Evaluasi Model Supervisi Berorientasi Hasil terhadap Capaian Kompetensi Siswa SMK
Abstract
Abstract: Result-oriented supervision is a strategic approach that needs to be evaluated for its effectiveness in improving the competence of vocational high school (SMK) students in accordance with industry demands. This study aims to evaluate the implementation of the result-oriented supervision model at SMKN 1 Kopang and to analyze its implications for improving student competencies. Using a qualitative approach with a case study method, data were collected through classroom observations, in-depth interviews with school leaders, teachers, and the supervision team, as well as documentation of teaching practices and student performance results. The research instruments included semi-structured interview guides, observation sheets for the supervision and teaching processes, and a competency achievement analysis format. Data analysis was conducted using a descriptive qualitative technique through the stages of data reduction, data display, and conclusion drawing. The results showed that structured and collaborative result-oriented supervision positively contributed to improving student competencies, especially in vocational programs that received intensive supervision. The implications of this study highlight the importance of strengthening result-based supervision systems in the quality management of vocational education and integrating supervision with outcome-based student evaluations.
Abstrak: Supervisi berorientasi hasil merupakan pendekatan strategis yang perlu dievaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan capaian kompetensi siswa SMK agar relevan dengan tuntutan dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi model supervisi berorientasi hasil di SMKN 1 Kopang serta menganalisis implikasinya terhadap peningkatan kompetensi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan tim supervisi, serta analisis dokumentasi pembelajaran dan hasil evaluasi siswa. Instrumen penelitian meliputi panduan wawancara semi-terstruktur, lembar observasi proses supervisi dan pembelajaran, serta format analisis capaian kompetensi siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi berorientasi hasil yang dilaksanakan secara terstruktur dan kolaboratif memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kompetensi siswa, khususnya pada program keahlian yang mendapat pembinaan intensif. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan sistem supervisi berbasis hasil dalam manajemen mutu pendidikan vokasi, serta perlunya integrasi antara proses supervisi dan evaluasi yang berorientasi pada capaian nyata siswa.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Akhmad, F. A. P., & Azzam, F. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI SD di Kecamatan Tambun Selatan. Parameter, 7(1), 26–40.
Ali, U. (2023). Upaya Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Dikelas Melalui Supervisi Berkala. Daskalos: Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 27–35.
Ariyanti, N., & Prasetyo, M. A. M. (2021). Evaluasi manajemen hubungan masyarakat dan sekolah (studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Purwodadi Pasuruan). Idarah: Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 5(2), 103–126.
Asiah, A. (2021). Manajemen Kemitraan SMK dengan Dunia Usaha dan Industri untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan SMK (Studi Kasus di SMKN 1 Cihampelas Kabupaten Bandung Barat). TSAQAFATUNA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 1–12.
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9.
Azwar Rahmat, M. Tp., Anwari, A. M., Fatimah, M. P., Fuadi, A., Pd, M., Sadiyah, H., Pd, M., Nur Kholik, M. S. I., Heriadi, S. P. I., Ulum, M., & others. (2021). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam. Edu Publisher.
Efendi, H. N. (2022). Supervisi Pendidikan Islam: Pembinaan Guru Menuju Profesional Dalam Pembelajaran. Garudhawaca.
Hanief, M. (2016). Menggagas teknik supervisi klinik sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 1(2).
Hassanah, I., Pratidina, I., Untari, S., Sumardjoko, B., & Ati, E. F. (2024). Peran Supervisi dalam Pelaksanaan Kurikulum untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2119–2130.
Herdiyana, H., & Rohendi, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Bandung Barat. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 3(1), 28–38.
Hermina, D., Mof, Y., & others. (2024). Supervisi Sebagai Pendekatan Kolaboratif Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Studi Multidisipliner, 8(12).
Ixtiarto, B. (2016). Kemitraan sekolah menengah kejuruan dengan dunia usaha dan dunia industri (Kajian aspek penhgelolaan pada SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 57–69.
Maria, E., & Sediyono, E. (2017). Pengembangan model manajemen pembelajaran berbasis tik di sekolah dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 59–71.
Mulyanti, D. H. D., & Pd, M. (2024). Manajemen Pembaharuan Kurikulum. Bandung: CV. Kimfa Mandiri.
Nadzifah, A., Prawansyah, P., & others. (2025). Peran Kepala Sekolah Dalam Pendampingan Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMKN 1 Karimunjawa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 278–292.
Oka, I. G. A. A. M., Danim, S., Sasongko, R. N., & others. (2025). Optimalisasi Program On The Job Training (OJT) dalam Pendidikan Vokasi Teknik Navigasi Udara. Indonesia Emas Group.
Pallawagau, M., Prihatin, T., & Suminar, T. (2017). Pengembangan model supervisi akademik dengan mentoring method dalam pembelajaran yang mendidik pada SMK di Kabupaten Kupang. Educational Management, 6(1), 9–19.
Panji, A. L., Bahrani, B., & Sudadi, S. (2023). Supervisi Akademis oleh Kepala Sekolah terhadap Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 009 Penajam Kab. Penajam Paser Utara.
Pramiyati, T., Jayanta, J., & Yulnelly, Y. (2017). Peran data primer pada pembentukan skema konseptual yang faktual (studi kasus: skema konseptual basisdata simbumil). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 679–686.
Rahmawati, R., Noor, M., & others. (2022). PENGARUH BUDAYA KERJA DAN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP PROFESIONALISME GURU SMK. POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 2(2), 191–202.
Sari, R. N., Wihardjo, E., Andriani, N., Tebai, N., Sariwardani, A., Rosadi, T., Putri, D. A. A., Fadli, M., Supangat, S., & Ratnasari, T. (2025). Manajemen pendidikan. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.
Setiawan, H. R. (2021). Manajemen Peserta Didik:(Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan (Vol. 1). umsu press.
Siswanto, E., Hidayati, L., & others. (2021). SUPERVISI PENDIDIKAN,“Menjadi Supervisor yang Ideal.” Unnes Press.
Sunaedi, A., & Rudji, H. (2023). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri Tolitoli. Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL), 3(02), 1–17.
Susanto, D., Ardiansyah, S. P., Pd, M. S., Kom, M., Hasibuan, M. P. H., Sos, S., Pertiwi, G. R., Kurniati, D., Suriani, N., Syahrizal, H., & others. (2023). Administrasi Dan Supervisi Pendidikan Islam. PT Salim Media Indonesia.
Triwiyanto, T. (2022). Manajemen kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.
Wibawani, E., Ysh, A. Y. S., & Maryanto, M. (2024). Pengaruh kompetensi guru dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru kompetensi keahlian akuntansi dan keuangan lembaga di SMK Kabupaten Jepara. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 5(1), 278–286.
Wicaksono, M. A., Salsabila, K. N., Salsabila, Z., & others. (2025). Curriculum implementation in accounting major at SMK Pajajaran Bandung. Hipkin Journal of Educational Research, 2(1), 1–22.
Yunus, M., Mardiah, A., & others. (2025). Peran Supervisi Klinis Kepala Sekolah dalam Peningkatan Profesionalisme Guru di SMKN 3 Tanjungpinang. Journal of Education and Culture, 5(1), 26–33.
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i2.31562
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Lalu Mohamad Zaki Hardi, Sari Kurniawati, Badrun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: