Pendidikan Karakter di Indonesia: Analisis Sasaran dan Strategi Implementatif Abad 21
Abstract
Abstract: Education is the primary foundation for the holistic development of Indonesians. This article aims to identify the targets of character education in the context of the Indonesian nation in a more targeted manner. This study uses a qualitative approach based on literature review and analysis of character education policies in Indonesia. The results show that the targets of character education include not only students but also educators, parents, the community, leaders, the media, and the business world. Each group has a specific role in instilling character values in accordance with the values of Pancasila and the needs of the 21st century. These findings emphasize the importance of a collaborative, cross-sectoral approach in implementing sustainable and holistic education. This article provides contextual contributions to broaden understanding of multi-actor involvement in national character education.
Abstrak: Pendidikan karakter merupakan fondasi utama dalam pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi sasaran pendidikan karakter dalam konteks bangsa Indonesia secara lebih terarah. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi literatur dan analisis kebijakan pendidikan karakter di Indonesia. Hasil kajian menunjukkan bahwa sasaran pendidikan karakter mencakup tidak hanya peserta didik, tetapi juga pendidik, orang tua, masyarakat, pemimpin, media, dan dunia usaha. Setiap kelompok memiliki peran spesifik dalam menanamkan nilai-nilai karakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan kebutuhan abad ke-21. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan kolaboratif lintas sektor dalam pelaksanaan pendidikan karakter yang berkelanjutan dan holistik. Artikel ini memberikan kontribusi konseptual dalam memperluas pemahaman tentang keterlibatan multi-aktor dalam pendidikan karakter nasional.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Agustina, N. (2015). Penerapan Strategi Dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional “Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan Dan Pembelajaran., 99–113.
Anas, M., & Wardan, K. (2024). Strategi Pembelajaran Karakter dalam Keluarga: Membangun Landasan Moral Anak. Rayah Al-Islam, 8(4), 1934–1949. https://doi.org/10.37274/rais.v8i4.1132
Ardianti, D. A., Septikasari, R., & Kholidin, N. (2022). Strategi Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Siswa. FingeR: Journal of Elementary School, 1(2), 88–98.
Arifin, M. L., & Pitriyanita, E. (2022). Strategi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(01), 28–35. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i01.761
Aslan. (2017). Pendidikan Remaja Dalam Keluarga Di Desa Merabuan, Kalimantan Barat (Perspektif Pendidikan Agama Islam). Al-Banjari : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 16(1), 99. https://doi.org/10.18592/Al-Banjari.V16i1.1158
Aufa, A. A., Laela, U. N., & Qomariyah, S. N. L. (2022). Konsep, Strategi Dan Metode Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid 19. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 3(1), 80–94. https://doi.org/10.32665/alaufa.v3i1.1195
Aziz, A. (2022). Strategi Pendidikan Karakter di Era Media Sosial. In Tsamratul -Fikri (Vol. 16, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.36667/tf.v16i1.1349
Barus, C. S. . (2023). Pengantar Karakteristik Pendidik Dan Peserta Didik Abad-21. Dalam Karakteristik Peserta Didik. Get Press Indonesia.
Cintyani, M. A., Azma, K., Syairudin, M. A., & Zulfahmi, M. N. (2024). Strategi Pendidikan Karakter untuk Membentuk Sikap Tanggung Jawab Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3(1), 292–300, 3(1), 292–300. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/nakula.v3i1.1530
Fatmala, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Membangun Karakter Dan Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di SD., 599–611.
Fikri, S. H., Panji, W. R. W. R., & Fitriyah, E. L. (2023). Urgensi pelaksanaan pendidikan karakter yang terintegrasi: analisis kebijakan penguatan pendidikan karakter. Indonesian Journal of Educational Management and Leadership, 1(1), 45–56. https://doi.org/10.51214/ijemal.v1i1.485
Fiteriadi, R. (2024). Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Di Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu Al-Furqon. Juteq: Jurnal Teologi & Tafsir, 1(4), 152–161.
Guna, W. K. G., Yuwantiningrum, S. E., Firmansyah, Muh. Dzihab Aminudin S, & Aslan, A. (2024). Building Morality And Ethics Through Islamic Religious Education In Schools. IJGIE (International Journal of Graduate of Islamic Education), 5(1), 14–24. https://doi.org/10.37567/ijgie.v5i1.2685
Habibu, P. S., Wondal, R., & Alhadad, B. (2020). Kajian Strategi Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 117–127.
Hairiyanto, Sartika, E., Fransiska, F. W., & Aslan. (2024). Understanding The Students’ English Learning Achievement And Home Environment Supports During School Closure To Respond To Pandemic At Private Madrasah Tsanawiyahat-Takwa Sambas. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 2(4), 939–953.
Hidayat, M., & Subando, J. (2024). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Mencegah Degradasi Moral Siswa Pada Era Digital. Didaktika: Jurnal Kependidikan., 13(1), 522–533.
Imam Tabroni, Rendy Afrizal, Elsa Nurmawati, Siti Nurlatifah, & Siti Nurlatifah. (2021). Character Building: An Answer To The Worsening of Human Character? Soko Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 11–14. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v1i3.57
Kemendikbud. (2018). Permendikbud RI No 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2018_Nomor20.pdf
Langdale, P. (2022). Building a character in motion capture. In Performing for Motion Capture (pp. 95–116). Bloomsbury Publishing Plc. https://doi.org/10.5040/9781350211292.ch-005
Lee, J. (2022). Building Your Character. In A Practical Guide to Costumed Interpretation (pp. 24–39). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003260226-3
Leutscher, T. (2024). Building Character: Accelerating Character Education and Development. AERA 2024. https://doi.org/10.3102/IP.24.2109263
Lickona, T. (1991). Educating for Character. Bantam.
Masyitho, S. (2024). Pendidikan Karakter di Rumah: Bagaimana Orang Tua Mengintegrasikan Nilai-Nilai Moral. https://harapanibu.sch.id/pendidikan-karakter-di-rumah-bagaimana-orang-tua-mengintegrasikan-nilai-nilai-moral/
Merlin, B. (2023). ‘Building a Character’: Rehearsal Processes. In Acting (pp. 89–118). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003267270-5
Metcalf, E., & Heller, J. (2022). Building a Deliberate and Repeatable Program for Developing Leaders of Character. Journal of Character and Leadership Development, 10(1), 58–64. https://doi.org/10.58315/jcld.v10.252
Nurridawati. (2020). Building Character Of Students Through Indonesian Language And Literature Learning. https://doi.org/10.31227/osf.io/rtwm6
Pattiran, M., Songbes, A. M. H., Arrang, R., Herman, Vanchapo, A. R., & Muhammadong. (2024). Strategi Pendidikan Karakter: Membentuk Etika dan Nilai pada Generasi Muda. Journal on Education, 6(2), 11369–11376. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4933
PMK, K. (2023). Pendidikan Karakter Harus Dimulai Sedini Mungkin. https://www.kemenkopmk.go.id/pendidikan-karakter-harus-dimulai-sedini-mungkin
Purba, C., Sinaga, G., & Putra, K. R. (2024). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Didalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak-Anak Panti. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 4(1), 9–13. https://doi.org/10.58466/literasi.v4i1.1322
Rahmawati, S., Maulidia, M., & Imani, A. . (2024). Analisis Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Karakter Dan Akhlak Anak Di Dusun Rotonongo Desa Gerdu Kecamatan Karangpandan. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(1), 223–232. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i1.90
Rana, S. (2020). Building American Character. In Race Characters (pp. 119–151). University of North Carolina Press. https://doi.org/10.5149/northcarolina/9781469659473.003.0005
Sappaile, B. I., Prabawati, D., Yasin, M., Abeng, A. T., Nuridayanti, N., & Siyono, S. (2023). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Moda Daring. Journal on Education, 6(1), 2421–2431. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3264
Sholah, H. M., & Mawaddah, M. (2023). Analysis of Santriwatiâ€TMs Character Building in Miftahul Ulum Islamic Boarding School Sipring Pagelaran Based on 18 Character. Tafhim Al-’Ilmi, 14(2), 179–197. https://doi.org/10.37459/tafhim.v14i2.6407
Sitopu, J., Khairani, M., Roza, M., Judijanto, L., & Aslan, A. (2024). Pentingnya Integrasi Literasi Matematika Dalam Kurikulum Pendidikan Dasar: Tinjauan Pustaka. Jurnal Internasional Pengajaran Dan Pembelajaran, 2(1), 121–134.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. John Wiley & Sons.
Zulfahmi, N. (2024). 7 Macam Nama Generasi dan Tahunnya, serta Perbedaan Karakteristiknya. DetikEdu. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7349623/7-macam-namagenerasi-dan-tahunnya-serta-perbedaan-karakteristiknya
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i3.32362
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Zuli Nuraeni, Marzuki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: