UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) SISWA KELAS 4 SD N 1 WONODOYO

Ely Permono, Wasitohadi Wasitohadi, Theresia Sri Rahayu

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika dengan metode Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), mendeskripsikan penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dalam meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Wonodoyo 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tehnik pengumpulan data degan observasi, angket dan tes evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan minat belajar matematika melalui metode pembelajaran matematika realistik (PMR). Pada kondisi awal atau prasiklus prosentase siswa yang mencapai nilai KKM = 70 ada 36%, meningkat pada siklus I sebesar 48 %, dan pada siklus II menigkat menjadi 92 %.

Abstract: This study aims to increase the interest of learning mathematics with the method of Realistic Mathematical Learning (PMR), describes the application of Realistic Mathematics Learning (PMR) in improving interest in learning mathematics in fourth grade students of SD Negeri Wonodoyo 01. This type of research is a classroom action research. Data collection techniques are observations, questionnaires and evaluation tests. The results of this study showed an increase in interest in learning mathematics through realistic mathematics learning method (PMR). In the initial condition or prasiklus the percentage of students who achieved KKM score = 70 was 36%, increased in cycle I by 48%, and in second cycle up to 92%.

Keywords


Pendidikan Matematika Realistik Minat Belajar Matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PENDEKAR | FKIP UMMat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: