Persepsi Guru terhadap Implementasi Pendidikan Karakter di SD YAPITA: Membangun Generasi Berkarakter
Abstract
Abstract: The implementation of character education is a path to building a more moral education. This research aims to describe the teacher's perception of the implementation of character education at SD YAPITA Surabaya. This research uses a descriptive qualitative design with one class IV teacher as a participant, who was selected through purposive techniques with the criteria of having at least two years of teaching experience, directly involved in learning and familiarization activities, and willing to provide in-depth information. Data was collected through semi-structured in-depth interviews and analyzed using thematic analysis to identify the meaning patterns of participants' answers. The research results found three main themes, namely: (1) teacher habituation and familiarity as the basis for character formation; (2) integration of character values in learning and school culture; and (3) implementation challenges, including the influence of the external environment, low parental involvement, and limited time and facilities. This finding shows that character education in YAPITA Elementary School is applied through school routines, integration of grades in subjects, as well as activities that support character internalization such as discipline, responsibility, empathy, and cooperation. This research makes an important contribution by emphasizing that teacher perception plays a central role in the success of character education, especially in Islamic-based elementary schools. The research implications emphasize the need for collaboration between schools, parents, and the community as well as the improvement of teacher competence to strengthen the sustainability of character education programs.
Abstrak: Penerapan Pendidikan karakter merupakan sebuah jalan untuk membangun pendidikan yang lebih bermoral. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap implementasi pendidikan karakter di SD YAPITA Surabaya. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif deskriptif dengan satu guru kelas IV sebagai partisipan, yang dipilih melalui teknik purposive dengan kriteria memiliki pengalaman mengajar minimal dua tahun, terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran dan pembiasaan, serta bersedia memberikan informasi secara mendalam. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam semi-terstruktur dan dianalisis menggunakan analisis tematik untuk mengidentifikasi pola makna dari jawaban partisipan. Hasil penelitian menemukan tiga tema utama, yaitu: (1) pembiasaan dan keteladanan guru sebagai dasar pembentukan karakter; (2) integrasi nilai karakter dalam pembelajaran dan budaya sekolah; dan (3) tantangan implementasi, meliputi pengaruh lingkungan luar, rendahnya keterlibatan orang tua, serta keterbatasan waktu dan fasilitas. Temuan ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter di SD YAPITA diterapkan melalui rutinitas sekolah, integrasi nilai dalam mata pelajaran, serta kegiatan yang mendukung internalisasi karakter seperti kedisiplinan, tanggung jawab, empati, dan kerja sama. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dengan menegaskan bahwa persepsi guru memegang peran sentral dalam keberhasilan pendidikan karakter, khususnya di sekolah dasar berbasis Islam. Implikasi penelitian menekankan perlunya kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat serta peningkatan kompetensi guru untuk memperkuat keberlanjutan program pendidikan karakter.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Abiyuna, T. (2022). Urgensi Program Pendidikan Berkarakter Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Siswa (Studi kasus di Kabupaten Purwakarta). Jurnal Pendidikan Karakter 6(2) 101-112 .
Darma, S. H., & Wulandari, D. (2022). Implementasi Kebijakan Pendidikan Berkarakter di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi, 2(1) 45-56. https://doi.org/10.59818/jpi.v2i1.125
Filiansi, M., Lapasere, S., Rizal, R., Wahyuni, S., & Pahriadi, P. (2024). Peran Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 1781–1792. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7454
Hafidz, F., Farida, I., Lestari, P. K., & Dewi, R. S. (2023). Urgensi Penerapan Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Utama Dalam Menciptakan Sekolah Berkarakter. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 1(2) 55-63.
Huda, M. (2023). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Teori Belajar, 1(4), 22-31.
Imam, M. (2021). Pendidikan Yang Berkarakter. Jurnal Pendidikan Islam, 5(4), 233-241.
Kulsum, U., & Muhid, A. (2022a). Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Digital. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 12(2), 157–170. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2287
Kulsum, U., & Muhid, A. (2022b). Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Digital. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 12(2), 157–170. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2287
Lalo, K. (2018). Menciptakan Generasi Milenial Berkarakter dengan Pendidikan Karakter guna Menyongsong Era Globalisasi. Jurnal Ilmu Kepolisian, 12(2), 8-18. https://doi.org/10.35879/jik.v12i2.23
Lamuri, A. B., & Laki, R. (2022). Transformasi Pendidikan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter Di Era Disrupsi. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 21–30. https://doi.org/10.31970/gurutua.v5i2.122
Paul Tan Istandar. (2022). Menyelaraskan Pendidikan Akademis dan Moral Dalam Membangun Masyarakat Berkarakter Unggul. Jurnal Suara Pengabdian 45, 1(1), 71–83. https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v1i1.881
Ratna Khairunnisa, Gamar Al Haddar, & Nur Agus Salim. (2021). Penguatan Pendidikan Berkarakter Melalui Tayangan Animasi Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 023 Samarinda. Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM), 1(1), 12–19. https://doi.org/10.24903/jpkpm.v1i1.725
Safitri, A. O., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Pribadi yang Berkarakter Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5328–5335. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1632
Tyas, E. H. (2016). Pendidikan Karakter Dan Pendidik Yang Berkarakter. Jurnal Wiyata Dharma, 5(1), 45-53.
Wandari, I. O. & Rohana. (2023). Character Education for Elementary School Students: Creative, Ecological Conscious, and Communicative. Indonesian Values and Character Education Journal, 6(1), 43–51. https://doi.org/10.23887/ivcej.v6i1.57145
Wartoyo, F. (2016). Pedoman Penulisan Artikel Jurnal Edukasi Penilaian Pendidikan Berkarakter Dalam Membentuk Rasa Nasionalisme. Jurnal Edukasi Penilaian Pendidikan, 2(1), 11-20.
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i4.36278
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Firtotun Nisa’, Raden Syaifuddin, Siti Rofi’atul Choiriyah, Rizqy Febriandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed:




