Peran Organisasi Siswa Intra Sekolah dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa MTs Kabupaten Cirebon
Abstract
Abstract: As a formal educational institution, schools have a responsibility not only for academic achievement but also for character development in students. In line with this, this study aims to analyze the role of the Intra-School Student Organization (OSIS) in shaping students' discipline at MTs Bina Cendekia in Cirebon Regency. The background of this research is the importance of character education in schools, particularly thru activities carried out by OSIS as a platform for student character development. This research method uses a descriptive qualitative approach with data collection techniques including observation, interviews, and documentation. The research subjects were 11 people consisting of the Head of the Madrasah, the OSIS Advisor, the OSIS Chairman and Officers, and non-OSIS students. Data was collected thru interviews, observation, and documentation, then analyzed using qualitative data analysis techniques including data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The research results indicate that OSIS plays a significant role in instilling discipline thru work programs designed and implemented jointly with the school administration. The implementation of the OSIS program has a positive impact on student discipline, which is reflected in increased student participation and awareness in various activities. Student responses, including active participation, suggestions, and criticisms, serve as evaluation material for development.
Abstrak: Sebagai lembaga pendidikan formal, sekolah memiliki tanggung jawab tidak hanya dalam pencapaian aspek akademik, tetapi juga dalam pembentukan karakter peserta didik. Sejalan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dalam membentuk karakter disiplin siswa di MTs Bina Cendekia Kabupaten Cirebon. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pendidikan karakter di sekolah, khususnya melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan OSIS sebagai wadah pengembangan karakter siswa. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 11 orang yang terdiri atas Kepala Madrasah, Pembina OSIS, Ketua dan Pengurus OSIS, serta siswa non-OSIS. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa OSIS memiliki peran signifikan dalam menanamkan disiplin melalui program-program kerja yang dirancang dan dilaksanakan bersama pihak sekolah. Implementasi program OSIS memberikan dampak positif terhadap kedisiplinan siswa, yang tercermin dari peningkatan partisipasi dan kesadaran siswa dalam berbagai kegiatan. Respon siswa berupa partisipasi aktif, saran, dan kritik menjadi bahan evaluasi dalam pengembangan program OSIS ke depan guna memperkuat pendidikan karakter di sekolah.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Ilmu. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
Alfansyur, A. &. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150.
Emil, N. (2023). Peran Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Siswa Di Mas Ddi Pattojo Kab. Soppeng. (Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin: Makassar).
Fadilah, Rabi’ah, Wahab Syakhirul Alim, Ainu Zumrudiana, Iin Widya Lestari, Achmad Baidawi, A. D. E. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis … Pendidikan Karakter Berbasis …. In Edukasi Islami (Vol. 3, Issue 2). 625 https://doi.org/10.47766/saree.v3i2.625.
Fatmawati, &. A. (2021). Stimulus Guru Dan Respon Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Tingkat Smp. Al Urwatul Wutsqa, 1(2), 13–26.
Faqihuddin, A. (2021). Building Character In Islamic Education Perspective. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 12(2), 372-382.
Hadi, S. (2012). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. 37 Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 74–79.
Hasyim, M. (2015). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Umar Baradja dan Relevansinya dengan Pendidikan Nasional. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 1(2), 151-169.
Heri, G. (2018). Pendidikan Karakter, Konsep Dan Implementasi. Bandung: Afabeta.
Inpres. (2016). Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Jakarta.
Magister, J. P. (2018). . (2018). Budaya Organisasi Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Pada Sma Negeri 1 Kota Lhokseumawe. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 6(4), 441241.
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151.
Moleong. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pt Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, H.E. (2015). Revolusi Mental dalam Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda karya.
Ngaba, A. L., & Taunu, E. S. H. (2021). Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sma Negeri. Satya Widya, 36(2), 125–132. https://doi.org/10.24246/j.sw.2020.v36.i2.p125-132
Ningrum, R. W. (2020). Analisis karakter disiplin dan tanggung jawab siswa sekolah dasar pada masa pembelajaran daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3062-3071.
Ode, L. (2020). Osis Sebagai Wadah Siswa Penggerak. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun (2008), Tentang Pembinaan Kesiswaan
Prawiyogi, A. G. (2021). Penggunaan media big book untuk menumbuhkan minat membaca di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446-452.
Saadah, M. P. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54–64.
Sauzin, J., Al, I., & Tuban, H. (2023). Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Dalam Membentuk Karakter Siswa Siswi Di Ma Bahrul Ulum. Journal of Islamic Education Management, 1(2), 62361. https://journal.iaialhikmahtuban.ac.id/index.php/tadbir
Sugiarto, A. P. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Metods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, Cv.
Sukiyat, P. D. (2020). Strategi Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: Cv Jakad Media Publishin.
Ujud, S. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–34.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i3.31458
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Rahma Indriani, Asep Mulyana, Apriyanda Kusuma Wijaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: