Nilai Profil Pelajar Pancasila Dalam Novel Hello Karya Tere Liye Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Sastra di SMA
Abstract
Abstrak: Pembelajaran sastra seringkali kurang menarik minat siswa. Maka dari itu, guru hendaknya dapat memilih metode dan materi ajar sastra yang tepat untuk meningkatkan ketertarikan siswa pada sastra. Namun faktanya, sebagain besar guru masih kesulitan memilih materi ajar sastra yang tepat. Selain itu, materi yang digunakan sebagian besar juga belum menyajikan nilai pendidikan karakter yang baik, terutama berkaitan dengan nilai Profil Pelajar Pancasila yang wajib dibudayakan dalam diri siswa sejalan dengan pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) nilai Profil Pelajar Pancasila dalam novel Hello karya Tere Liye; dan (2) relevansi novel Hello sebagai materi ajar sastra di SMA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah novel Hello karya Tere Liye dan informan. Data penelitian berupa dialog dan kutipan novel yang mengandung nilai Profil Pelajar Pancasila serta hasil wawancara dengan informan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Adapun, teknik validiasi datanya menggunakan triangulasi teori dan sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Hello mengandung enam nilai Profil Pelajar Pancasila yaitu (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; (2) berkebhinekaan global; (3) gotong royong; (4) mandiri; (5) bernalar kritis; dan (6) kreatif. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa novel Hello karya Tere Liye relevan digunakan sebagai materi ajar sastra di SMA. Hal ini karena novel tersebut telah memenuhi kriteria pemilihan materi ajar sastra yang baik dan ideal.
Abstract: Literature learning often does not attract students' interest. Therefore, teachers should be able to choose appropriate literary teaching methods and materials to increase students' interest in literature. However, in fact, the majority of teachers still have difficulty choosing the right literary teaching materials. Apart from that, most of the materials used do not provide good character education values, especially in relation to the Pancasila Student Profile values which must be cultivated in students in line with the implementation of the Independent Curriculum. In this regard, this research aims to describe and explain (1) the value of the Pancasila Student Profile in the novel Hello by Tere Liye; and (2) the relevance of the novel Hello as literature lesson material in high school. This research is a type of qualitative descriptive research. The data source used is the novel Hello by Tere Liye and informants. The research data is in the form of dialogue and novel quotations containing the values of the Pancasila Student Profile as well as the results of interviews with informants. The sampling technique used was purposive sampling. Data collection techniques use document analysis and interviews. The data validation technique uses triangulation of theory and data sources. The research results show that the novel Hello contains six values of the Pancasila Student Profile, namely (1) having faith, being devoted to God Almighty, and having noble character; (2) global diversity; (3) mutual cooperation; (4) independent; (5) critical reasoning; and (6) creative. The research results also show that the novel Hello by Tere Liye is relevant to use as literature lesson material in high school. This is because the novel meets the criteria for selecting good and ideal literary teaching materials.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Aji, M. S., Rakhmawati, A., & Ulya, C. (2019). Kearifan Lokal dalam Novel Dawuk Karya Mahfud Ikhwan Serta Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra di SMA. BASASTRA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 88–100. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/basastra.v7i2.37783
Arifah, A. R., & Subiyantoro, S. (2023). Analisis Strukturalisme Levi-Strauss dan Dimensi Profil Pelajar Pancasila pada Cerita Rakyat Kamandaka. Jurnal Sinestesia, 13(2), 863–875. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/413
Assyfa, S. N. (2023). Konflik Sosial dan Nilai Sosial Budaya Novel Segala yang Diisap Langit Karya Pinto Anugrah Serta Relevansinya dalam Pembelajaran di SMA. In Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret.
Azizah, N. A., Waluyo, H. J., & Ulya, C. (2019). Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Apresiasi Sastra di SMA. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(1), 176. https://doi.org/10.20961/basastra.v7i1.35507
Efendi, N. F., Gumono, & Arifin, M. (2017). Minat Baca Sastra Mahasiswa S-1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu Tahun Pelajaran 2016. Jurnal Ilmiah Korpus , 1(II), 157–165. https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/download/4113/2286/7430
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. PT Remaja Rosdakarya.
Liye, T. (2023). Hello. PT Sabak Grip Nusantara.
Mujiyanto, Y., & Fuady, A. (2014). Kitab Sejarah Sastra Indonesia. Penerbit Ombak.
Mustikasari, N., Suryanto, E., & Hastuti, S. (2019). Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari Serta Relevansinya Sebagai Mater Ajar Sastra di SMA. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(1), 68. https://doi.org/10.20961/basastra.v7i1.35505
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rahmanto, B. (1998). Metode Pengajaran Sastra. Kanisius.
Riana, R. (2020). Pembelajaran Sastra Bahasa Indonesia Di Sekolah. Warta Dharmawangsa, 14(3), 418–427. https://doi.org/10.46576/wdw.v14i3.825
Riyanti, A., & Setyami, I. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Sastra Bagi Guru Bahasa Indonesia. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 10(2), 106–111. https://doi.org/10.26858/retorika.v10i2.4881
Salsabila, A., Rianto, A. M. R., Hafizhah, N., Hartono, F. V., & Wahyuni, S. (2024). Analisis Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Terhadap Penguatan Karakter Melalui Kegiatan Suara Demokrasi OSIS Di SMP. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter , 7(1), 1–6. https://doi.org/10.31764
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Semi, M. A. (2002). Buku Pendukung Pengajaran Sastra.” Dalam Sastra Masuk Sekolah. Indonesiatera.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA .
Sumantri, S. M. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. PT Raja Grafindo Persada.
Syaidah, S., Handayani, N., & Mirna, W. (2022). Analisis Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Cerita Pendek Senyum Karyamin dan Tawa Gadis Padang Sampah Karya Ahmad Tohari. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 286–296. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7596
Warsiman. (2017). Pengantar Pembelajaran Sastra . UB Press.
Wicaksono, A., Haryati, N., & Sumartini. (2014). Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi Sebagai Pilihan Bahan Ajar Sastra Indonesia di SMA. JSI: Jurnal Sastra Indonesia, 3(1), 1–9. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i2.23800
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Wahyu Fajar Lestari, Slamet, Ari Suryawati Secio Chaesar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: