Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Flipbook Terhadap Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris

Septy Qurrotu Aini Farradhillah, Indah Nurmahanani, Nadia Tiara Antik Sari

Abstract


Abstrak: Pemahaman kosakata merupakan hal yang sangat penting dalam mempelajari bahasa asing, khususnya bahasa Inggris.  Penelitian ini dilaksanakan dengan  tujuan untuk mengetahui pemahaman kosakata dalam bahasa Inggris sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran word square dengan menggunakan media flipbook dan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model tersebut. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest posttest. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa kelas 1 di salah saatu sekolah dasar di Kabupaten Purwakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang dilakukan dua kali sebelum dan sesudah perlakukan diberikan. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa terjadi peningkatan nilai-rata-rata siswa pada pretet dan posstest. Nilai rata-rata siswa pada saat pretes adalah 47,62 sedangkan nilai rata-rata siswa pada saat posstest adalah 80,24. Selain itu model pembelajaran word square berbantuan media flipbook memberikan pengaruh sebesar 37,1 % terhadap pemaaman kosakata bahasa inggris.  

Abstract: Vocabulary understanding is very important in learning a foreign language, especially English.  This study was conducted with the aim to determine the understanding of vocabulary in English before and after using the word square learning model using flipbook media and to determine the effect of using the model. The study used quantitative research with a one group pretest posttest design. The research subjects were 30 grade 1 students in one of the elementary schools in Purwakarta Regency. The data collection technique used was a test conducted twice before and after the treatment was given. The results of this study indicate that there is an increase in the average score of students on the pretest and posttest. The average value of students during the pretest was 47.62 while the average value of students during the posstest was 80.24. In addition, the word square learning model assisted by flipbook media has an effect of 37.1% on the understanding of English vocabulary. 


Keywords


Word Square; Flipbook Media; Vocabulary Comprehension; English.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aprilia22, T., & Sunardi23, D. (2017). Penggunaan Media Sains Flipbook dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.

Bulan, A., & Yanbaqi Abidin Putra, M. (2022). Designing Vocabulary Learning Media for Junior School Students: A Theoretical Approach. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(03).

Dewati, B. (2020). Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa dengan Metode Word Square. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(1), 31–35.

Fajrin, R., Sutrisno, S., & Reffiane, F. (2021a). Model Kooperatif Tipe Word Square Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 102–106.

Fajrin, R., Sutrisno, S., & Reffiane, F. (2021b). Model Kooperatif Tipe Word Square Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 102–106.

Handayani, E. (2024). Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(1), 771–781.

Herwandannu, B. (2018). Penerapan model pembelajaran word square untuk menigkatkan hasil belajar IPS siswa kelas 3 SDN 2 Slempit Kedamean Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(12), 2201–2210.

Huraiyah, H. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Dengan Model Pembelajaran Active Learning. Jurnal Paedagogy, 2(2), 82–86.

Ilham Setiadi, M., Muksar, M., Suprianti, D., Malang, N., Bandungrejosari, S., & Aktivitas Hasil Belajar, F. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 5(4). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i4.2542/http

Lestari, Y., Suyanto, I., & Suryandari, K. C. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Word Square dalam Meningkatkan Motivasi dan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Maduwu, B. (2016). Pentingnya pembelajaran bahasa Inggris di sekolah. Warta Dharmawangsa, 50.

Mukarromah, J. Z., Sutomo, M. O. H., & Sahlan, M. O. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Dalam Menunjang Proses Pembelajaran Siswa. PESAT, 7(4), 1–10.

Nurani, A. F., Sya, M. F., & Yektyastuti, R. (2019). Efektivitas Penggunaan Picture Series Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa. AL-KAFF: Jurnal Sosial Humaniora, 2(1).

Nursyamsiah, E. (2021). Penggunaan Media Aplikasi Duolingo Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Agrabinta Cianjur. Jurnal Paedagogy, 8(1), 67. https://doi.org/10.33394/jp.v8i1.3251

Nurwahidah, H., & Herlina, S. &. (2015). Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Permainan Bingo. In Jurnal Ilmiah Visi Pptk Paudni (Vol. 10, Issue 2).

Rikmasari, R., & Budianti, Y. (2019). Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Circuit Learning pada Siswa Kelas III di SDN Jatimulya 03 Bekasi. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 6(2).

Rinjani, C., Wahdini, F. I., Mulia, E., Zakir, S., & Amelia, S. (2021). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(2), 52–59.

Rohmatin, R. (2023). Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(1), 79–88.

Sari, N., Nurmahanani, I., & Fuada, S. (2021). Penguatan Kompetensi Guru Bahasa Inggris SD di Era New Normal: Pembelajaran Daring Phonics dan Vocabulary. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2).

Simbolon, Y. K. (2019). The Effect Of Word Square Model On Students’vocabulary Mastery (A Study At The Eleventh Grade Students Of SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole). JURNAL LINER (Language Intelligence and Educational Research), 2(1), 28–45.

Wahyuliani, Y., Supriadi, U., & Anwar, S. (2016). Efektivitas penggunaan media pembelajaran flip book terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMA Negeri 4 Bandung. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 3(1), 22–36.

Wangsa, A. N., Ruswan, A., & Nurmahanani, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match terhadap Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. AS-SABIQUN, 5(5), 1347–1358.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i2.24362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Septy Qurrotu Aini Farradhillah, Indah Nurmahanani, Nadia Tiara Antik Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: