Analisis Keberfungsian Keluarga dan Pengaruhnya Terhadap Karakter Disiplin Siswa di Sekolah

Anzel Patma Cantika, Elmanora Elmanora, Muhammad Faesal

Abstract


Abstrak: Karakter disiplin penting untuk anak dan salah satu faktor yang mempengaruhinya yaitu lingkungan keluarga melalui pelaksanaan fungsi keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberfungsian keluarga dan pengaruhnya terhadap karakter disiplin siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Mei 2024 dengan menggunakan angket. Responden dalam penelitian ini berjumlah 275 orang siswa yang dipilih dengan teknik probability sampling. Untuk menjawab tujuan penelitian, data dianalisis dengan menggunakan uji regresi linear. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh keberfungsian keluarga terhadap karakter disiplin siswa di sekolah. Besaran pengaruh kontribusi keberfungsian keluarga terhadap karakter disiplin siswa di sekolah sebesar 16%, sisanya di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menguatkan pentingnya keberfungsian keluarga dalam membangun karakter disiplin pada siswa. Orang tua dapat meningkatkan keberfungsian keluarga melalui: komunikasi, kekompakan, aturan dan peran.

Abstract: Disciplinary character is important for children and one of the factors that influences it is the family environment through the implementation of family functions. This research aims to analyze family functioning and its influence on students' disciplinary character at school. This research uses quantitative methods. Data collection was carried out in May 2024 using a questionnaire. The respondents in this study were 275 students selected using probability sampling techniques. To answer the research objectives, the data was analyzed using a linear regression test. The results of data analysis show that there is an influence of family functioning on the discipline character of students at school. The magnitude of the contribution of family functioning to the discipline character of students at school is 16%, the remainder is influenced by other factors not examined in this research. The results of this research reinforce the importance of family functioning in building disciplined character in students. Parents can improve family functioning through: communication, cohesiveness, rules and roles.


Keywords


Family functioning; Discipline character; Students.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Amiruddin. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pradina Pustaka.

Amma, T., As’ari, E., & Syaikhoni, Y. (2020). Implementasi Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kerjasama Sekolah Dan Orang Tua. Qudwatunâ : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 101–123.

Ana Fiara, Nurhasanah, N. B. (2019). Analisis Faktor Penyebab Perilaku Tidak Disiplin Pada Siswa Smp Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(1), Hal 1-6.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Herawati, T., Pranaji, D. K., Pujihasvuty, R., & Latifah, E. W. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pelaksanaan Fungsi Keluarga di Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(3), 213–227. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.3.213

Lubis, Z., Ariani, E., Segala, S. M., & Wulan, W. (2023). Pendidikan Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Anak. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 92–106. https://doi.org/10.56832/pema.v1i2.98

Mardikarini, S., & Putri, L. C. K. (2020). Pemantauan Kedisiplinan Siswa Melalui Penetapan Indikator Perilaku Disiplin Siswa Kelas III. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 30–37. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.246

Maysarah, A., Mulyati, D., & Atika, S. (2023). Gambaran Keberfungsian Keluarga keluarga , perkembangannya.

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Mustoip sofyan, Japar Muhammad, M. Z. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. In Jakad Publishing Surabaya (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/10.32678/qathruna.v7i1.3030

Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor – Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1), 105–117. https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5105

Putri, A. N., & Mufidah, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(1), 133–148. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.3031

Setiawati, S. M. (2020). Perilaku Membolos: Penyebab, Dampak, dan Solusi. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2021, 1(2), 99–108. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/pdabkin.v1i2.90

Siti Fadjarajani. (2020). Metodologi Penelitian Pendekatan Multidisipliner (Abdul Rahmat (ed.)).

Utami, P., & Welas. (2019). Peran Keberfungsian Keluarga terhadap Penerimaan diri Remaja. 10(2), 71–76.

Utomo, S. B., & Nursalim, M. (2019). Pelanggaran Tata Tertib Sekolah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Menganti Serta Penanganannya Oleh Guru Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Mahasiswa Unesa, 10(2), 9–17. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/30177

Yasa, R. B., & Fatmawati, F. (2021). Analisis Relasi Keberfungsian Keluarga dengan Kematangan Emosi Anak dari Keluarga Single Parent. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 5(2), 207. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i2.8091




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i3.25816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anzel Patma Cantika, Elmanora, Muhammad Faesal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: