Implementasi Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik pada Pelajaran IPA di SMP

Khoirun Nisak, Meldi Putri Utami, Supeno Supeno, Dewi Novi Wardani

Abstract


Abstract: This research is motivated by the importance of oral and written communication skills as part of 21st century skills that need to be developed early in the learning process, especially in science subjects that demand critical thinking skills and cooperation. Therefore, this study aims to improve students' oral and written communication skills through the application of the Problem-Based Learning (PBL) model in science subjects. The research was conducted as a collaborative Classroom Action Research (PTK) in class VII C SMP Negeri 11 Jember for two cycles. Data were obtained through observation of students' communication activities and analysis of students' worksheets (LKPD), which included rubrics for assessing oral and written communication skills. Data analysis techniques were carried out through data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results showed that the average percentage of learner communication skills indicators increased from 66% in the pre-cycle to 83% in cycle II. This increase was supported by the application of PBL combined with the Teaching at the Right Level (TaRL) approach. These results indicate that problem-based learning designed in a differentiated and contextual manner can optimally develop learners' communication skills.

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keterampilan komunikasi lisan dan tulisan sebagai bagian dari kecakapan abad 21 yang perlu dikembangkan sejak dini dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPA yang menuntut keterampilan berpikir krtisis dan kerja sama. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan peserta didik melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPA. Penelitian dilaksanakan sebagai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif di kelas VII C SMP Negeri 11 Jember selama dua siklus. Data diperoleh melalui aktivitas komunikasi peserta didik dan analisis lembar kerja peserta didik (LKPD), yang mencakup rubrik penilaian keterampilan komunikasi lisan dan tulisan. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase indikator keterampilan komunikasi peserta didik meningkat dari 66% pada pra siklus menjadi 83% pada siklus II. Peningkatan ini didukung oleh penerapan PBL yang dipadukan dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL). Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah yang dirancang secara diferensiasi dan kontekstual dapat mengembangkan keterampilan komunikasi peserta didik secara optimal.

 


Keywords


Problem-based learning; Teaching at The Right Level; Communication skills.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Anggraeni, P. D., & Habiddin, H. (2025). Studi Literatur Peningkatan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa melalui Pendekatan TaRL pada Pembelajaran IPA. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 5(4), 15–27.

Ariyanti. (2020). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning Berbasis Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 3(1), 33–45.

Awaliah, N. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi, 8(1), 45–55.

Cahyono, S. D. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level (TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan KD. 3.2 /4.2 Topik Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12407–12418.

Choirunnisa, E. L. S., Arara, F. B., Arswida, F., Saputra, R. A., & Suryanda, A. (2023). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi Siswa. Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi, 2(4), 1112–1118.

Daruhadi, G., & Sopiati, P. (2024). Pengumpulan Data Penelitian. Jurnal Cendikia Ilmiah, 3(5), 5423–5443.

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69.

Emilia, R., Nada, A. Q., Vionetta, S. A., & Zulfahmi, M. N. (2025). Pola Komunikasi Siswa dengan Guru dalam Menciptakan Suasana Belajar Akademik yang Kondusif. Jurnal Nakula, 3(1), 282–291.

Hamsina, S., Bahri, A., & Supriadi. (2023). Menumbuhkan Keterampilan Berkomunikasi Abad 21 Dengan Menggunakan Model Talking Chip Kantong Ajaib Doraemon Di MTs Negeri Barru. Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM, 164–180.

Hartiyaningsih, A., Mulyaningrum Retno, Ek., & Setiyono, R. (2024). Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Komunikasi dan Kolaborasi Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 2(1), 31–43.

Hidayati, M., Junaidi, E., & Martini, H. (2024). Improving Learning Engagement through the Implementation of Problem-Based Learning (PBL) Model with a Culturally Responsive Teaching (CRT) Approach and Homogeneous Group Discussions. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan, 2(2), 37–43.

Ilham, M. A. (2025). Problem Based Learning (PBL) Learning Model to Improve Civic Education (PKN) Learning Outcomes of Elementary School Students. International Journal of Students Education, 3(1), 626–629.

Janah, A. F., Yulianti, D., & Purnomo, H. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Strategi TaRL untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(3), 158–164.

Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal PTK dan Pendidikan, 9(1), 59–73.

Khoirudin, Subando, J., & Fatimah, M. (2024). Improving Student Social Interaction Ability Using Problem Based Learning ( Pbl ) Methods in Aqidah Ahlak Courses At Min 10 Boyolali Academic Year 2022/2023. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 10(1), 111–118.

Muhammad Rafik, Vini Putri Febrianti, Afifah Nurhasanah, & Siti Nurdianti Muhajir. (2022). Telaah Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kreativitas Siswa Guna Mendukung Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 5(1), 80–85.

Mukhlisin, L., Waluyo, E., & Murcahyanto, H. (2025). Problem-Based Learning (PBL) sebagai Metode Pembelajaran dalam Mengasah Komunikasi dan Pemikiran Kritis. Journal of Education and Instruction, 8(1), 107–116.

Nafhah, A., & Hanafi, I. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Program Layanan Sistem Kredit Semester. Edu Consilium, 1(2), 48–59.

Nasihah, E. D., Supeno, S., & Lesmono, A. D. (2020). Pengaruh Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 44–57.

Nisa, M., Rahayu, P. N., & Rusilowati, A. (2024). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik di SMP Negeri 24 Semarang melalui Model Problem Based Learning ( PBL ). Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas, 1054–1062.

Novitasari, L. L. A., Suryanti, S., & Dwikoraingsih, D. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis dan Lisan Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Metode Diskusi. Proceeding International Conference on Lesson Study, 1(1), 485–501.

Nurfadilah, A., Saenab, S., & Timung, H. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level dalam Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik Kelas IX . 8 SMPN 3 Makassar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 1374–1381.

Oktaviyana, A. (2024). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Untuk Menghadapi Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Research Student, 3(1), 823–828.

Pratiwi, D. I., Kamilasari, N. W., Nuri, D., & Supeno, S. (2019). Analisis Keterampilan Bertanya pada Pembelajaran IPA Materi Suhu dan Kalor dengan Model Problem Based Learning di SMP Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 222–308.

Pratiwi, E. A., Witono, A. H., & Jaelani, A. K. (2022). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SDN 32 Cakranegara Kecamatan Sandubaya Kota Mataram Tahun Ajaran 2021 / 2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1639–1646.

Purba, P. A., Warsodirejo, P. P., & Tanty, H. (2024). Menjembatani Kesenjangan Pembelajaran : Eksplorasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) - Konsep, Praktik, dan Tantangan. Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M, 149–158.

Risandy, L. A., Sholikhah, S., Ferryka, P. Z., & Putri, A. F. (2023). Penerapan Model Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Kajian dan Penelitian Umum, 1(4), 95–105.

Wati, M. Y., Maulidia, I. A., Irnawati, & Supeno, S. (2019). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas VII SMPN 2 Jember dalam Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning pada Materi Kalor dan Perubahannya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 275–280.

Zainuddin, M. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA Islam Plus Amali. Jurnal Biologi Kontekstual, 3(September), 69–74.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i2.31057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Khoirun Nisak, Meldi Putri Utami, Supeno, Dewi Novi Wardani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: