Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 4 Pendekatan Humanisme di MI Wahid Hasyim
Abstract
Abstract: This research aims to understand "Character of Grade IV Students in the Humanism Approach Pancasila Education Subject" in order to understand how the learning process of the student is in learning Pancasila Education Humanism Approach. Humanism is a philosophy that prioritizes human values and can view that humans have things and freedom in thinking and acting. There are similarities in the actions of students that students have actually carried out, but the students do not know that the actions of the students have been included in the practice of the values of Pancasila, the Humanism Approach. The author of this article uses a case study research of a descriptive qualitative approach. The results of this study are based on the results of the researcher's interview with one of the teachers of the Pancasila Education subject in grade IV at MI Wahid Hasyim. The descriptive qualitative research in this study is based on the results of interviews. From the results of the interview, the researcher analyzed using triangulation data so that it could become a relevant data unit. The results of this study obtained that learning in the subject of Pancasila Education is a way for students to learn various things in daily life. Especially in the humanism approach, where this humanism approach is as a philosophy that can understand a person to be free to think and act.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memahami "Karakter Siswa Kelas IV dalam Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Pendekatan Humanisme" guna memahami bagaimana proses pembelajaran siswa dalam mempelajari Pendekatan Humanisme Pendidikan Pancasila. Humanisme adalah filosofi yang mengutamakan nilai-nilai kemanusiaan dan dapat melihat bahwa manusia memiliki sesuatu dan kebebasan dalam berpikir dan bertindak. Ada kesamaan dalam tindakan siswa yang sebenarnya telah dilakukan siswa, tetapi siswa tidak mengetahui bahwa tindakan siswa telah dimasukkan dalam praktik nilai-nilai Pancasila, Pendekatan Humanisme. Penulis artikel ini menggunakan penelitian studi kasus pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini didasarkan pada hasil wawancara peneliti dengan salah satu guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV di MI Wahid Hasyim. Penelitian kualitatif deskriptif dalam penelitian ini didasarkan pada hasil wawancara. Dari hasil wawancara, peneliti menganalisis menggunakan data triangulasi sehingga dapat menjadi unit data yang relevan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila merupakan cara bagi siswa untuk mempelajari berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari. Terutama dalam pendekatan humanisme, dimana pendekatan humanisme ini adalah sebagai filosofi yang dapat memahami seseorang untuk bebas berpikir dan bertindak.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
REFERENSI
Abdullah, H. (2023). Filsafat Positivisme dan Humanisme (Studi Filsafat Islam). Jurnal Filsafat Islam, 8(2), 188.
Ainun, I. S., Dewi, A. D., & Furnamasari, F. Y. (2021). Nilai-nilai Pancasila sebagai landasan pendidikan moral bagi generasi muda. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9042–9049. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3272
Aryani, E. D., Fadjrin, N., Zahro, T. A., & Fitriono, R. A. (2022). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter. Jurnal Gema Keadilan, 9(3), 6–12.
Indriyani, N., & Desyandri. (2022). Konsep pendidikan belajar mandiri dalam perspektif filsafat humanis. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 669–678. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pendas/article/view/41764
Moleong, L. J. (2002). Metodologi penelitian kualitatif (Cet. 1). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nahdiyah, A. C. F., Prasetyo, S., Wulandari, N. F., & Chairy, A. (2023). Konsep pendidikan dari perspektif filosofi humanisme dalam Merdeka Belajar dan Kurikulum Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Filsafat Indonesia, 6(2), 144–157. https://doi.org/10.23887/jfi.v6i2.56227
Oksep, A. (n.d.). Penerapan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dalam pembentukan peraturan perundang-undangan. Jurnal Hukum, 5(6), 3–9.
Oktaviani, R. D., & Setiawan, I. (2020). Manajemen bisnis studio senam aerobik di Kabupaten Rembang. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Indonesia, 5(2), 124–131. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpjo
Rahmat, & Rosyadi. (2013). Pendidikan Islam dalam pembentukan karakter anak usia dini: Konsep dan praktek pendidikan anak usia dini Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Saebani, B. A. (2008). Research methods. Bandung: Pustaka Setia.
Sari, R., & Najicha, F. U. (2022). Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dalam kehidupan bermasyarakat. Harmoni: Jurnal Multikultural & Multireligius, 7(1), 80–89. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony
Sinaga, P. E., Siahaan, S. H., Sirait, V. R., & Yunita, S. (n.d.). Pelaksanaan pendidikan moral dan karakter dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 17 Medan 2022–2023. Jurnal Pendidikan, 6(1), 4579–4587.
Subagyo, A. (2020). Implementasi Pancasila menangkal intoleransi radikalisme dan terorisme. Jurnal Ilmiah PKN (Pendidikan Kewarganegaraan), 6(1), 75–81.
Sugiyono. (2015). Mix methods. Bandung: Alfabeta.
Syarifuddin. (2022). Teori humanistik dan penerapannya dalam pembelajaran di sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 6(1), 106–112.
Yati, R. (2020). Masalah pendidikan karakter pada siswa dalam perspektif psikologi pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 5(1), 55–63.
Zahrudin, M., Ismail, S., & Hasanah, A. (2020). Menanamkan nilai-nilai inti pendidikan karakter berbasis Pancasila pada siswa di sekolah. Jurnal Pendidikan Agama, 21(2), 92–100.
Zukri, A., Yulianto, S. D., Makrifah, N., Sukatin, & Astuti, A. (2023). Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 579–587. https://doi.org/10.51278/humantech.v2i1.514
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i2.29224
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Litfia Pujarisma, M. Rosyid Irfan Al Fani, Maemonah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: