Pancasila As a Progressive Spirit of Character Development: Generation Z

Muhammad Irwawan Siswantoro, Danan Tricahyono

Abstract


Abstract: Generation Z faces the challenge posed by the diminishing significance of Pancasila values in defining the nation's identity. This article aims to examine the importance of Pancasila as a progressive spirit in shaping the character of the Indonesian nation based on Pancasila values. This study employs a qualitative methodology that focuses on literature review research. We collect data and information from articles, journals, and other primary and secondary data sources. The results of his research outline the values of each Pancasila precept and its relevance in the life of the nation and state, emphasizing the importance of respect for plurality, justice, unity, democracy, and social equality. Pancasila's progressive spirit plays a role in forming a tough, nationalist, and fair generation Z, with the aim of creating a national character based on Pancasila's values. This research has contributed to making Pancasila a value that lives in the joints of Generation Z's lives of Generation Z.

Abstrak: Generazi Z menghadapi tantangan lunturnya nilai-nilai Pancasila sebagai kepribadian bangsa. Artikel ini memiliki tujuan mengkaji pentingnya Pancasila sebagai roh progresif dalam membentuk karakter bangsa Indonesia yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka. Data dan informasi dikumpulkan dari artikel, jurnal, dan sumber data lainnya, baik primer maupun sekunder. Hasil penelitiannya menguraikan nilai-nilai setiap sila Pancasila dan relevansinya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, menekankan pentingnya penghormatan terhadap pluralitas, keadilan, persatuan, demokrasi, dan pemerataan sosial. Pancasila sebagai roh progresif berperan untuk membentuk generasi Z yang tangguh, nasionalis, dan berkeadilan, dengan tujuan menciptakan karakter bangsa yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini memiliki kontribusi untuk menjadikan Pancasila sebagai nilai yang hidup dalam sendi-sendi kehidupan generazi Z.


Keywords


Pancasila; Progressive Spririt; Generation Z.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Adelia Yusnita, Emilia Susanti, Salsabila Novita Sari, Putri Yulianisa, Tiara Anggraini, & Sari Wahyuni Siregar. (2024). Membentuk Karakter Pancasila di Era Generasi Z. Aktivisme: Jurnal Ilmu Pendidikan, Politik Dan Sosial Indonesia, 1(3), 246–257. https://doi.org/10.62383/aktivisme.v1i3.359

Alam, B. N., & Timur, C. (2023). Peran Generasi Bangsa Dalam Mempertahankan Ideologi Pancasila Ditengah Gempuran Masuknya Budaya Asing Ke Indonesia. UNES Journal of Social and Economics Review (UNESREV), 6(2), 4834–4842. https://review-unes.com/https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Alamin, N. S., Sari, I. L., Hidayahsyah, N., & Gontor, U. D. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Religiusitas Dalam Pendidikan Karakter Bagi Generasi Milenial Sebagai Solusi Tanggap Terhadap Tantangan Kompleks Era VUCA. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 139–148.

An’Umillah, A. N., . S., & Nugraha, D. M. (2021). Pentingnya Peran Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Karakter Remaja Pada Era Globalisasi Dan Disrupsi. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 6(1), 35–41. https://doi.org/10.15294/harmony.v6i1.46697

Anonim. (2021). Krisis Keteladanan Kepemimpinan. https://www.baktinusa.id/krisis-keteladanan-pemimpin/

Antari, L. P. S. A., & Liska, L. de. (2020). Implementas Nilai-Nilai Pancasila dalam Penguatan Karakter Bangsa. Jurnal Widyadari, 21(2), halaman 676-687. https://doi.org/10.5281/zenodo.4049444

Arafat, Y. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Pancasila pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 111–122. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.47

Asril, Jaenam, Syahrizal, Armalena, & Yuherman. (2023). Peningkatan Nilai-Nilai Demokrasi dan Nasionalisme Pada Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1300–1309. https://jim.usk.ac.id/sejarah

Creswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Traditions Approaches (2nd ed.). Sage Publications, Inc.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research (Fourth). Pearson Education, Inc.

Dewi, N. N. (2024). Pentingnya Menjaga Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat bagi Generasi Z. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 63–68. https://doi.org/10.56393/decive.v4i2.2071

Fajriadi, A. I., Mardianti, D. L., & Rohmawati, Y. (2025). Deretan Kasus Pencabulan di Pondok Pesantren, Terbaru di Tulungagung. https://www.tempo.co/hukum/deretan-kasus-pencabulan-di-pondok-pesantren-terbaru-di-tulungagung-1234735

Fanggidae, E., Pratama, F. H., Wardhani, R. R. W. A., & Rachman, T. (2021). Strategi Keluarga dalam Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila untuk Membentuk Kepribadian Anak Melalui Keteladanan. Prosiding EMAS: Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan, 1(1), 199–208. https://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/emas199

Haq, R. (2022). Pancasila sebagai Ideologi dan Karakteristik Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia. Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 52–56. https://doi.org/10.56393/didactica.v2i2.1149

Hariyadi, A., Jenuri, J., Darmawan, D., Suwarma, D. M., & Pramono, S. A. (2023). Building of the Pancasila Character with Religious Harmony in the Globalization Era. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 2126–2133. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.3208

Indzarkholifah, A. (2023). Degradasi Moral Remaja Yang Semakin Mengkhawatirkan di Era Digital. https://www.kompasiana.com/ananda1307/646cd1434addee6585245542/degradasi-moral-remaja-yang-semakin-mengkhawatirkan-di-era-digital

Iskandar, S. (2022). Pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter Pancasila Bagi Generasi Muda dalam Mengatasi Degradasi Moral. Jurnal Pembumian Pancasila, 2(2), 104–112. https://jurnalpembumianpancasila.id/index.php/jpp/article/view/36

Istianah, A., & Susanti, R. P. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pelajar Pancasila. Gatra Nusantara, 19(2), 202–207.

Latif, Y. (2018a). Identitas Keindonesiaan dan Aktualisasi Pancasila bagi Generasi Millenial di Era Digital. Kajian Lemhanas RI, 33(Maret), 5–19.

Latif, Y. (2018b). Wawasan Pancasila : bintang penuntun untuk pembudayaan. Mizan.

Latif, Y. (2021). Pendidikan yang Berkebudayaan (A. Tarigan (ed.)). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Nida Ulfadilah, & Setiasih, O. (2024). Kegiatan Jurnal Pagi Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Pra Literasi Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 351–358. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.1062

Nursyamsiah, N., Maulani, H., Sauri, S., ’Ali, M., & Supriadi, R. (2023). Education Of Student Character Value On Religious And Cultural Diversity Students’ Multicultural Class Program Darma Bakti Karya Pangandaran Foundation. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 15(1), 11–21. https://doi.org/10.24114/jupiis.v15i1.35946

Prajabti, A., Kien, X. H. D., & Ridho, M. R. (2022). Hedonism in the Young Generation: The Challenge of Pancasila Moral Education. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 4(2), 141–158. https://doi.org/10.15294/panjar.v4i2.55040

Revalina, A., Moeis, I., & Indrawadi, J. (2023). Degradasi Moral Siswa-Siswi Dalam Penerapan Nilai Pancasila Ditinjau Dari Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1). https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8278

Saputra, A. G., Juliansyah, S. C., & Athayla, S. (2023). Pendidikan Pancasila dalam Era Multikulturalisme: Membangun Toleransi dan Menghargai Keberagaman. Advances In Social Humanities Research, 1(5), 573–580. https://adshr.org/index.php/vo/article/view/73

Setiawati, N. P. A., Wedakarna MWS, S. I. A., Sudiarkajaya, I. M., & Kurniawan, I. G. S. (2024). Pembentukan Karakter Berbasis Nilai Nilai Pancasila Pada Generasi Z Dari Perspektif Collaborative Governance. Jurnal Ilmiah Cakrawarti, 7(2), 105–113. https://doi.org/10.47532/jic.v7i2.1158

Siswantoro, M. I., Tricahyono, D., & Muna, R. N. (2024). Enkulturasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Proses Pembentukan Karakter Peserta Didik. Bhineka Tunggal Ika; …, 11(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jbti.v11i1.21

Sumarno. (2019). Pembelajaran Kompetensi Abad 21 Menghadapi Era Society. Penguatan Pendidikan & Kebudayaan Untuk Menyongsong Society 5.0, 272–287.

Suntara, R. A., Satrio, N., & Asista, A. (2024). Penguatan Nasionalisme Generasi Z pada Era Disrupsi sebagai Upaya Peningkatan Nilai-Nilai Karakter Bangsa di SMA Negeri 1 Kelapa Kabupaten Bangka Barat. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 74–40. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v9i1.5792

Widiatmaka, P. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Ujung Tombak Pembangunan Karakter Pancasila Di Perguruan Tinggi. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 01(02), 176–185. https://doi.org/10.52738/pjk.v1i2.41




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i3.32183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Irwawan Siswantoro, Danan Tricahyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: