Implementasi Program Outbound dalam Membentuk Karakter Percaya Diri Siswa
Abstract
Abstract: This article aims to describe the implementation of various outbound program activities at SD Peradaban Serang in forming the self-confidence character of grade 4 students. This study discusses the importance of students having high self-confidence so that students can apply the knowledge and skills they have gained in developing their own interests, talents and skills/capabilities maturely. However, in reality, the function of education as a means of forming student character has not been fully implemented or has not been optimally applied in the educational environment itself. This study uses a qualitative approach with a case study method, data were collected through observation, interviews, and documentation studies. The results of the study showed that the outbound program consisting of flying fox activities, fun games, and life skills was able to foster six indicators of self-confidence character, namely: confident in one's own abilities, optimistic, responsible, rational, brave, and objective. Overall, of the 17 students observed, most of them received the highest assessment reaching 4.5. with the predicate "good" to "very good" in the self-confidence indicator. This shows that the outbound program is effective in forming students' self-confident character through fun and meaningful direct experiences. This outbound program is effective in forming students' self-confident character through selected activities that have been adjusted by the school.
Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk menjabarkan implementasi dari berbagai kegiatan program outbound di SD Peradaban Serang dalam membentuk karakter percaya diri siswa kelas 4. Penelitian ini membahas mengenai pentingnya bagi siswa memiliki rasa percaya diri yang tinggi agar siswa tersebut dapat mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang telah didapat dalam mengambangkan minat bakat dan keterampilan/kapabilitas dirinya sendiri dengan matang. Namun, kenyataannya fungsi pendidikan sebagai sarana pembentukan karakter siswa belum sepenuhnya terlaksana atau belum optimal diterapkan di lingkungan pendidikan itu sendiri. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan instrumen wawancara yang disampaikan kepada siswa, guru kelas, dan kepala sekolah. Serta lembar observasi dalam mencatat hasil lapangan yang ditemukan peneliti. Data yang diperoleh peneliti analisis data model interaktif menurut Miles dan Huberman, data yang dikumpulkan kemudian direduksi sebelum disajikan sebagai data akhir, setelah data selesai dianalisis dapat ditarik kesimpulan sebagai hasil akhir.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program outbound yang terdiri dari kegiatan flying fox, fun games, dan life skill mampu menumbuhkan enam indikator karakter percaya diri, yaitu: yakin dengan kemampuan diri sendiri, optimis, bertanggung jawab, rasional, berani, dan objektif. Secara keseluruhan, dari 17 siswa yang diamati, sebagian besar memperoleh penilaian tertinggi mencapai 4,5. dengan predikat “baik” hingga “sangat baik” dalam indikator kepercayaan diri. Hal ini menunjukkan bahwa program outbound efektif dalam membentuk karakter percaya diri siswa melalui pengalaman langsung yang menyenangkan dan bermakna program outbound ini efektif dalam membentuk karakter percaya diri siswa melalui kegiatan pilihan yang sudah disesuaikan oleh pihak sekolah.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Aminuriyah, S., Suyitno, Wulandari, M. D., & Darsinah. (2022). Upaya Guru Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Full Day School Di Sdit Nur Hidayah Surakarta. Jurnal Humaniora, 09(03), 147–217.
Bachtiar, A. (2020). Obat Minder: Rahasia Menjadi Pribadi Percaya Diri, Berani Tampil Beda dan Dikagumi (1st ed.). Araska Publisher.
Febriana, B. (2017). Penurunan Kecemasan Remaja Korban Bullying Melalui Terapi Kognitif. Indonesian Journal of Nursing Practices, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.18196/ijnp.1255
Fitria, T. N. (2022). Hard Skill and Soft Skill Training Through Outbound Game for Children in TPQ Nurul Qoryah Mulur Sukoharjo. Jurnal Humanities Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–8.
Hakim, A. R., & Kumala, F. N. (2016). Pengembangan Karakter Melalui Kegiatan Outbound. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(2), 173–182. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK
Ibrahim, M. A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Panduan Penelitian Beserta Contoh Proposal Kualitatif (2nd ed.). ALFABETA.
Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/73
Karisma, I. K. E., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458
Kurnianingrum, T. P. (2023). Darurat Kasus Perundungan Anak Di Dunia Pendidikan Indonesia. Bidang Kesejahteraan Rakyat, 15(19), 21–25.
Lisnawati, A., Auliadi, Adhari, F. N., Hanipah, R., & Rostika, D. (2023). Problematika Sarana Prasarana dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 30987–30993.
Marsudi, K. E. R., Khoiruddin, D. F. R., Khusna, N., & Laela, R. Y. (2024). Pembentukan Karakter Dan Emosional Siswa Melalui Kegiatan Outbound Di SDN 5 Sawoo. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4, 118–125.
Muslihan, M., & Akbar, L. A. (2020). Pengembangan Permainan Outbound untuk Mendorong Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Siswa PAUD Sayang Anak Kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 12(2), 54–82.
Novisantriani, D. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Outbound Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas II DI MI NW Badrussalam Sekarbela Mataram Tahun Ajaran 2019/2020. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Puspitasari, R., Basori, M., & Aka, K. A. (2022). Studi Kasus Rasa Kurang Percaya Diri Siswa Kelas Tinggi SDN 3 Tanjungtani Pada Saat Menyampaikan Argumennya Di Kelas dan Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 325–335. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.738
Ragil, Y. A., & Putra, D. A. (2023). Implementasi Kegiatan Outbound Dalam Pembentukan Kepercayaan Diri Anak Usia 5 – 6 Tahun. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 173. https://doi.org/10.24853/yby.7.2.173-182
Rahmawati, D., Putra, A., & Nurhayati, S. (2023). Peran Outbound dalam Merangsang Kreativitas dan Inovasi: Studi pada Industri Kreatif. Jurnal Inovasi Bisnis, 12(2), 178–193.
Sabela, A., & Komariah. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Outbound Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial. Journal of Counseling and Education, 1(1), 24–31. https://doi.org/10.32923/ijoce.v1i1.1151
Safarudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.
Salamah, H. N. (2018). Upaya Pembimbing Dalam Membentuk Sikap Optimisme Remaja Di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Purwokerto. UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
Sarifah. (2022). Penerapan Metode Outbound Terhadap Peningkatan Kemampuan Bersosialisasi Anak Pada Paud Insan Rabbani Desa Soki Kecamatan Belo Kabupaten Bima. UIN Alauddin Makassar.
Sumantri, M. S. (2007). Pengembangan Keterampilan Hidup (Life Skills) Di Sd & Implikasinya Di Pgsd. Perspektif Ilmu Pendidikan, 15(VIII), 51–56. https://doi.org/10.21009/pip.151.8
Triyani, E., Busyairi, A., & Ansori, I. (2020). Penanaman Sikap Tanggung Jawab Melalui Pembiasaan Apel Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas Iii. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 150–154.
Ubaidillah, F. M. (2018). Pendidikan Karakter dan Hal-Hal yang Belum Selesai. CNN Indonesia, 1.
Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 210–219. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646
Vilmala, B. K., Hudi, I., Firdaus, R., Nurlatifah, W. Y., Rini, S. P., & Sunanto. (2020). Optimalisasi Leadership dan Sarana Belajar Sebagai Pilar Pendidikan Sekolah Alam Melalui Inisiasi Outbound di Sekolah Alam Rumbai Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(1), 17–24. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i1.1647
Wisman, Y., & Cukei. (2020). Strategi Dan Model Pendekatan Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(2), 264–269. https://doi.org/https://doi.org/10.37304/jikt.v11i2.93
Yin, R. K. (2018). Case Study Research And Applications Design and Methods (6th ed.). SAGE Publications.
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i2.30942
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Amiladini Nurmaulida, Oki Suprianto, Firman Robiansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: