Bentuk Moralitas Keagamaan di SMK Islam Terpadu Ma’arif NU Karanglewas Kabupaten Banyumas

Farah Arifatul Hasna, Kurnia Sari Wiwaha

Abstract


Abstract: Religious morality is essential in forming student character, especially in a religious-based educational environment. Discussions of human morality in this development often fluctuate, reflecting the ongoing changes that stem from the social order of society or the influence of the times. This study aims to describe the role of SMK Islam Terpadu (IT) Ma'arif NU Karanglewas in shaping students' religious morality and to understand the current state of students' religious morality at the school. This research is a qualitative study using a field research approach, with data obtained through interviews with teachers and students of SMK IT Ma'arif NU Karanglewas, documentation, and direct observation. Thomas Lickona proposed the theory of morality to examine the nature and development of students' morality. Fazlur Rahman developed the theory of religious morality to understand the limits of religious moral values. The results of the study indicate that schools have a significant role through integrated educational programs and religious activities, including the habituation of religious activities, instilling a sense of ta'ẓim, religious literacy such as tawasul, surah Al-Fatiha, Ar-Rahman, Al-Waqi'ah, prayers before studying, Asmaul Husna, sholawat, and annual activities such as Maulid Nabi, Pondok Ramadan, Khotmil Qur'an, distribution of zakat fitrah/qurban. Students' religious morality demonstrates positive development in applying daily religious values, as reflected in their religious attitudes, empathy, and responsibility. The school also emphasizes instilling noble morals such as politeness and polite speech. Thus, students' religious morality in this school shows positive development supported by a conducive educational environment and targeted guidance.

Abstrak: Moralitas keagamaan merupakan aspek penting dalam pembentukan karakter siswa, terutamanya di lingkungan pendidikan berbasis agama. Pembahasan moral manusia dalam perkembangan ini banyak terjadi naik turun, seiring dengan berlangsungnya perubahan mulai dari tatanan social Masyarakat atau pengaruh zaman. Tujuan daripada kajian ini untuk mendeskripsikan peran SMK Islam Terpadu (IT) Ma'arif NU Karanglewas dalam membentuk moralitas keagamaan siswa, serta untuk memahami kondisi moralitas keagamaan siswa di sekolah tersebut. Penelitian ini merepukan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan, dengan data yang diperoleh melalui wawancara kepada guru dan siswa SMK IT Ma'arif NU Karanglewas, dokumentasi dan observasi langsung. Teori moralitas yang dikemukakan oleh Thomas Lickona untuk menganalisis bentuk dan kondisi moral siswa, serta teori moralitas keagamaan dari Fazlur Rahman untuk memahami batasan nilai-nilai moral keagamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah memiliki peran signifikan melalui program pendidikan dan kegiatan keagamaan terintegrasi, termasuk pembiasaan kegiatan keagamaan, penanaman sikap ta'ẓim, literasi keagamaan seperti tawasul, surah Al-Fatihah, Ar-Rahman, Al-Waqi'ah, doa sebelum belajar, Asmaul Husna, sholawat, dan kegiatan tahunan yaitu Maulid Nabi, Pondok Ramadan, Khotmil Qur'an, pembagian zakat fitrah/qurban. Moralitas keagamaan siswa menunjukkan perkembangan positif dalam penerapan nilai agama sehari-hari, tercermin dalam sikap religius, empati, dan tanggung jawab. Sekolah juga menekankan penanaman akhlak mulia seperti kesopanan, bertutur kata santun. Sehingga, moralitas keagamaan siswa di sekolah ini menunjukkan perkembangan positif yang didukung oleh lingkungan pendidikan yang kondusif dan pembinaan yang terarah.


Keywords


Religious Morality; Students; Education of Morality; Form of Morality.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


AdoRusli., Tang, M., & Sakkirang Mappatunrulph, R. (2024). Keteladanan Guru dan Moralitas Peserta Didik Studi Guru Pendidikan Agama ISlam di Sekolah enengah Pertama Islam Terpadu Insan Cendekia Makassar. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 4(4), 472–485.

Alkhasanah, N. (2023). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 355–365. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1271

Annisa. (2024). Pendidikan Karakter Persepektif Thomas Lickona (Analisis Nilai Islami Dalam Buku Educating for Character). El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 102–115. https://doi.org/10.51311/el-madib.v4i1.611

Arifin, Z. (2022). Implementasi nilai‑nilai pendidikan akhlak dalam perspektif Al‑Qur’an dan relevansinya dengan UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003. Elmoona, 3(1), 15–30.

Azizah, U. N. (2024). Pendidikan Karakter dan Kedalaman Moral Perspektif Lichona dan Kohlberg. Journal of Education and Religious Studies (JERS), 04(02), 60–68.

Cappelen, A. W., Falch, R., Sørensen, E. Ø., & Tungodden, B. (2020). Since January 2020 Elsevier has created a COVID-19 resource centre with free information in English and Mandarin on the novel coronavirus COVID- 19 . The COVID-19 resource centre is hosted on Elsevier Connect , the company ’ s public news and information . January.

Chastanti, I. (2019). Pendidikan Karakter Pada Aspek Moral Knowing Tentang Narkotika Pada Siswa Menengah Pertama. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(1), 26–37. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i1.994

Fitria, N. (2017). Konsep Pendidikan Karakter Menurut Thomas Lickona dan Yusuf Qardhawi (Studi Komparatif tentang Metode, Strategi dan Konten). In Tesis (Vol. 34, Issue 11).

Fridani. (2014). Hakikat Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta : Deepuplish, 8.

Haerudin, D. A. (2025). Religious Education in Forming Student’s Character. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan ISlam, 14(1), 149–160.

Hidayat, O. S. (2021). Hakikat perkembangan anak usia dini. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PAUD410202-M1.pdf

Hohm, I., O’She, B. A., & Schaller, Ma. (2024). Do moral values change with the seasons? Psychological and Cognitive Sciences, 33(121). https://doi.org/https://doi.org/10.1073/pnas.2313428121

Magdalena, I. (2020). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Di Sd Negeri Cikokol 4. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(3), 439–452.

Maliti, T., Galarneau, E., & Peplak, J. (2021). Moral Development in Adolescence. Moral Development in Adolescence, 4, 1097–1113. https://doi.org/10.1111/jora.12639. PMID: 34820950.

Saiful. (2021). Pendidikan Karakter: Perspektif Al-Ghazali dan Thomas Lickona. Edukasi Islani : Jurnal Pendidikan Islam, 2013–2015.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (1st ed.). Afabeta.

Susanti, S. E. (2022). Pendidikan Karakter dalam Membangun Kecerdasan Moral bagi Anak Usia Dini Perspektif Thomas Lickona. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 3(1), 10–17. https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i1.3396

Suwandi, A. (2022). Pembinaan Akhlak dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMK Maarif NU 1 Semarang. UIN Walisongo Semarang.

Wamaungo, T. L. T. J. A. (2012). Mendidik Untuk Membentuk Karakter Judul Asli Educating for Character. PT Bumi Aksara.

Widyaningsih, L. (2020). Pembentukan KArakter Religius Siswa di SAM Ma’arif NU 1 Kemranjen Banyumas. UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Wawancara dengan Dina pada 20 November 2024 di SMK IT Ma'arif NU Karanglewas, di desa Babakan, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah.

Wawancara dengan Viana pada 20 November 2024 di SMK IT Ma'arif NU Karanglewas, di desa Babakan, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah.

Wawancara dengan Septi pada 22 November 2024 di SMK IT Ma'arif NU Karanglewas, di desa Babakan, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah.

Wawancara dengan Ulfa pada 20 November 2024 di SMK IT Ma'arif NU Karanglewas, di desa Babakan, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah.

Wawancara dengan Nadia pada 21 Januari 2025 di SMK IT Ma'arif NU Karanglewas, di desa Babakan, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah.

Wawancara dengan Anisa pada 22 Januari 2025 di SMK IT Ma'arif NU Karanglewas, di desa Babakan, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah.

Wawancara dengan Fazi pada 22 Januari 2025 di SMK IT Ma'arif NU Karanglewas, di desa Babakan, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah.

Wawancara dengan Linda pada 22 Januari 2025 di SMK IT Ma'arif NU Karanglewas, di desa Babakan, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah.

Wawancara dengan Titis pada 22 Januari 2025 di SMK IT Ma'arif NU Karanglewas, di desa Babakan, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah.

Wawancara dengan Yeni pada 22 Januari 2025 di SMK IT Ma'arif NU Karanglewas, di desa Babakan, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah.

Wawancara dengan Alfian pada 24 Januari 2025 di SMK IT Ma'arif NU Karanglewas, di desa Babakan, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i2.31550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Farah Arifatul Hasna, Kurnia Sari Wiwaha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: