Peran dan Praktik Baik Guru Sekolah Adiwiyata dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan
Abstract
Abstract: The development of globalization that was not accompanied by environmental ethics had triggered an ecological crisis, so schools needed to instill environmental care character education through the Adiwiyata program. This study aimed to describe the roles and best practices of teachers at Adiwiyata schools in fostering environmentally caring character, with an emphasis on how teachers shaped students’ character through learning processes and habituation based on ecological citizenship. The research was conducted at SMA Negeri 1 Ponggok, which had received an award as the best Adiwiyata School at the provincial level. The analysis was carried out through a qualitative descriptive approach using data collection techniques such as observation, in-depth interviews with 4 vice principals, 5 teachers, and 10 students, documentation of activities, and official school documents. The results showed that teachers designed thematic learning and ecological projects, integrating environmental values into subjects. Teachers encouraged environmentally caring character through activities such as waste management, recycling, environmental practicum, eco-enzyme production, natural pesticides, and environmental campaigns. These practices were supported by adequate facilities, student enthusiasm, external collaboration, and the school’s commitment. The challenges included the diversity of students’ backgrounds and limited time.
Abstrak: Perkembangan globalisasi yang tidak diimbangi etika lingkungan telah memicu krisis ekologi, sehingga sekolah perlu menanamkan pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program Adiwiyata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran dan praktik baik guru sekolah Adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan, dengan penekanan pada bagaimana guru membentuk karakter siswa melalui proses pembelajaran dan pembiasaan berbasis kewarganegaraan ekologis. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ponggok yang memperoleh penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata terbaik tingkat provinsi. Analisis dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam bersama 4 Wakil Kepala Sekolah, 5 guru, dan 10 siswa, dokumentasi kegiatan, serta dokumen resmi sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru merancang pembelajaran tematik dan proyek ekologis, mengintegrasikan nilai lingkungan dalam mata pelajaran. Guru mendorong karakter peduli lingkungan melalui kegiatan seperti pengelolaan sampah, barang bekas, praktikum lingkungan, eco-enzim, pestisida alami, dan kampanye lingkungan. Praktik ini didukung fasilitas memadai, antusiasme siswa, kolaborasi eksternal, dan komitmen sekolah. Tantangan meliputi keberagaman latar belakang siswa dan keterbatasan waktu.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Achmad Fanani, & Akhmad Qomaru Zaman. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sukodono. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.36456/p.v1i1.4252
Aisyah Noor, I., IPA pada sekolah MTsN, G., Tangerang Selatan Alamat Institusi, K., Tangerang Selatan, K., & Pajajaran Pamulang Barat, J. (2023). Prosiding SEMNAS BIO 2023 UIN Raden Fatah Palembang Peran Keanekaragaman Hayati Di Indonesia Dalam Mengatasi Perubahan Iklim Global.
Aninda, A., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2020). Implementasi pembelajaran berbasis proyek pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan literasi stem siswa sma. Journal of Science Education and Practice, 3(2), 1–16.
Artina, F., & Amin, M. (2024). Pendekatan Pedagogic dan Skema Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mempromosikan Kewarganegaraan Ekologi. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan Dan Inovator Pendidikan, 10(3), 372–388. https://doi.org/10.29408/jhm.v10i3.26431
Basit, A., & Sundawa, D. (2022). Analisis Penerapan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Hijau. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(2), 109–119. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i2.7569
Budiono, A. N. (2023). Analisis Persepsi Komite Pembelajaran dan Praktik Baik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 5(2), 5340–5352. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1278
Diyan Nurvika Kusuma Wardani. (2020). Analisis Implementasi Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.6
Elvania, N. C. (2022). Manajemen Dan Pengelolaan Limbah. Cv Widina Media Utama. https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/408665-manajemen-dan-pengelolaan-limbah-48c31ad4.pdf
Fathnin, H. S. (2022). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Kesadaran Siswa Terhadap Peraturan Sekolah Di Smk Satya Widya Surabaya. Journal of Education and Research, 1(1), 34–50. https://doi.org/10.56707/jedarr.v1i1.91
Firdaus, F. A. (2024). Membangun Kesadaran Lingkungan Melalui Kurikulum Pendidikan Islam Kontribusi terhadap SDGs. Jurnal TarbiyahMu, 4, 13–21.
Fitriyah, H., Lestari, N. A., & Budiarto, E. (2023). Validitas modul ajar berbasis inquiry learning terintegrasi pendidikan lingkungan terkait perubahan iklim untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 17–28.
Fullan, M., & Hargreaves, A. (2012). Reviving teaching with ‘professional capital.’ Education Week, 31(33), 30–36.
Gaol, L. L., Sinaga, B., Simanjuntak, M., & Panggabean, S. (2023). Praktik Baik Dalam Meningkatkan Pola Hidup Bersih (Poliber) Serta Motivasi Belajar Anak di Desa Durian Kec. Pantai Labu, Kab. Deli Serdang. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara, 2(1), 98–107. https://ejurnal.stipas.ac.id/index.php/jmmn
Gusmadi, S., & Samsuri, S. (2020). Gerakan Kewarganegaraan Ekologis sebagai upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 381. https://doi.org/10.17977/um019v4i2p381-391
Hadjichambis, A. C., Reis, P., Paraskeva-Hadjichambi, D., Činčera, J., Boeve-de Pauw, J., Gericke, N., & Knippels, M.-C. (2020). Conceptualizing environmental citizenship for 21st century education. Springer Nature.
Hakim, N. K., Setia, D. C. P., & Rachman, I. F. (2025). Penerapan Project-Based Learning Berbasis STEM Dalam Upaya Meningkatkan Literasi Siswa SMA. Jurnal Nyanadassana: Jurnal Penelitian Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 4(1), 48–60.
Halimah, L., & Nurul, S. F. (2020). Refleksi terhadap kewarganegaraan ekologis dan tanggung jawab warga negara melalui program ecovillage. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 142–152. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.28465
Handayani, R., Noor, I. G., & Dewi, R. S. (2024). Peran Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah dalam Membentuk Generasi Cerdas dan Bertanggung Jawab terhadap Kelestarian Alam. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(3), 372–377. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i3.560
Harahap, I. (2023). Peran guru dalam membina sikap peduli lingkungan pada SMA Negeri 1 Batang Toru Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan. UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (H. Sazali (ed.); 1st ed.). Wal Ashri Publishing.
Hidayanti, N., Abidin, Z., & Susilaningsih, S. (2018). Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup Sebagai Kurikulum Muatan Lokal Ekopedagogi Dalam Membangun Karakter Siswa Di Sdn Lowokwaru 2 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 106–112. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p106
Hungerford, H. R., & Volk, T. L. (1990). Changing learner behavior through environmental education. The Journal of Environmental Education, 21(3), 8–21.
Ilham, A. J., Kusuma, A. T., Putri, F. R., & Selsia, B. (2023). Peran Pendidikan Lingkungan dalam Meningkatkan Kesadaran dan Tindakan Berkelanjutan di Sekolah Dasar. MASALIQ, 3(5), 907–917. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i5.1500
Indahri, Y. (2020). Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Program Adiwiyata ( Studi di Kota Surabaya ) Environmental Education Development through Adiwiyata Program ( Study in Surabaya City ) Pendahuluan pelaksanaan Program Adiwiyata di Kota Sejarah Pendidikan Lin. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 11(2), 122–134. https://doi.org/10.22212/aspirasi.v11i2.1742
Irianto, D. M., Mulyati, T., Yunansah, H., & Herlambang, Y. T. (2020). EKOPEDAGOGIK: Sebuah Konsep Pendidikan Lingkungan Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Ksatria Siliwangi.
Jannah, R., Manalu, K., & Jayanti, U. N. A. D. (2024). Peningkatan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Gerakan Literasi Lingkungan: Peran Guru Pendidikan Biologi. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.57251/ped.v4i1.1390
Jayadinata, A. K., Muqodas, I., & Ardiyanti, D. (2024). Kesadaran lingkungan calon guru sebagai nilai karakter kepedulian lingkungan hidup. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 12(2), 12. https://doi.org/10.29210/1112000
Jayawardana, H. B. A. (2023). Pengantar Ilmu Lingkungan. Ilmu Lingkungan, 1.
Johnson, E. B. (2002). Contextual teaching and learning: What it is and why it’s here to stay. Corwin Press.
Kahar, A. P., & Fadhilah, R. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran biologi SMA berbasis potensi lokal, literasi lingkungan dan sikap konservasi. Pedagogi Hayati, 2(2), 21–32.
Kamil, P. A., Putri, E., & Ridha, S. (2019). Optimalisasi Environmental Literacy Pada Sekolah Adiwiyata di Kota Banda Aceh Untuk Menanamkan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, 4(2), 127–138.
Kardinus, W. N., Akbar, S., & Rusfandi. (2022). Implementasi Program Pendidikan Karakter Untuk Membangun Sikap Kepedulian Sosial. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 16(1), 32.
Khairina, E., Purnomo, E. P., & Malawnai, A. D. (2020). Sustainable Development Goals: Kebijakan Berwawasan Lingkungan Guna Menjaga Ketahanan Lingkungan Di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(2), 155. https://doi.org/10.22146/jkn.52969
Khairunnisa, K., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif untuk PPKn Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 9. https://doi.org/10.30651/else.v4i1.3970
Khanati, O., Kurniawan, A., Nurcahyono, E., Kurniawati, F., Apriyanti, R., Saputra, A., Aprilia, A., & Lestari, E. (2022). Program Bina Desa Di Pulau Panjang, Bangka Selatan: Edukasi Kelestarian Alam Dan Pemanfaatan Potensi. Akuntansi Dan Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 69–77. https://doi.org/10.38142/ahjpm.v1i2.302
Kolb, A. Y., & Kolb, D. A. (2012). Experiential learning theory. In Encyclopedia of the Sciences of Learning (pp. 1215–1219). Springer.
Labobar, J., & Kapojos, S. (2023). Literasi Ekologis Literasi Ekologis: Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup bagi Siswa SMP Negeri Se-Distrik Sentani. Civics Education and Social Science Journal (CESSJ), 5(2), 94–109.
Lasaiba, I. (2023). Menggugah Kesadaran Ekologis: Pendekatan Biologi Untuk Pendidikan Berkelanjutan. Jurnal Jendela Pengetahuan, 16(2), 143–163. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jp/article/view/10206
Mala Karmelia, Edy Herianto, Basariah, & Edy Kurniawansyah. (2025). Gaya Hidup Berkelanjutan: Strategi Efektif dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 14–29. https://doi.org/10.36456/p.v5i1.10151
Mansir, M. A. S., Nurfaidah, S., La Fua, J., & Machmud, H. (2023). Strategi Pengelolaan Lingkungan Hidup di Sekolah: Praktik Baik Sekolah Adiwiyata. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 75–83.
Mardianti, I., Kasmantoni, K., & Walid, A. (2020). Pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis etnosains materi pencemaran lingkungan untuk melatih literasi sains siswa kelas VII di SMP. Bio-Edu, 5(2), 97–106.
Maryatmo, P. S., Indriayu, M., & Tatminingsih, S. (2023). Implementasi Program Adiwiyata Nasional Berbasis Kearifan Lokal di SMP Negeri 1 Ngadirojo. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 9(1), 62–67. https://doi.org/10.30653/003.202391.3
Maryono, M., Kuntarto, E., Sastrawati, E., & Budiono, H. (2023). Pelatihan pengembangan modul ajar kurikulum merdeka berbasis lingkungan dan kebutuhan belajar siswa di SD Swasta Muhammadiyah Kuala Tungkal. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 139–144.
Maulidiawati, M., & Rosmaya, E. (2025). Analisis Program Adiwiyata Melalui Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) untuk Membentuk Karakter Peduli Lingkungan di SDN Sukasari. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 7(2), 426–440.
Melyana R Pugu, Sugeng Riyanto, R. N. H. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi (Efitra (ed.)).
Miles, M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Metode-Metode Baru. Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).
Mutia, T., Wirahayu, Y. A., Deffinika, I., Rahma, M. J., Atmaja, M. A. R., & Firmansyah, R. H. (2024). Persepsi Guru SMP Laboratorium UM Terhadap Modul Ajar Berbasis Lingkungan Dalam Mendukung Program Adiwiyata. GEOGRAPHY: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 12(2), 947–953.
Nasrullah, N. (2022). The Role of Youth in Program Achievement Sustainable Development Goals (SDGs). Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 5(2), 246–266. https://doi.org/10.36835/alirfan.v5i2.5920
Nasution, A. H. (2022). Model manajemen perilaku lingkungan hidup pada komunitas sekolah. CV. Azka Pustaka.
Nasution, H. (2019). Instrumen Penelitian dan Urgensinya dalam Penelitian Kuantitatif. 11(1), 1–14.
Ngaba, A. L., & Taunu, E. S. H. (2020). Peranan organisasi siswa intra sekolah (osis) dalam pembentukan karakter siswa sma negeri. Satya Widya, 36(2), 125–132.
Ngalimun, N. (2025). Hubungan Pelaksanaan Supervisi Dan Motivasi Kerja Guru Dengan Kemampuan Pembelajaran Guru Sma It Assalam Martapura. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 1(2), 87–93.
Nurmayasari, K. V., Utomo, A. P., & Sulistyaningsih, H. (2023). Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa SMA Negeri 1 Bangorejo. Jurnal Biologi, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.47134/biology.v1i2.1964
Paying Djera, R. M. (2021). Peranan Fasilitas Belajar Sekolah Terhadap Proses Pembelajaran Di Kelas. STKIP Weetebula.
Pranata, S., & Zibair, M. (2022). Implementasi Program Zero Waste untuk Membentuk Warga Negara Ekologis (Studi Kasus Upaya Pengelolaan Sampah di SMA Negeri 1 Mataram). Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2257
Primasti, S. G. (2021). Implementasi Program Education for Sustainable Development Di Sma Tumbuh. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 10(3), 80–100. https://doi.org/10.21831/sakp.v10i3.17465
Putra, A. A. G. A. M., Alam, H. S., Sujana, I. G. A., Romadhon, M. G., & Ryanaldo, I. K. (2025). Peran Dan Dampak Ecobrick Terhadap Kesadaran Staf Sekolah Dalam Pengelolaan Sampah Plastik Di Sma Negeri 4 Denpasar. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(12), 2327–2338.
RAHMAWATI, E. (2024). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Adiwiyata Provinsi Sebagai Sarana Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Ratna Kartika Wati, Fitriani, & Eko Priyanto. (2025). Peran Guru Pendidikan Pancasila melalui Keteladanan dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Peserta Didik Kelas 9 SMP Negeri 2 Purbalingga. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.36456/p.v5i1.10146
Rezeki, T. I., Sagala, R. W., & Muhajir, M. (2024). Edukasi pengelolaan sampah berbasis kearifan lokal untuk lingkungan berkelanjutan. Jurnal Abdimas Maduma, 3(2), 9–19.
Rini, S., Alfiandra, Mariyani, & Erlangga. (2021). Penguatan Kompetensi Kewarganegaraan Ekologis Melalui Pembelajaran Berbasis Web D’nature Pada Mata Kuliah Pendidikan Kependudukan Dan Lingkungan Hidup. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 17–22. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/9066
Rivaldi, A., Feriawan, F. U., & Nur, M. (2023). Metode Pengumpulan Data Melalui Wawancara. Sebuah Tinjauan Pustaka, 1–89.
Rizki Nur Aprilianto, A. A. (2019). Sekolah Adiwiyata Dalam Dimensi.
Rosela, G. G. (2022). Peran Guru Dalam Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Rosela.
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938
Santoso, R., , Khusnul Khotimah, Yuslistia Opeska, Agustin Wela Sasih, N. D., & Utami, S. (2024). Pendidikan Kewarganegaraan Ekologis Sebagai Upaya Pembangunan Berkelanjutan ( SDGs) di Indonesia.
Saputro, R. (2015). Implementasi program Adiwiyata dalam pengelolaan lingkungan sekolah di SMA Negeri 1 Jekulo Kudus. Edu Geography, 3(6).
Sarbaini, & Fahlevi, R. (2022). Tingkat Kompetensi Kewarganegaraan Ekologis Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(2), 206–218. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i2.7674
Sari, S. C. W., Samsuri, S., & Wahidin, D. (2020). Penguatan Kewarganegaraan Ekologis Untuk Mewujudkan Ketahanan Lingkungan (Studi di Kampung Gambiran, Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, 26(1), 40. https://doi.org/10.22146/jkn.53816
Setiawaty, B. (2023). Penerapan praktik ibadah dalam pembentukan karakter keislamian siswa Kelas Vlll MTs Nurul Hikmah Tinjowan Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun. UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Sulfiah, H., Ifnaldi, I., & Fakhruddin, F. (2021). Strategi Guru Menanamkan Nilai Karakter Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Azhar Kabupaten Musi Rawas Utara. Institut Agama Islam Negeri Curup.
Vioreza, N., Hilyati, W., & Lasminingsih, M. (2023). Education for Sustainable Development: Bagaimana Urgensi Dan Peluang Penerapannya Pada Kurikulum Merdeka? EUREKA: Journal of Educational Research and Practice, 1(1), 34–47. https://doi.org/10.56773/eureka.v1i1.
Wahyudi, F. (2021). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Sekolah Adiwiyata Di SMPN 1 Larangan Pamekasan. Institut Agama Islam Negeri Madura.
Windrianingsih, S. S. (2014). Kebijakan Sekolah dan Partisipasi Siswa dalam Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 1 Jakenan Kabupaten Pati. Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan Dan Profesi Kegeografian, 11(2), 185–195.
Wirantaka, A. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru Melalui Berbagi Praktek Baik Pembelajaran Daring Di Sdn Tersan Gede 1. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 792–795. https://doi.org/10.18196/ppm.42.746
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i3.33805
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhammad Tegar Firmansyah, Meidi Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: