MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI SDIT QURRATA A’YUN BATUSANGKAR

Muharnis Muharnis, Jamilus Jamilus

Abstract


Abstrak: Manajemen sumber daya manusia berkaitan dengan kapasitas manusia untuk bekerja keras dalam rangka mencapai tujuan yang akan ditetapkan untuk mereka oleh bisnis tertentu, karyawan individu, atau komunitas. SDIT Qurrata A’yun merupakan sekolah vaforit yang ditandai dengan jumlah peserta didik yNg sangat banyak dibandingkan dengan jumlah peserta didik di sekolah-sekolah dasar lain yang terdapat di kabupaten Tanah Datar baik SD negeri maupun SD swasta. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat bagaimana manajemen sumber daya manusia di SDIT Qurrata A’yun Batusangkar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus, yaitu penelitian yang mendeskripsikan atau mengambarkan objek penelitian apa adanya sesuai  dengan data yang ditemukan dilapangan. Populasi di dalam penelitian ini adalah kepala sekolah yang langsung dijadikan sampel penelitian teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus. Informan di dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan pengurus yayasan. Teknik pengumpulan data dapat dilakukan dengan wawancara, kuisioner dan angket. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dimulai dari pengumpulan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen sumber daya manusia di SDIT Qurrata A’yun Batusangkar sudah sangat baik, efektif dan efisien yang dilihat dari tingginya animo masyarakat untuk mempercayakan anaknya sekolah di SDIT Qurrata A’yun Batusangakar.  

Abstract: Human resource management is concerned with the capacity of people to work hard in order to achieve the goals that will be set for them by a particular business, individual employee, or community. SDIT Qurrata A'yun is a favorite school which is characterized by a very large number of students compared to the number of students in other elementary schools in Tanah Datar district, both public and private elementary schools. The purpose of this study is to see how human resource management at SDIT Qurrata A'yun Batusangkar is. This study uses a qualitative method of case study type, namely research that describes or describes the object of research as it is in accordance with the data found in the field. The population in this study was the principal who was directly used as a sample for the research sampling technique using the census method. Informants in this study were principals, teachers and foundation administrators. Data collection techniques can be done by interviews, questionnaires and questionnaires. The data analysis technique uses qualitative data starting from collecting data, analyzing data and drawing conclusions. The results of this study indicate that human resource management at SDIT Qurrata A'yun Batusangkar is very good, effective and efficient as seen from the high public interest in entrusting their children to school at SDIT Qurrata A'yun Batusangakar.


Keywords


Manajemen; Sumber Daya Manusia; Kualtitatif.

Full Text:

PDF

References


Amstrong, M. (1999). A Handbook of Human Resource Manajemen Practice. Kogan Page Limited.

Basir Bartolus. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia (Suatu Pendekatan Makro) (IX). Aksara Bermakna.

Bimo, W. (2010). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: CV Andi Offset, 156.

M.Kadarisman. (2013). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Rajawali Pers.

Malayu S.P.Hasibuan. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Mubarok, R. (2021a). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183

Mubarok, R. (2021b). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam Ramdanil Mubarok Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/10.0118/alfahim.v3i2.183

Rahman, Y. A. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Tsaqofah; Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 1–23.

Restanti, A. S. (2015). Sumber Daya Manusia Dalam Pengembangan Perpustakaan : Studi Pemikiran Lasa Hs. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 6(1), 41–52. https://doi.org/10.20885/unilib.vol6.iss1.art6

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 201:274.

Sulistyorini. (2009). Manajemen Pendidikan Islam (1st ed.). Yogyakarta.

Susan Eri. (2019). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA Eri Susan 1. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2, 952–962.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i2.9921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: