Data were analyzed using quantitative descriptive method, which is a statistical technique to summarize and describe data using tables, graphs, and statistical measures such as mean and standard deviation to understand the characteristics of the dataset in depth. The results showed that the researcher adjusted the research needs at the pre-cycle stage. The first cycle results were 79.48 percent, and the second cycle results increased to 85.99 percent. Thus it can be concluded that the application of the TPSR model in learning PJOK independent curriculum is able to form a sense of responsibility of elementary school students in PJOK learning.


Keywords


TPSR; Physical Education; Independent Curriculum; Classroom Action.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Afrita, E., Jayati, R. D., & Riastuti, R. D. (2021). Keanekaragaman Jamur Makroskopis Di Kawasan Air Terjun Curug Embun Kota Lubuklinggau. Jurnal Biosilampari : Jurnal Biologi, 4(1),26–32. https://doi.org/10.31540/biosilampari.v4i1.1459

Andayani, E., Hariani, L. S., & Jauhari, M. (2021). Pembentukan kemandirian melalui pembelajaran kewirausahaan sosial untuk meningkatkan kesadaran sosial dan kesadaran ekonomi. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(1), 22–34. https://doi.org/10.21067/jrpe.v6i1.5143

Elmeiri, R. et all. (2022). Implementasi Model Teaching Personal and Social. 9, 66–75.

Endu, E. N., Dhey, K. A., Una, L. M. W., & Qondias, D. (2023). Peran Model Pembelajaran Inquiri untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(3), 118–126.https://ejournal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jim/index%0AVol.

Faisal, M., Maesaroh, S., Vai, A., & Aspa, A. P. (2023). Strengthen Students ’ Sense of Responsibility in Learning PJOK Through the TPSR Model. Journal of Physical Education, Health and Sport, 10(2), 105–111.

Hasibuan, A. T., Ananda, F., Mawaddah, Putri, R. M., & Siregar, S. R. A. (2022). Kreativitas Guru menggunakan Metode Pembelajaran PKn di SDN 010 Hutapuli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9946–9956. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3997

Ichsan, F. N. (2021). Implementasi Perencanaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Bangsa Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum Pendahuluan. 13.

Imam, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Yang Sesuai Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Pjok. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan, 249–262.

Karisman, V. A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Terhadap Peningkatan Keterampilan Bermain Bola Voli. Physical Activity Journal, 2(1), 80. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.3096

Marampa, E. R. (2021). Peran Orangtua Dan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Kerohanian Peserta Didik. SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2), 239–258. https://doi.org/10.53687/sjtpk.v2i2.46

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Nafiah, N. (2021). Program studi pendidikan agama islam fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan institut agama islam negeri (iain) salatiga 2020. Peningkatan, 20123078, 37.

Nasution, S. (2019). Pendidikan lingkungan keluarga. Tazkiya, 8(1),115–116. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/457

Pepep Mochhamad Syafei. (2021). Strategi Pengembangan Sikap Tanggung Jawab siswa pada Revolusi Industri Keempat (4.0) dalam pembelajaran penjas.

Septiadi, F., & Saputri, H. (2020). Penerapan Model Teaching Personal And Social Responsibility Untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Tahun 2019. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i1.8346

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.

Yati, rabi. (2015). Guru Efektif Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. Permasalahan Krisis Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Perpektif Psikologi Pendidikan, 2504, 1–9. https://www.academia.edu/35692180/Guru_efektif_dalam_perspektif_psikologi_pendidikan

Yusra, M., & Utami, C. (2018). Pengaruh Love of Money Dan Machiavellian Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi: (Studi Empiris Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Malikussaleh). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 6(1), 11. https://doi.org/10.29103/jak.v6i1.1821




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i3.23565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Faisal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: