Dampak Tawuran antar Pelajar di SMKN 1 Budi Utomo Jakarta

Meisyifa Triandiva

Abstract


Abstrak: Karya tulis ilmiah ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi faktor yang mengakibatkan para pelajar terlibat aksi tindak kekerasan tawuran antar pelajar dan untuk mencari tau solusi yang apa yang tepat dalam mengatasi permasalahan ini. Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data studi ini berupa menggunakan metode dokumentasi. Metode dokumen yang dimaksud dalam penelitian ini adalah foto, artikel, dan internet yang disesuaikan dengan objek penelitian. Hasil dan pembahasan pada penelitian ini di kelompokan menjadi dua bagian yang menyebabkan para siswa terlibat aksi tawuran. Dua faktor tersebut merupakan faktor internal dan eksternal yang dialami oleh pelajar dan berpengaruh terhadap sifat dan karakter.

Abstract: This scientific writing is made with the aim of knowing and identifying the factors that result in students being involved in violent acts of brawls between students and to find out what solutions are appropriate in overcoming this problem. This study uses a qualitative approach. The collection of data for this study was in the form of using the documentation method. The document method referred to in this study is photos, articles, and the internet which are adapted to the research object. The results and discussion in this study were grouped into two parts which caused the students to be involved in brawls. These two factors are internal and external factors experienced by students and influence the nature and character.


Keywords


Faktor; Tawuran; Pelajar; SMK; Budi Utomo.

Full Text:

PDF

References


Novianti Lorensia, Yugih Setyanto. 2018. Pendekatan Komunikasi Antarpribadi Guru dalam Menangani Siswa Bermasalah (Studi Hubungan Guru dan Siswa di SMK Negeri 1 Jakarta). Jurnal Untar, 2(2): 500-506.

Dadan Sumara, Sahadi Sumaedi, Meilanny Budiarti Santoso. 2017. Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Jurnal Penelitian dan PPM, 4(2): 129 - 389.

Shudra Elhesmi, Neviyarni, Indra Ibrahim. 2013. Peran Guru BK dan Guru Mata Pelajaran Dalam Mencegah Tawuran Antar Pelajar. Jurnal ilmiah konseling. 2(3): 7-15.

Yulianti, Nanik. 2013. Mencegah Tindak Kekerasan dan Tawuran Antar Pelajar Melalui Pengembangan Program Pelatihan Social Perspective Taking di Sekolah. Jurnal ilmiah psikologi. 6(1): 1-35.

Ulumudin, Ikhya. 2016. Kajian Fenomena Tawuran Pelajar Pendidikan Menengah. Jurnal ilmiah demokrasi. 15(2): 40-45. DOI: https://doi.org/10.21009/jimd.v15i2.8812

La Jamaa. 2013. Kekerasan dalam Rumah Tangga: Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Karakter Anak dan Solusinya Perspektif Islam. Jurnal Tahkim. 9(1).

Elisabeth Risky Puspitasari, Meilanny Budiarti Santoso. 2019. Pemulihan Kondisi Psikis Remaja Pelaku Tawuran antar Pelajar. Jurnal Garuda. 6(1) 33-45.

Sudarilah. 2018. Peran Pendidikan dan Pengajaran Moral Bagi Peserta Didik Dalam Rangka Mengatasi Tawuran. Jurnal Ilmiah Widaya. 2(1).

Ingtyas, Fatma Tresno. 2017. Peran Orangtua Dalam Mencegah Tawuran Antar Pelajar. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera. 15(2): 1-12. DOI: https://doi.org/10.24114/jkss.v15i2.8769

Muhadjir Darwin, Henny Ekawati, Fadlan Habib. 2017. Membangun Relasi Digial Antar Orang Tua Siswa Dengan Sekolah Dalam Penanggulangan Tawuran Pelajar Di Yogyakarta. Jurnal Populasi. 25(2): 1-23.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i1.9514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Meisyifa Triandiva

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: