Analisis Pola Asuh Ibu Sebagai Madrasah Pertama Terhadap Pembentukan Karakter Anak

Khadija Zahra, Anita Puji Astutik

Abstract


Abstract: Character is a trait or personality that is inherent in a person. A person's character must be different from the character of other individuals. Many factors can influence the formation of a person's character such as environmental factors in which children live in. The role of parents also does not escape character education for children. Providing good character education in childhood is the right choice for success in the next stage. The mother is the right figure to be an example for a child in his life. If a mother provides good parenting, it will determine the character of the child in the future. Conversely, if the mother is less competent in caring for and educating children, it will affect the character of the child. The purpose of this study is to analyze the role of mothers as the main educators in the family and explore the influence of parenting on children's character. In this research, the author uses a qualitative method with a descriptive approach and sampling will be done by observation and interviews. The results of this study indicate that differences in parental background can also affect child development. The findings can provide important insights for parents in implementing more responsive and supportive parenting, regardless of economic and educational conditions, this research is expected to provide an understanding of the influence of a mother's parenting on the formation of children's character.

Abstrak: Karakter merupakan sifat atau kepribadian yang melekat pada diri seseorang. Karakter seseorang pasti berbeda dengan karakter individu lainnya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi pembentukan karakter seseorang seperti faktor lingkungan yang mana anak hidup didalamnya. Peran orang tua juga tidak luput dari pendidikan karakter bagi anak. Memberikan pendidikan karakter yang baik dimasa kanak-kanak merupakan suatu pilihan yang tepat untuk keberhasilan di tahap selanjutnya. Ibu merupakan figur yang tepat untuk menjadi teladan bagi seorang anak dalam kehidupannya. Apabila seorang ibu memberikan pola asuh yang baik maka akan menentukan karakter anak di masa mendatang. Sebaliknya jika ibu kurang kompeten dalam mengasuh dan mendidik anak maka akan berpengaruh terhadap karakter anak tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis peran Ibu sebagai pendidik utama dalam keluarga serta menggali pengaruh pola asuh terhadap karakter anak Dalam penilitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan pengambilan sampel akan dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan latar belakang orangtua juga dapat mempengaruhi perkembangan anak. Temuan ini dapat memberikan wawasan penting bagi para orang tua dalam menerapkan pola asuh yang lebih responsif dan mendukung, terlepas dari kondisi ekonomi dan pendidikan, penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai pengaruh pola asuh seorang ibu terhadap pembentukan karakter anak.


Keywords


Mother’s Parenting; First Madrasah; Character Building.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Ariyati, T., Dimyati, D., Keguruan, F., & Pendidikan, D. I. (2022). Pentingnya Peran Keluarga Untuk Penguatan Karakter Dalam Membentuk Akhlak Baik Pada Anak Usia Dini.

Astutik, A. P. (2017). Implementasi Pembelajaran Kecerdasan Spiritual untuk Mengaktualisasikan Nilai-Nilai Islam. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i1.818

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tana Air. In Jurnal Mimbar Ilmu (Vol. 24, Issue 1).

A’yun, T. Q., & Romadlon, D. A. (2022). Analysis of Al-Qur’an Learning The Ummi Metode Method at Islamic Elementary School. Indonesian Journal of Education Methods Development, 21(1). https://doi.org/10.21070/ijemd.v21i.702

Esterlita Purnamasari, S., & Mercu Buana Yogyakarta, U. (2015). Peran Ayah Dalam Pengasuhan Anak. InSight, 17(2).

Gusni Wulandari, A., Cristi Surono, A., Rizky Ananda Hamra, M., Denta Parashati, P., Psikologi, F., & Semarang, U. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang tua Terhadap Pendidikan Karakter Anak Remaja di Kota Semarang. Journal of Education on Social Issues, 2(3), 246–266. http://journal.qpublisher.com/index.php/jesi/246

Hafifah, S., & Widjayatri, R. D. (2022). Pengaruh Pola Asuh Generasi X dan Generasi Y (milenial) Terhadap Karakter Anak Usia Dini (Vol. 4, Issue 1). https://parent.binus.ac.id/wp-content/uploads/2018/11/Generasi-X-Y-Z.pdf

Hidayah, U. (2021). Makna Ibu Sebagai Madrasah Pertama Dalam Pendidikan Keluarga Perspektif Studi Gender. In Jurnal Kesetaraan dan Keadilan Gender (Vol. 16, Issue 2).

Laily, I. M., Astutik, A. P., & Haryanto, B. (2022). Instagram sebagai Media Pembelajaran Digital Agama Islam di Era 4.0. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 160–174. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i2.250

Kartika, ayu D., Nurdiani, & Arief, E. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Selama Pandemi Di Lingkungan Iii Kecamatan Medan Aea Kelurahan Pasar Merah Timur Devi Kartika Ayu. Jurnal Taushiah FAI UISU, 11(1), 80–93.

Masturi, Yuniardi, A., & Nurkholisoh, S. (2023). Implementasi Pola Pengasuhan Orang Tua ( Ibu Rumah Tangga ) Terhadap Perkembangan Anak di Daerah Ciwaru. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1, 366–373. http://ejournal.untirta.ac.id/SNPNF%0AImplementasi

M. Syukri Azwar Lubis, Hotni Sari Harahap. (2021). Peranan Ibu Sebagai Sekolah Pertama Bagi Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 6–13. https://doi.org/10.32696/jip.v2i1.772

Parhan, M. (2020). Aktualisasi Peran Ibu Sebagai Madrasah Pertama dan Utama Bagi Anak di Era 4.0. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 4(2), 157. https://doi.org/10.32934/jmie.v4i2.193

Salsabila, N. (2021). Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar.

Rusli, M. (2020). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. http://repository.uin-

Syukri, M., Lubis, A., & Harahap, H. S. (n.d.). Peranan Ibu Sebagai Sekolah Pertama Bagi Anak The Role of Mother as First Education for Childern.

Samani, M. (2024). BAB II.

Taib, B., Mufidatul Ummah, D., & Bun, Y. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 128–137. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090

Umagap, W. A., & Laisouw, R. (2023). Perkembangan Karakter Anak Melalui Pola Asuh Orang Tua Di Rumah. Jurnal Kajian Perempuan, Gender Dan Agama, 15(2), 2021. https://doi.org/10.46339/al-wardah.xx.xxx

Wartini, S., & Bhayangkari, T. K. (2018). Jurnal Ceria Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Karakter Sosial Anak Usia Dini. 1(2), 2614–4107.

Zahroh, S. (2020). Peran Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Jogja Green School. In Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini (Vol. 7, Issue 1).




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i4.26903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Khadija Zahra, Anita Puji Astutik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: