Pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis IPS Sekolah Dasar

Siti Mariyam, Nurdiansyah Nurdiansyah, Tiara Yogiarni

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual (SAVI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar dan menciptakan model pengajaran SAVI yang efisien. Penggunaan media audiovisual diharapkan memperlancar proses pengajaran, mendorong komponen pendengaran dan visual, serta menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimen One-Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian terdiri dari 28 siswa kelas VI SDN 6 Nagri Kaler di Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.Instrumen penelitian meliputi tes dan non-tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata nilai siswa dari 55 pada pretest menjadi 75 pada posttest. Uji normalitas Kolmogorov-Smirnov Z menunjukkan data berdistribusi normal dengan signifikansi 0,222. Uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,001, sehingga kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan model pembelajaran SAVI lebih baik dibandingkan sebelumnya. Uji regresi linear menunjukkan model pembelajaran SAVI dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPS materi ASEAN dengan nilai F hitung 21,371 dan signifikansi 0,000. Nilai korelasi (R) sebesar 0,694 dan R square sebesar 0,482 menunjukkan model SAVI mempengaruhi kemampuan berpikir kritis sebesar 48,2%. Nilai N-Gain rata-rata sebesar 0,43 menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam kategori sedang.Penerapan model SAVI dalam pendidikan menawarkan pendekatan komprehensif dan efektif untuk meningkatkan pembelajaran. Guru perlu dilatih untuk mengimplementasikan model ini secara efektif dan terus mengevaluasi dampaknya untuk perbaikan berkelanjutan.

Abstract: This study aims to analyze the effect of the Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual (SAVI) learning model on students' critical thinking skills in social studies education at the elementary school level and to develop an efficient SAVI teaching model. The use of audiovisual media is expected to facilitate the teaching process, encourage auditory and visual components, and create an enjoyable learning environment. This research employs a quantitative method with a pre-experimental One-Group Pretest-Posttest design. The sample consists of 28 sixth-grade students from SDN 6 Nagri Kaler in Purwakarta District, Purwakarta Regency. Research instruments include tests and non-tests. The results indicate an increase in the average student score from 55 on the pretest to 75 on the posttest. The Kolmogorov-Smirnov Z normality test shows the data is normally distributed with a significance of 0.222. The t-test shows a significance value of 0.001, indicating that students' critical thinking skills are significantly better after using the SAVI learning model. The linear regression test indicates that the SAVI learning model can be used to improve critical thinking skills in social studies on ASEAN material, with an F value of 21.371 and a significance of 0.000. The correlation coefficient (R) of 0.694 and an R square of 0.482 show that the SAVI model affects critical thinking skills by 48.2%. The average N-Gain value of 0.43 indicates an improvement in critical thinking skills in the medium category. The implementation of the SAVI model in education offers a comprehensive and effective approach to enhancing learning. Teachers need to be trained to implement this model effectively and continuously evaluate its impact for ongoing improvement.


Keywords


Critical thinking; Social Science; SAVI Learning Model; Audio Visual Media.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi., 45–53(lorea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya).

Akhmadi, M. A., Santoso, G., & Jannah, R. (2023). Mengidentifikasi Tugas dan Peran Melalui Berpikir Kritis dan Komunikasi di Kelas 1. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 230–250.

Akuba, M. (2023). Konsep Penanaman Sikap Sosial Pada Siswa Melalui Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Journal of Education and Teaching Learning, 1(1), 21–26. https://doi.org/10.59211/mjpjetl.v1i1.13

Alwadai, N., dkk. (2021). Interfaces, ACS applied materials &.

Amini, A., Adisti, A. (2023). Penilaian terhadap Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3710.

Arifin. (2019). Pengaruh latihan game dan sprint 50 meter terhadap peningkatan VO2max atlet sepakbola SSB Kakimas Dampit Kabupaten Malang Kelompok umur 14-15. Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan, 3(1), 103-.

Creswell. (2020). Desain penelitian. Pendekatan Kualitatif & Kuantitatif. Jakarta: KIK, 2, 121-80.

Dewi. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI ( Somatic , Auditori , Visual dan Intektual ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPS Siswa Sekolah Dasar. AlwadaiMimbar PGSD Undiksha, 7(1), 22–2.

Facione. (2010). Externalizing, The Critical Thinking in Knowledge Development and Clinical Judgment. Nursing Outlook.

Fattah, S. (2020). Ilmu Pengetahuan Sosial. 344.

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 104–113. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750

Istikomah, Management, M., & Mercu, U. (2022). Tinjauan Pendidikan Islam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Klasik. 12030204039, 19–26.

Nasir. (2022). Teori Konstruktivisme Piaget: Implementasi dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis. 1(3), 215-.

Noviyanti, T., Sirait, Y. (2024). Konsep dan Perbedaan IPS dengan Ilmu Sosial. TSAQOFAH, 4(1), 1–12.

Rahmawati. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(3).

Saleh. (2023). Meningkatkan Aktivitassaleh Dan Hasil Belajar Materi Siklus Air Menggunakan Model Lemper. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran|, E-ISSN: 30.

Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221

Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. (Alfabeta, Ed.).

Suherman, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran (Savi) Somatic Auditory Visual Intelectual dalam Meningkatkan Pemahaman Puisi (Penelitian Tindakan Kelas). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5055–5064. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2375

Ulandari. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 434. https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1178

Wahab. (20221). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Adab.

Yoon, C. (2014). Berpikir Kritis. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 11–30.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i2.24301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Siti Mariyam, Nurdiansyah, Tiara Yogiarni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: