Efektifitas Media Pembelajaran Audio-Visual Berbasis Kinemaster pada Materi Muthala’ah Kelas 2 KMI di Pondok Modern
Abstract
Abstract: This study aims to determine the effectiveness of Kinemaster-based audiovisual media on the learning outcomes of Muthala’ah material among second-grade students at Pondok Modern Arrisalah, Slahung, Ponorogo. The method used was an experimental design with a pretest-posttest control group. The research instruments included observation, interviews, questionnaires, tests, and documentation. The normality test was conducted using the Liliefors test at a 5% significance level (L table = 0.19). The results showed that the L count for the control group (0.14) and the experimental group (0.15) was smaller than the L table, indicating that the data from both groups were normally distributed. In addition, the homogeneity test used the F-test with a 5% significance level (F table = 2.16). The result showed that F count = 0.23 and F table = 2.16; since F count is smaller than F table, the data from the control and experimental groups are considered homogeneous. The t-test analysis showed a significant difference in learning outcomes between the experimental and control groups, with average scores of 7.5 and 6.45, respectively. The hypothesis test yielded a significance value (Sig. 2-tailed) of 0.02 < 0.05, thus H₀ is rejected and Hₐ is accepted. Therefore, the use of Kinemaster-based audiovisual learning media is effective in improving students' learning outcomes in Muthala’ah at Pondok Modern Arrisalah.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media audiovisual berbasis Kinemaster terhadap hasil belajar materi Muthala’ah siswa kelas 2 di Pondok Modern Arrisalah, Slahung, Ponorogo. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Instrumen penelitian meliputi observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Uji normalitas dilakukan menggunakan uji Liliefors pada taraf signifikansi 5% (L tabel = 0,19). Hasil menunjukkan bahwa nilai L hitung pada kelompok kontrol (0,14) dan eksperimen (0,15) lebih kecil dari L tabel, sehingga data kedua kelompok berdistribusi normal. Selain itu, untuk uji homogenitas peneliti menggunakan uji F dengan batas signifikansi 5% (F tabel = 2,16). Diperoleh F hitung = 0,23 dan F tabel = 2,16. Karena F hitung lebih kecil dari F tabel, maka kelompok kontrol dan kelompok eksperimen homogen. Hasil analisis menggunakan uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelompok eksperimen dan kontrol, dengan nilai rata-rata masing-masing 7,5 dan 6,45. Uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,02 < 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran audiovisual berbasis Kinemaster efektif dalam meningkatkan hasil belajar Muthala’ah siswa di Pondok Modern Arrisalah.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Andrasari, N. A. (2022). Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kinemaster Bagi Guru Sd. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1), 36–44.
Asep Karta Subagya. (2024). Wawancara Faktor Penyebab Menurunya Nilai Siswa. Ponorogo.
Astuti, Y., & Nurhafizah, N. (2023). Pengembangan Kemampuan Sains Anak melalui Metode Eksperimen di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5329–5342. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5247
Ema Chintya Permatasari, Arif Hermawan, Supriyadi, M. dan S. L. (2023). “Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Kinemaster Bermuatan STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Suhu dan Kalor.” Unnes Physics Education Journal, 12(Vol 12 No 2 (2023): Agustus 2023), 127–137.
Haerudin, & Iyan Rosita Dewi Nur. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika Inferensial. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(3), 208–215. https://doi.org/10.46306/lb.v1i3.35
Indriasih, A. (2023). Pembelajaran Berbasis Kecakapan Hidup untuk Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia Dini di TK Prambatan Lor Kabupaten Kudus. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(3), 864–876. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i3.869
Ips, P., Kelas, T., Mts, V. I. I., Yusufiah, A., & Srirahayu, E. (2021). Efektivitas Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Terpadu Kelas Vii MTs. Al Yusufiah. 5(1).
Ishari, N., Putri, S. F., & Ibad, T. N. (2021). Eksploitasi Media Pembelajaran Aplikasi Kinemaster. Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.54471/nusantara.v1i1.12
Jelly Pratiwi. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berupa Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ips Di SMP. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3, 202–207.
Kosim, A. (2021). Penggunaan Media Visual Dalam Pembelajaran Muthola’ah Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Santri Kelas VIII SMPIT Kharisma Darussalam. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(2), 26–41. https://doi.org/10.52593/klm.02.2.02
Ramadhan, M. R., Dany Ferdian, N., & Pratama, M. R. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran dengan Video Based Learning pada Peserta Didik. Jurnal UPI (Inovasi Dan Kurikulum), 104–114. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK
Riniwanti, R., Nursalam, N., & Arifin, J. (2024). Pengembangan Media Audio Visual Interaktif Berbasis Kinemaster dalam Pembelajaran IPS pada Peserta Didik Kelas V UPTD SDN 14 Samanggi Kabupaten Maros. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 263–277. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.477
Rusmayadi, A. suci S. G., & Amalia, M. M. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif (Teori Dan Penerapan Praktis Analisis Data Berbasis Studi Kasus) (Efitra, ed.). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sa’adah, N., Kustati, M., & Amelia, R. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Menggunakan Aplikasi Kinemaster Pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Tsanawiyah. Qosim: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 2, 167–177.
Sakti, I., Idamayanti, R., & Agussalim, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Canva pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 3(2), 1. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v3i2.13288
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods) (Edisi 2, c). Bandung: Bandung : Alfabeta.
Wulandari, S., & Rahma, I. F. (2021). Efektivitas media video KineMaster terhadap hasil belajar matematika siswa secara daring Sri Wulandari, Indah Fitria Rahma. Jurnal Analisa, 7(1), 33–45. Retrieved from http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index
Zaki, M., & Saiman, S. (2021). Kajian tentang Perumusan Hipotesis Statistik Dalam Pengujian Hipotesis Penelitian. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2), 115–118. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i2.216
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i3.32314
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 M. Sujatmiko, Arip Rachman Ritonga, Faizah Kamila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: