PENGARUH KETELADANAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER: TINJAUAN PERSPEKTIF PESERTA DIDIK

Kristoforus Bagas Romualdi, Dyah Kumalasari

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh keteladanan guru terhadap upaya implementasi penanaman pendidikan karakter ditinjau dari perspektif peserta didik. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah studi literatur dan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dan mengolah sumber bacaan seperti buku dan refrensi lain yang terkait dengan topik penelitian. Selain itu, peneliti juga melakukan wawancara dengan empat peserta didik dari gender, sekolah, dan daerah yang berbeda. Setelah melakukan penelitian, peneliti menemukan bahwa keteladanan yang diperlihatkan oleh guru memberi persepsi dan pengaruh terhadap cara berpikir dan perilaku peserta didik. Penanaman pendidikan karakter tidak cukup jika hanya sebatas retorika dari guru karena peserta didik juga mengharapkan adanya sinkronisasi antara perkataan dan tindakan guru itu sendiri untuk memberi inspirasi keteladanan. Empat narasumber juga mengaku bahwa ada cara berpikir dan perilaku dalam dirinya yang terpengaruh dari keteladanan guru.

Abstract:  This study aims to obtain information about the influence of teacher model on efforts to implement character education in the perspective of students. A literature review and descriptive research are the research methods used by the researcher. Collecting and analyzing reading sources such as books and other references relating to the research topic are used as data gathering approaches. In addition, the researcher conducted interviews with four students of various genders, schools, and geographical locations. After performing the investigation, the researcher discovered that the teacher's model had an impact on the students' way of thinking and behavior. Character education is insufficient if it is restricted to rhetoric from the teacher, because students need the teacher's words and deeds to be in sync in order to encourage exemplary behavior. Four interviewees also admitted that there are ways of thinking and behavior in them that are influenced by the teacher's model.


Keywords


Pendidikan Karakter; Guru; Teladan.

Full Text:

PDF

References


Amirulloh. (2015). Teori Pendidikan Karakter Remaja dalam Keluarga. Bandung: Alfabeta.

Asmani, J. M. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah (3 ed.). Yogyakarta: DIVA Press.

Aziz, H. A. (2012). Karakter Guru Profesional. Jakarta: Penerbit Al-Mawardi Prima.

Campbell, E. (2014). Teaching Ethivally as a Moral Condition of Professionalism. In L.Nucci, D. Narvaez, & T. Krettenauer (Eds.), Handbook of Moral and Character Education (2 ed., p. 107). New York: Routledge.

Dewantara, K. H. (1987). Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hatta, H. (2018). Empat Kompetensi untuk Membangun Profesionalisme Guru. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

KBBI Online. (n.d.). Retrieved November 29, 2021, from https://kbbi.web.id/keteladanan

Koesoema, D. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern. Jakarta: Grasindo.

Kusuma, D., Triatna, C., & Permana, J. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Machali, I., & Muhajir. (2011). Pendidikan Karakter: Pengalaman Implementasi Pendidikan. Yogyakarta: Aura Pustaka.

Mistar, J., & Sunyoto. (2020). Sketsa Pelangi Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Peraturan Presiden No 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. (n.d.). Retrieved November 27, 2021, from https://setkab.go.id/wp-content/uploads/2017/09/Perpres_Nomor_87_Tahun_2017.pdf

Sukmadinata, N. S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang – undang RI Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1. (n.d.). Retrieved November 25, 2021, from http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003-Sisdiknas.pdf

Undang – undang RI Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3. (n.d.). Retrieved November 2021, 2021, from http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003-Sisdiknas.pdf

UU No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (n.d.). Retrieved November 28, 2021, from jdih.usu.ac.id: https://jdih.usu.ac.id/phocadownload/userupload/Undang-Undang/UU%2014-2005%20Guru%20dan%20Dosen.pdf

Zed, M. (2003). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Sumber Wawancara

Hokiyanti, V. (2021, Desember 5). Menurut anda sebagai siswa, sejauh apa pentingnya guru menunjukkan keteladanan karakter/tingkah laku di ruang kelas? Dan bagaimana pengaruhnya untuk anda? (K. B. Romualdi, Interviewer) Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

Nusantara, I. L. (2021, Desember 5). Menurut anda sebagai siswa, sejauh apa pentingnya guru menunjukkan keteladanan karakter/tingkah laku di ruang kelas? Dan bagaimana pengaruhnya untuk anda? (K. B. Romualdi, Interviewer) Sleman, D.I. Yogyakarta.

Putri, A. (2021, Desember 5). Menurut anda sebagai siswa, sejauh apa pentingnya guru menunjukkan keteladanan karakter/tingkah laku di ruang kelas? Dan bagaimana pengaruhnya untuk anda? (K. B. Romualdi, Interviewer) Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia .

Rahardjo, M. W. (2021, Desember 5). Menurut anda sebagai siswa, sejauh apa pentingnya guru menunjukkan keteladanan karakter/tingkah laku di ruang kelas? Dan bagaimana pengaruhnya untuk anda? (K. B. Romualdi, Interviewer) Sleman, D.I. Yogyakarta, Indonesia.

Hokiyanti, V. (2021, Desember 5). Menurut anda sebagai siswa, apakah guru di luar kelas seperti misalnya saat di media sosial atau tempat umum juga tetap perlu menjaga keteladanannya? Bagaimana pengaruhnya untuk anda? (K. B. Romualdi, Interviewer) Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

Nusantara, I. L. (2021, Desember 5). Menurut anda sebagai siswa, apakah guru di luar kelas seperti misalnya saat di media sosial atau tempat umum juga tetap perlu menjaga keteladanannya? Bagaimana pengaruhnya untuk anda? (K. B. Romualdi, Interviewer) Sleman, D.I. Yogyakarta.

Putri, A. (2021, Desember 5). Menurut anda sebagai siswa, apakah guru di luar kelas seperti misalnya saat di media sosial atau tempat umum juga tetap perlu menjaga keteladanannya? Bagaimana pengaruhnya untuk anda? (K. B. Romualdi, Interviewer) Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

Rahardjo, M. W. (2021, Desember 5). Menurut anda sebagai siswa, apakah guru di luar kelas seperti misalnya saat di media sosial atau tempat umum juga tetap perlu menjaga keteladanannya? Bagaimana pengaruhnya untuk anda? (K. B. Romualdi, Interviewer) Sleman, D.I. Yogyakarta.

Hokiyanti, V. (2021, Desember 5). Apakah ada bagian dari perilaku atau cara berpikir Anda (yang disadari) saat ini yang terinspirasi dari guru anda? Baik karena keteladanannya di dalam kelas atau di luar kelas. (K. B. Romualdi, Interviewer) Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

Nusantara, I. L. (2021, Desember 5). Apakah ada bagian dari perilaku atau cara berpikir Anda (yang disadari) saat ini yang terinspirasi dari guru anda? Baik karena keteladanannya di dalam kelas atau di luar kelas. (K. B. Romualdi, Interviewer) Sleman, D.I. Yogyakarta, Indonesia.

Putri, A. (2021, Desember 5). Apakah ada bagian dari perilaku atau cara berpikir Anda (yang disadari) saat ini yang terinspirasi dari guru anda? Baik karena keteladanannya di dalam kelas atau di luar kelas. (K. B. Romualdi, Interviewer) Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

Rahardjo, M. W. (2021, Desember 5). Apakah ada bagian dari perilaku atau cara berpikir Anda (yang disadari) saat ini yang terinspirasi dari guru anda? Baik karena keteladanannya di dalam kelas atau di luar kelas. (K. B. Romualdi, Interviewer) Sleman, D.I. Yogyakarta, Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i2.9151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: