PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK

Eka Fitriana Hamsyah, Muhammad Sulaiman

Abstract


Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran explicit instruction berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA Guppi Samata. One group pretest-posttest adalah desain penelitian yang digunakan. Sebanyak 20 nomor instrumen tes hasil belajar kognitif. Soal terdiri dari kategori mengingat, memahami, menerapkan, dan menganalisis. Penelitian menggunakan analisis data deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis melalui uji paired sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,005. Artinya terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran explicit instruction berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar kognitif peserta didik.

Keywords


Explicit instruction; Media audio visual; hasil belajar kognitif.

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149

Atikah, R.-, Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Petik, 7(1), 7–18. https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.988

Budiyanti, R. T., Isyawati, R., Ganggi, P., & Herlambang, P. M. (2021). Penggunaan Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Daring selama Pandemi COVID-19. Ssej, 1(2), 42–48. http://dx.doi.org/10.20961/ssej.v1i2.49666

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104–113. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/1750/574

Iqbal, M. (2013). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS Di SMA An-Najah Rumpin-Bogor [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24688

Lestari, W. (2021). Problematika Penggunaan Aplikasi WhatsApp dalam Pembelajaran PAI di Masa Pandmi Covid-19 [Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta]. http://repository.iiq.ac.id/bitstream/123456789/1357/3/17311800_Publik.pdf

Okvireslian, S. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan Kepada Peserta Didik Paket B Uptd Spnf Skb Kota Cimahi. Comm-Edu (Community Education Journal), 4(3), 131. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v4i3.7220

Purwono, J. dkk. (2018). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.

Rangkuti, R. U. (2019). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mahasiswa Teknologi …. 3(1996), 888–893. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37336

Rosyida, S., Munzil , M., & Joharmawan, R. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Problem Posing Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Larutan Penyangga. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 2(1), 41–52. https://doi.org/10.17977/um026v2i12017p041

Silma, E. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa IPS Kelas XI Pada Pelajaran Ekonomi (Akuntansi) Di SMAN 1 Langgam. Pekbis Jurnal, 9(1), 68–76. https://pekbis.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPEB/article/viewFile/4055/3933

Sumarni, W., Rahayu, K. P., & Soeprodjo. (2009). Efektivitas Penerapan Metode Kasus Menggunakan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1), 345–353.

Suprijono, A. (2017). Cooperative Learnig (Teori dan Aplikasi PAIKEM) (Revisi). Pustaka Pelajar.

Suroto. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction Dengan Trainer Plc Untuk Meningkatkan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(3), 316–323.

Tiro, Muhammad arif; Ahmar, ansari saleh. (2014). Penelitian Eksperimen : Merancang, melaksanakan, dan melaporkan. adira publisher.

Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual (Regular). Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i3.9788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: