Perubahan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia: Analisis Perubahan dan Tantangan

Andi Alifah Nurul Fathiyah, A'aisyah Ar Rojwah, Qoriina Qoriina, Syarifah Noviyani, Riky Supratama

Abstract


Abstract: The transformation of the Islamic Education curriculum in Indonesia has been ongoing since the country's independence and continues to evolve in line with social and political dynamics, as well as advances in science and technology. This study aims to analyze the transformation of the Islamic Education curriculum in Indonesia from the 1947 curriculum to the Merdeka curriculum, with a focus on identifying changes in educational approaches and challenges in the implementation process. This study employs a descriptive qualitative approach through literature review and analysis of official documents. The findings trace the dynamics of the paradigm shift in Islamic Religious Education, from an approach based on character and religiosity toward a contextual approach that is adaptive to digital technology and the needs of the times. The results of the study indicate that each curriculum change brings a diverse spirit of renewal. However, each phase of change faces implementation challenges, such as disparities in teacher resources, a lack of contextual pedagogical training, and infrastructure limitations, especially in remote areas. Therefore, this study recommends the need to enhance teacher competencies through continuous training, strengthen regulations for the implementation of adaptive curricula, and foster collaboration among education stakeholders to ensure the success of the Islamic Religious Education curriculum in shaping students' characters to be religious, inclusive, and responsive to the challenges of the times.

Abstrak: Transformasi Kurikulum PAI di Indonesia telah berlangsung sejak awal kemerdekaan hingga saat ini, dan terus berkembang mengikuti dinamika sosial, politik, serta kemajuan pada ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia dari kurikulum 1947 hingga kurikulum Merdeka, dengan fokus pada identifikasi perubahan pendekatan pendidikan serta tantangan dalam proses implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi pustaka dan analisis dokumen resmi. Temuan menelusuri dinamika pergeseran paradigma Pendidikan Agama Islam, dari pendekatan berbasis karakter dan religiutas menuju pendekatan kontekstual yang adaptif terhadap teknologi digital dan kebutuhan zaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di setiap perubahan kurikulum membawa semangat pembaruan yang beragam. Namun, setiap fase perubahan dihadapkan pada tantangan implementasi, seperti ketimpangan pada sumber daya guru, minimnya pelatihan pedagogik kontekstual, serta keterbatasan infrastruktur terutama di daerah tertinggal. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan perlunya peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan berkelanjutan, penguatan regulasi implementasi kurikulum yang adaptif, serta sinergi antar pemangku kepentingan pendidikan, guna memastikan keberhasilan kurikulum PAI dalam membentuk karakter peserta didik yang religius, inklusif, dan responsif dengan tantangan zaman.


Keywords


Islamic Religious Education; Curriculum; Changes; Challenges.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Ahmad Dhomiri, Junedi Junedi, & Mukh Nursikin. (2023). Konsep Dasar dan Peranan serta Fungsi Kurikulum dalam Pendidikan. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 118–128. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.972

Ahmad, M. I. (2025). Transformasi peran guru dalam implementasi dan evaluasi kurikulum PAI. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5(1), 331–339. https://doi.org/10.54297/seduj.v5i1.1117

Alhamduddin. (2016). Sejarah Kurikulum di Indonesia. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(2), 43. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1014804&val=15400&title=Dinamika Perubahan Kurikulum Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 PAUD

Aminah, I. A. N., & Sya’bani, M. A. Y. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(2), 293. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i2.2804

Ananda, A. P., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Di Indonesia Dari Masa Ke Masa. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 3(2), 102–108. https://doi.org/10.31540/sindang.v3i2.1192

Anwas, O. M. (2013). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Teknodik , 17(1), 493–504.

Arifin, M. (2010). Konsep Kurikulum 2013. XVIII(3), 1–23.

Arisanti, D. A. K. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386

Astrida. (2007). Konsep Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dan Implementasinya. Https://Sumsel.Kemenag.Go.Id/Files/Sumsel/File/Dokumen/Ktsp, 1–11.

Cahyani, R. (2024). PSPB : Kurikulum Sejarah 1984 dan Pengaruh Terhadap Pemikiran Generasi Muda Indonesia PSPB : The 1984 History Curriculum And Its Influence On The Thinking Of Indonesia ’ S Young Generation. 20(1), 60–71.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Kurikulum 2004 Kerangka Dasar. 135. https://tatagyes.wordpress.com/wp-content/uploads/2007/10/kbk_pembiasaan-kurikulum-2004.pdf

Dhaifi, A. (2018). Perkembangan Kurikulum Pai Di Indonesia. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 76–88. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.47

Djunaidi Ghony, F. A.-M. (2010). Politik Pengambilan Keputusan Tentang Kurikulum (U. Malang (ed.)). 2010. https://digilib.unuja.ac.id/index.php?p=show_detail&id=10047

Dr. Sabar Budi Raharjo, M.Pd. Meni Handayani, SS, M.Si. Dr. Parwanto, SE, MM Iwan Mustari, S. P. (2019). Evaluasi Implementasi dan Restrukturisasi Standar Nasional Pendidikan. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Fadhilah Putri, Z., & Maula, N. (2024). Studi Literatur: Transformasi Kurikulum Indonesia 1947 Sampai Kurikulum Merdeka Dilihat dari Perspektif Model Kurikulum: Literature Study on 1947 Curriculum Until Merdeka Curriculum. Jurnal Teknodik, 28(1), 77–93. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/1160

Febriyenti, D., Putri, N., Asmendri, A., & Sari, M. (2023). Perkembangan Kurikulum di Indonesia dalam Perspektif Sejarah. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 195–214. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v7i2.932

Hamdan. (2014). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Teori dan Praktek. In Aswaja Pressindo.

Hamdani, H. (2022). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penerapan Kurikulum 2013 (K-13) Di SMP Negeri 1 Kepahiang. In … Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama … (Vol. 2). http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/634%0Ahttp://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/download/634/596

Heryadi, J. (2023). AL – KAFF: Jurnal Sosial Humaniora Vol.1 No.5 Bulan November Tahun 2023 | 440. 1(5), 440–457.

Husni, N. (2023). Problematika Pendidikan Islam Di Indonesia. Al-Rabwah, 17(01), 52–60. https://doi.org/10.55799/jalr.v17i01.252

Husnul Buairi, Mila, M. (2025). Transformasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia : Studi Kebijakan ,. Pendidikan Berkarakter, 8(1), 70–77.

Ikhsan, K. N., & Hadi, S. (2018). Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013. In Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) (Vol. 6, Issue 1, p. 193). https://doi.org/10.25157/je.v6i1.1682

Indonesia, D. P. dan K. R. (1976). Kurikulum Sekolah Dasar 1975: Garis-Garis Besar Program Pengajaran. 8, 6. https://repositori.kemendikdasmen.go.id/9245/1/Kurikulum SD 1975 GBPP Buku II C Bidang Studi IPS 1976.pdf

Izmi, A. (2017). Politik Kurikulum Di Indonesia. 104.

Kebudayaan, kementerian pendidikan dan. (2012). The 2013 Curriculum Document. 18. https://desyandri.wordpress.com/wp-content/uploads/2014/01/dokumen-kurikulum-2013.pdf

LEGIMAN. (2014). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bidang Studi Pai (Implementasi Dan Problematikanya Pada Sma Dan Ma Di Kota Langsa). Jurnal An-Nur, 6(1), 105–126. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16137/

Marunduri, A. W., & Wirdati, W. (2021). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Kurikulum 2013. An-Nuha, 1(4), 500–509. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.129

Masyah, A. (2023). Hukuman Mati Dalam Tafsîr Al-Mishbâh. Thesis, 1–23.

Masykur, R. (2019). Telaah Kurikulum Pengembangan Kurikulum. In CV. Anugrah Utama Raharja.

Nur Ika Trisnawati, S., Praptiningsih, Mp., ProfDrHZulkifli, Mp., DrTuti Khairani Harahap, Mp., Anja Natalia Putri, Ms., Nuri Ramadhan, Sp., & Siti Nur Hidayati, Mp. (2020). Kurikulum Prototipe Sebagai Opsi Pendidikan Di Indonesia. Tahta Media Group, 1–44.

Nurfadillah. (2024). Pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa bidang studi pendidikan agama islam kelas vi di sd inpres 12/79 tappale kabupaten bone. Synthesisjournal.Com, 1(2), 110.

Presiden Republik Indonesia. (1947). Undang-Undang Nomor 32 TAHUN 1947 Tentang Memusatkan Segala Urusan Sekolah-Sekolah Lanjutan Negeri Pada Kementerian Pengajaran Pendidikan Dan Kebudayaan. Presiden Republik Indonesia, 1, 1–5. https://peraturan.bpk.go.id/Details/25487/uu-no-32-tahun-1947

Raharjo, R. (2020). Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 sampai dengan Merdeka Belajar 2020. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 63. https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44901

Respatiadi, F., Zid, M., & Hotimah, O. (2022). Komparasi Kurikulum 1964 Dan 1968 Serta Kajian Materi Geografi Pada Jenjang Smp. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(1), 278–290. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i1.450

Sari, D., Amin, A., & Dewi, D. E. C. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1133–1143. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1578

Sholihah, M., Saddhono, K., & Anindyarini, A. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Dalam Dan Luar Negeri (Studi Kasus Pembelajaran Teks Biografi Di Sma Negeri 1 Surakarta Dan Sekolah Indonesia Singapura). Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1), 184. https://doi.org/10.20961/basastra.v6i1.37713

Soedijarto, Thamrin, Karyadi, B., Siskandar, & Sumiyati. (2010). Sejarah Pusat Kurikulum. 153 hlm. http://staffnew.uny.ac.id/upload/198503272014042001/pendidikan/Sejarah_kurikulum.pdf

Syahfitri, F., & Firdaus, D. S. (2024). Analisis Perkembangan Kurikulum Pembelajaran PPKn SD: Implementasi Kurikulum 1984-Kurikulum Merdeka. Journal of Educational Technology, 4(1), 1–6.

Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., Sudiapermana, E., LeliAlhapip, M., Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, L. S., Ali, N. B. V., & Krisna, F. N. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Kemendikbud, 1–143. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1711503412_manage_file.pdf

Wahyuni, F. (2015). Kurikulum Dari Masa Ke Masa (Telaah Atas Pentahapan Kurikulum Pendidikan di Indonesia). Jurnal Pendidikan, 30(1–2), 249–253. https://doi.org/10.1023/A:1013199923212

Wibawanti, A. (2018). Implementasi Kurikulum Humanis Dalam Proses Pembelajaran Di Sd Kanisius Mangunan. Basic Education, 7(36), 3-528-3.537. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13993

Wurdiana Shinta, L. E. (2021). Perkembangan Kurikulum di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini. Jurnal Edudikara, 2(2), 3–5.

Zaelani, Junaidi, Muhammad, & Muhsinin. (2023). Transformasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Perkembangan Terkini dan Tantangan di Era Digital). Schemata, 12(1), 67–80. http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/schemata

Zakso, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 916. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.65142

Zubaedi, M. A. (2017). Desain Pendidikan Karakter, konsepsi dan aplikasinya. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Zulkifli Nuh, O. M. (2006). Jejak monopoli kurikulum oleh negara; sebuah analisis kurikulum PAI 2006 dengan 2013 Kelas VII. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(2), 187–206. https://doi.org/10.24014/jiik.v4i2.4782




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i3.33254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Andi Alifah Nurul Fathiyah, A’aisyah Ar Rojwah, Qoriina, Syarifah Noviyani, Riky Supratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: