Pengembangan Multimedia Berbasis Animasi Adobe After Effects pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas 5 Sekolah Dasar

Aisyah Firna Sari, Wahyudi Wahyudi, Bagus Amirul Mukmin

Abstract


Abstrak: Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran multimedia berbasis animasi Adobe After Effect untuk mengatasi minimnya pemahaman siswa kelas 5 SD Negeri Paron terhadap materi sistem pernapasan manusia . Penggunaan media pembelajaran yang terbatas pada gambar dan sumber belajar yang kurang variatif menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi Analysis yang melibatkan analisis kerja dan analisis kebutuhan, Design mencangkup pembuatan rancangan multimedia, Development melibatkan uji coba awal, Implementation merupakan uji coba luas, dan Evaluation mencakup hasil uji coba dan evaluasi media serta implikasinya. Instrument penelitian meliputi pedoman wawancara, angket, dan soal tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia berbasis animasi Adobe After Effect yang dikembangkan didapatkan presentase akumulasi kevalidan 93% dengan kategori sangat valid. Presentase akumulasi kepraktisan memperoleh skor rata-rata sangat praktis93,5% dengan kategori sangat praktis. Presentase keefektifan memperoleh skor presentase akumulasi 94% dengan kategori sangat efektif. efektif meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal mencapai 100%. Kesimpulannya, Mmultimedia berbasis animasi Adobe After Effect pada materi sistem pernapasan manusia kelas 5 SD terbukti valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran, sehingga dapat menjadi solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tersebut.

Abstract: The use of learning media that is limited to images and less varied learning resources is the cause of low student learning outcomes. The purpose of this study is to produce valid, practical, and effective learning media. The research method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE model which includes Analysis involving work analysis and needs analysis, Design covering the creation of multimedia designs, Development involving initial trials, Implementation is a broad trial, and Evaluation includes the results of trials and evaluation of media and their implications. The research instruments include interview guidelines, questionnaires, and evaluation test questions. The results of the study showed that the developed Adobe After Effect animation-based multimedia obtained an accumulated validity percentage of 93% with a very valid category. The accumulated practicality percentage obtained an average score of 93.5% with a very practical category. The effectiveness percentage obtained an accumulated percentage score of 94% with a very effective category. Adobe After Effect animation-based multimedia on the human respiratory system material for grade 5 elementary school has proven to be valid, practical, and effective for use in learning, so it can be a solution to improve students' understanding of the material.

 


Keywords


Development; Multimedia animation; Adobe After Effects.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Afnela Fitria, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi dengan Aplikasi Adobe After Effect Berbasis Pendekatan Saintifik Kelas IV. Journal of Civic Education, 5(4), 122.

Cahyadi, A. (2019). pengembangan media dan sumber belajar teori dan prosedur (1st ed.). Penerbit Laksita Indonesia.

Dina Arina, Endang Sri Mujiwati, I. K. (2020). pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran volume bangun ruang di kelas V sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3), 168–175. https://doi.org/Prefix 10.30998

Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 843.

Halim Purnomo, Mahpudin, L. S. (2020). Pengelolaan Kelas Belajar Di Era 4.0. Elementaria Edukasia, 3(1).

Muakhirin, B. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” 1(2), 51–55.

Muhammad Istiqlal. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 43.

Purwaningtyas, Wasis D. Dwiyogo, I. H. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Kelas Xi Berbasis Online Dengan Program Edmodo. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(12), 121–129.

Rahman, T., Hanafiah, Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(12), 291–296.

Suryaman, S., & Suryanti, Y. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Plotagon Dan Capcut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 841–850. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2575

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i3.25049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aisyah Firna Sari, Wahyudi, Bagus Amirul Mukmin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: