Nilai-Nilai Akhlak Mulia dalam Pendidikan Karakter: Kajian Hadis Tematik

Azizah Saad Said, Nur Hidayat

Abstract


Abstract: The moral crisis among the younger generation, such as deviant behavior and lack of sense of responsibility, prompts the need for an effective character education approach. This study is a qualitative research that aims to analyze the values of noble morals in hadith with a thematic approach and explore their implementation in character education. The research method uses literature review with thematic analysis of relevant traditions, including the values of honesty, patience, responsibility, and compassion. The main data sources came from primary hadith books such as Sahih Bukhari, Sahih Muslim, and other thematic hadith books, which were purposively selected based on the theme of morals. The research instrument is a thematic analysis guide that is compiled based on the theoretical framework of morals in Islam and character education. The analysis technique used the descriptive-analytical method to categorize and interpret the hadith according to the theme, as well as to assess their relevance to moral challenges in character education. The integration of noble moral values in the education system not only improves individual morality, but also supports the formation of spiritually and socially resilient characters. Thus, the noble moral values contained in the hadith have great potential to be internalized in character education, so that they can be an effective solution to overcome the moral crisis.

Abstrak: Krisis moral di kalangan generasi muda, seperti perilaku menyimpang dan kurangnya rasa tanggung jawab, mendorong perlunya pendekatan pendidikan karakter yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai akhlak mulia dalam hadis dengan pendekatan tematik dan mengeksplorasi implementasinya dalam pendidikan karakter. Metode penelitian menggunakan kajian kepustakaan dengan analisis tematik terhadap hadis-hadis yang relevan, meliputi nilai-nilai kejujuran, kesabaran, tanggung jawab, dan kasih sayang. Sumber data utama berasal dari kitab-kitab hadis primer seperti Shahih Bukhari, Shahih Muslim, serta kitab hadis tematik lainnya, yang dipilih secara purposive berdasarkan tema akhlak. Instrumen penelitian berupa panduan analisis tematik yang disusun berdasarkan kerangka teori akhlak dalam Islam dan pendidikan karakter. Teknik analisis menggunakan metode deskriptif-analitis untuk mengelompokkan dan menginterpretasikan hadis sesuai temanya, serta menilai relevansinya terhadap tantangan moral dalam pendidikan karakter.Temuan utama menunjukkan bahwa hadis mengandung nilai-nilai yang strategis dalam membangun karakter peserta didik, yang relevan untuk mengatasi tantangan moral era modern. Pengintegrasian nilai-nilai akhlak mulia dalam sistem pendidikan tidak hanya meningkatkan moralitas individu, tetapi juga mendukung pembentukan karakter yang tangguh secara spiritual dan social. Sehingga nilai-nilai akhlak mulia yang terkandung dalam hadis memiliki potensi besar untuk diinternalisasi dalam pendidikan karakter, sehingga dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi krisis moral.


Keywords


Character education; Noble moral values; Thematic hadith study.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Basri, H. (2024). Integrating Islamic Values into Modern Educational Curricula: Challenges and Opportunities. Journa of Social Science, 1(5), 304–317.

Edidarmo, T. (2022). Konsep, Implementasi, dan Aktualisasi Nilai-Nilai Akhlak Karimah di Sekolah Menengah Atas. Edusia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Asia, 2(1), 20–48.

Fatmawati, F., Hadi, S., Khotimah, H., Arpin, M., & Silpiana, D. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Agama bagi Siswa SMP di Desa Bug Bug, Kecamatan Lingsar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 4(1)), 36–44.

Fazlurrahman, M., & Hasanah, M. N. (2024). The Concept of Character Education in the Hadith: A Study of Riyadhus Shalihin by Imam An-Nawawi. Bunayya: Islamic Education and Teaching Journal, 1(2), 34–52.

Firdayanti, A., Aulia, L., Bukhori, A., & Noviani, D. (2023). Studi Hadist Dan Pengimplementasiannya Dalam Kehidupan Sehari Hari. Social, Educational, Learning and Language (SELL), 1(2), 219–232.

Ilham, I., & Hermansyah, H. (2023). Pendidikan Moral Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Perspektif Al-Gazali dan Implikasinya Pada Pembentukan Karakter Siswa. Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 21(2), 267–278.

Ismail, H., Banmalei, I., Wahidah, N., Ain, J., Huda, N., & Setiawan, S. (2024). Pendampingan Sosialisasi Penanganan Kekerasan Seksual dan Bullying di SMPN 1 Masbagik. JCES (Journal of Character Education Society), 7(4), 356–367.

Maryam, N. S. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 9(1), 95–106.

Mediawati, B. T. E. (2023). Transformasi nilai-nilai Islam melalui pendidikan pesantren: Implementasi dalam pembentukan karakter santri. Journal of International Multidisciplinary Research Vol, 1(1). https://pdfs.semanticscholar.org/93b5/f42bcbfbd7a886bb67f76950d6f41f42f0ee.pdf

Mirza, I., & Siroj, S. A. (2025). Analisis Tafsir Tarbawi dalam Pendidikan Karakter: Studi Literatur tentang Konsep, Prinsip, dan Implementasi. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 5(1). https://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPI/article/view/1166

Muarrifah, S., & Sofa, A. R. (2024). Pendekatan tematik Qur’an dan Hadits sebagai landasan pembinaan akhlak sehari-hari di MA Al Husna Dawuhan Krejengan Probolinggo. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(6), 255–274.

Muhammad, S., Tansah, L., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2024). Penanaman Nilai Akhlak Berbasis Pendidikan Islam Sebagai Landasan Teori Pendidikan Karakter Di Sekolah. Burangrang: Jurnal Pusat Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M), 2(1), 44–53.

Nurfajriani, W. V., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Afgani, M. W., & Sirodj, R. A. (2024). Triangulasi Data Dalam Analisis Data Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 826–833.

Rahmawati, Y. (2023). Peran Pendidikan Sosial dalam Membentuk Karakter Individu. Jurnal Pendidikan Sosial Indonesia, 1(2), 60–68.

Ramadhani, F., Widya Pratama, D., Alqadir, A., & Faisol, F. (2024). Pengaruh konsep iman, Islam, dan ihsan terhadap perilaku seseorang. Maliki Interdisciplinary Journal (MIJ), 2(6), 735–742.

Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral Dan Etika. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 8(1), 67–85.

Suwardani, N. P. (2020). “QUO VADIS” PENDIDIKAN KARAKTER: Dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Unhi Press. http://repo.unhi.ac.id/bitstream/123456789/1349/1/13.%20Buku%20Pendidikan%20Karakter.pdf

Syafe’i, I., & Akmansyah, M. (2024). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan Strategi Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik MIN 4 Way Kanan. Attractive: Innovative Education Journal, 6(2), 417–447.

Umar, M., Ismail, F., & Syawie, N. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Edukasi, 19(1), 101–111. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i1.798

Zannatunnisya, Z., Parapat, A., Harahap, A. S., & Rambe, A. (2024). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini: Integrasi Nilai Spiritual. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i2.30161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Azizah Saad Said, Nur Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: