Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Guru MI

Sucik Rahayu, Susana Aditya Wangsanata, Jaiz Jamalullael

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan transformasional mempengaruhi kinerja guru MI Sunniyyah 1 Selo Grobogan. Penelitian ini bersifat kaliitatif yang dilakukan melalui wawancara, observsi dan dokumentasi. Temuan penelituian ini adalah kepemimpinan transformasional telah diterapkan dengan baik oleh kepala sekolah MI Sunniyyah 1 Selo Grobogan. Hal ini tercermin dari implementasi empat komponen utama kepemimpinan transformasional: pengaruh ideal, motivasi inspirasional, stimulasi intelektual, dan pertimbangan individual. Kinerja guru di MI Sunniyyah Selo menunjukkan hasil yang positif, dengan sebagian besar guru menunjukkan kinerja yang baik dalam aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil belajar, serta pelaksanaan program pengayaan dan remedial. Kepemimpinan transformasional yang diterapkan oleh kepala sekolah memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru di MI Sunniyyah Selo. Pengaruh ini terlihat dari peningkatan motivasi guru, inovasi dalam pembelajaran, pengembangan profesional guru, terciptanya iklim kerja yang positif, dan peningkatan kualitas pembelajaran secara keseluruhan. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya pengembangan dan implementasi kepemimpinan transformasional di sekolah dasar sebagai strategi untuk meningkatkan kinerja guru dan kualitas pendidikan secara umum.

Abstract: This research aims to find out how transformational leadership influences the performance of MI Sunniyyah 1 Selo Grobogan teachers. This research is qualitative through interviews, observation and documentation. The findings of this research are that transformational leadership has been implemented well by the principal of MI 1 Sunniyyah Selo Grobogan. This is reflected in the implementation of the four main components of transformational leadership: ideal influence, inspirational motivation, intellectual stimulation, and individual consideration. The performance of teachers at MI Sunniyyah 1 Selo Grobogan shows positive results, with the majority of teachers showing good performance in the aspects of learning planning, implementing learning, assessing learning outcomes, as well as implementing enrichment and remedial programs. The transformational leadership implemented by the school principal has a positive influence on teacher performance at MI Sunniyyah 1 Selo Grobogan. This influence can be seen from increasing teacher motivation, innovation in learning, teacher professional development, creating a positive work climate, and improving the overall quality of learning. The implications of this research show the importance of developing and implementing transformational leadership in elementary schools as a strategy to improve teacher performance and the quality of education in general.


Keywords


Leadership; Transformational; Performance; MI Teacher.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of the Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance. International journal of scientific & technology research, 7(7), 19–29.

Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1994). Improving organizational effectiveness through transformational leadership. Sage Publications.

Handriant, R. (2022). Pembinaan Profesionalitas Guru melalui Supervisi Kepala Sekolah di SMPN 219 Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hartinah, S., Suharso, P., Umam, R., Syazali, M., Lestari, B., Roslina, R., & Jermsittiparsert, K. (2020). Retracted: Teacher’s performance management: The role of principal’s leadership, work environment and motivation in Tegal City, Indonesia. Management Science Letters, 10(1), 235–246.

Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Rajawali Pers.

Maharani, S. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Ideal. Osf.id, 409. https://osf.io/db78w/download

Malik, A. R., Emzir, E., & Sumarni, S. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Mobile Learning dan Gaya Belajar Visual terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman Siswa SMA Negeri 1 Maros. Visipena, 11(1), 194–207.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2017). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.

Nurwati, N., Setiawan, W., & Nuraini, N. L. S. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 767–775.

Pratama, A., & Nugroho, R. (2022). Analisis Kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Dampaknya terhadap Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 5(3), 210–225.

Pratiwi, R. D., & Muhyadi. (2023). Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Jurnal Administrasi Pendidikan, 30(1), 45–58.

Rahmawati, A., & Kusuma, I. H. (2023). Peran Kepemimpinan Instruksional dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Era Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(2), 156–172.

Rohman, A. S. (2022). Pengaruh Profesionalisme Guru terhadap Mutu Pembelajaran di MAN 17 Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sari, D. P. (2023). Hubungan Kemampuan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(2), 45–58.

Slameto, Wardani, D. K., & Kristin, F. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Inovasi Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1725–1733.

Sofyatiningrum, E., Ulumudin, I., & Perwitasari, F. (2019). Kajian Umpan Balik Guru terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Assesment, 2(2), 1–10.

Sudarman, A., & Sumarni, W. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru SMA Negeri di Kota Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 156–170.

Sudharto, F. I. P. (2012). Pengaruh Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Suasana Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 1(2), 210–221.

Sukarti, S., & Sururi, S. (2017). Manajemen Peserta Didik. Alfabeta.

Sumarno, S. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 77–90.

Supardi. (2014). Kinerja Guru. PT Raja Grafindo Persada.

Suyanto, & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional. Erlangga.

Tawakal, S. (2013). Pengaruh Kepala Sekolah sebagai Pendidik, Manajer, Motivator, dan Supervisor terhadap Kinerja Guru di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Zufani, Z., Manullang, B., & Sibuea, A. M. (2017). Pengaruh Keteladanan Kepala Sekolah, Iklim Kerja Organisasi, Kepuasan Kerja Terhadap Loyalitas Kerja Guru SMP Kecamatan Medan Amplas. Tabularasa, 14(3), 225–238.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i3.25891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sucik Rahayu, Susana Aditya Wangsanata, Jaiz Jamalullael

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: