Karakter Gotong Royong dalam Novel Terjemahan Minimarket yang Merepotkan Karya Kim Hoyeon dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMA
Abstract
Abstract: Novels are one of the effective media used to instill the values of the Pancasila Student Profile, especially in the dimension of mutual cooperation. Then these values can be used as a reference for Indonesian language teaching materials in high schools. This study aims to analyze the character of mutual cooperation in the translated novel Minimarket yang Merepotkan by Kim Hoyeon and its relevance as Indonesian language teaching materials in high schools. This study was conducted using a descriptive qualitative approach. The data in this study were sentences and paragraphs containing the character of mutual cooperation and the results of interviews with informants. The data sources in this study were the text of the translated novel Minimarket yang Merepotkan by Kim Hoyeon and informants. The data collection techniques used were library techniques, listening and taking notes, and interviews with 10 questions. The validity of the data in this study used source and theory triangulation techniques. The data analysis technique in this study used an interactive model technique, namely data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. The results showed that there was a character of mutual cooperation in the elements of collaboration, caring, and sharing. This research is also relevant to be used as a reference in developing Indonesian language teaching materials, especially literary studies in high schools.
Abstrak: Novel mejadi salah satu media yang efektif digunakan untuk menanamkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi bergotong royong. Kemudian nilai-nilai tersebut dapat digunakan sebagai acuan bahan ajar Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter gotong royong dalam novel terjemahan Minimarket yang Merepotkan karya Kim Hoyeon dan relevansinya sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kalimat dan paragraf yang mengandung karakter gotong royong serta hasil wawancara dengan informan. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks novel terjemahan Minimarket yang Merepotkan karya Kim Hoyeon dan informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pustaka, simak-catat, dan wawancara dengan 10 pertanyaan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan teori. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik model interaktif, yaitu pengumpulan data, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil menunjukkan bahwa ditemukan adanya karakter gotong royong pada elemen kolaborasi, kepedulian, dan berbagi. Penelitian ini juga relevan digunakan sebagai acuan dalam pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia, khususnya kajian sastra di SMA.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Aisyah, T., Wahyuni, R., & Wikanengsih. (2019). Analisis Novel Saman Karya Ayu Utami: Tinjauan Sosiologi Sastra. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(2), 291–298. file:///C:/Users/ACER/Downloads/2750-Article Text-5918-1-10-20190415.pdf
Alfi, C., Fatih, M., Rofiah, S., Muqtafa, M. A., Khomaria, A., Restiani, U., Azizah, K. S., Aswitama, L. D., Allatif, N., Susanti, Y., & Umah, N. B. (2023). Penguatan Karakter Gotong Royong Profil Pelajar Pancasila melalui Service Learning di TPQ Mambaul Huda Kedawung Kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 5(1), 148–154. https://doi.org/10.28926/jppnu.v5i1.201
Aziz, A. (2021). Analisis Nilai Pendidikan dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabhicara. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i2.3879
Fonna, N. J., & Syarifuddin. (2022). Ketidakadilan Sosial dalam Novel Rihlah Ilallâh Karya Najib Kailani (Analisis Sosiologi Sastra). An-Nahdah Al-’Arabiyah, 2(1), 102–128. https://doi.org/10.22373/nahdah.v1i1.725
Hidayah, L. N., Hasjim, N., & Al-Ma’ruf, A. I. (2022). Nilai Karakter Nasionalis dan Gotong Royong dalam Novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(2), 473–488. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i2.359
Hoyeon, K. (2022). Minimarket yang Merepotkan. (Hyacinta Louisa, Trans.). Ponorogo: Penerbit Haru. (Original work published 2021).
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Litbang Kemdikbud.
Kharisma, M. E., Faridi, F., & Yusuf, Z. (2023). Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis P5 di SMP Muhammadiyah 8 Batu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1152–1161. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1420
Khotimah, D. N. (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui Kegiatan 5s di Sekolah Dasar. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 28–31. https://doi.org/10.24176/jino.v2i1.2928
Lestari, W. D., & Sabardila, A. (2021). Menguak Nilai Pendidikan Karakter Buku Bacaan Gerakan Literasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kelas Rendah Sekolah Dasar. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 197–212. https://doi.org/10.29300/disastra.v3i2.3158
Meinarty, C. Y., Wuriningsih, F., & Hartono, B. (2024). Meningkatkan Karakter Gotong Royong Peserta Didik dalam Pembelajaran PAKBP dengan Model PBL Fase C Kelas V di SDN 23 Periang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Agama, 5(2), 1717–1731. https://doi.org/10.55606/semnaspa.v5i2.2206
Mooduto, M. N., Rahmawati, & Otaya, L. G. (2023). Insersi Nilai Gotong Royong melalui Profil Pelajar Pancasila. Al-Risalah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 100–112. https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/Ar-Risalah/article/view/807
Nilamsari, A., Fardani, M. A., & Kironoratri, L. (2023). Pendidikan Karakter Peduli Sosial melalui Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(2), 490–498. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4695
Nurfitasari, D., & Markhamah, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Projek Kelas IV SDN Tunggulsari 1 Surakarta. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(2), 36–45. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v10i2.7273
Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurhapidah, A. A., & Sobari, T. (2019). Kajian Sosiologi Sastra Novel Kembali Karya Sofia Mafaza. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(4), 529–534.
Oktavianto, A. W., Asrial, A., & Alirmansyah, A. (2023). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam Mencapai Nilai Gotong Royong di Kelas IV Sekolah Dasar. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(4), 8623–8636.
Pinem, S. S., & Nuryadi, M. H. (2023). Strengthening the mutual cooperation dimension of the Pancasila student profile in the merdeka curriculum through the PPKn subjects. Proceeding of the 3rd International Conference on Social Sciences and Education (ICSSE 2023), 284–291. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25443
Pramesti, S. R., & Hidayat, M. T. (2023). Analisis Nilai Karakter Gotong Royong pada Film Animasi A Bug’s Life. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 44–58. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25443
Ramadha, A. S., Nurmasyitah, & Tursinawati. (2024). Analysis of the implementation of pancasila student profile in the dimension of gotong royong grade v at state elementary school 1 Lambheu Aceh Besar. Elementary Education Research, 9(4), 145–158. https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/view/29657/14555
Salamudin, C., & Sopiatin, A. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok terhadap Peningkatan Sikap Gotong Royong Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tarogong Kaler. Masagi, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.37968/masagi.v2i1.401
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.
Suharyanto, E., & Yunus. (2021). Pendidikan Karakter yang Efektif di Era Milenial. Indramayu: Penerbit Adab.
Unayah, N. (2017). Gotong Royong sebagai Modal Sosial dalam Penanganan Kemiskinan. Sosio Informa, 3(1), 49–58.
Wila, M., & Hendaryan, R. (2018). Nilai Karakter dalam Novel Bukan Nahoto Karya Mardiah Nasution. Jurnal Literasi, 2, 113–119.
Zahro, F. Q., & Haryanti, N. D. (2023). Budaya Gotong Royong dalam Novel Tiba-Tiba Malam Karya Putu Wijaya sebagai Bahan Ajar Sastra Kelas IX SMP/MTs. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(3), 139–150. https://doi.org/10.31000/lgrm.v12i3.10027
Zakiya, A., & Santoso, G. (2024). Habituation of the mutual cooperation character in Pancasila education in Elementary Schools. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development), 7(4), 785–793. https://doi.org/10.29138/ijebd.v7i4.2895
Zarkasih, R. A., Marzuki, A., Yusuf, A., & Ma’ruf, A. (2023). Nilai Karakter pada Buku Mata Pelajaran PAI Budi Pekerti berdasarkan Kurikulum Merdeka (Analisis Konten Buku Siswa Tingkat Dasar Kelas 1 dan 4). Journal of Elemantary School (JOES), 6(2), 584–597. https://doi.org/10.31539/joes.v6i2.6334
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i1.29949
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Putri Dwi Susanti, Zainal Arifin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: